banner 728x90
Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma panen jagung hasil budi daya pertanian Kelompok Wanita Tani (KWT) di Jalan Cempedak, Tanjungpinang Barat, Minggu (28/11/2021). F- Istimewa/Humprokompim Tanjungpinang

Pesan Rahma buat KWT, Manfaatkan Lahan Terbatas untuk Pertanian

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma memberikan apresiasi kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Sirih Merah Kelurahan Kampung Baru, saat panen jagung dan ketela di Jalan Cempedak, Minggu (28/11/2021). Rahma berpesan buat KWT, agar terus memanfaatkan lahan terbatas untuk pertanian, guna menjaga ketahanan pangan keluarga.

Rahma mengatakan, lahan yang ada di Kota Tanjungpinang ini terbatas. Sedangkan kebutuhan sayuran sangat besar. Terlebih dari proses penanaman baik yang secara langsung di lahan yang ada atau secara hidroponik. Ia juga mengapresiasi atas inisiatif dan kerja sama dari KWT Sirih Merah dan komponen masyarakat sekitar dengan kompak.

Baca Juga :  Omzet Pelaku Usaha Kecil Naik Drastis di Bazar UMKM Pekan Sehat PT Timah Tbk

“Dengan keterbatasan lahan, atas kerja sama dan kekompakan antara KWT, RT, RW dan warga setempat, mampu memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan kebun jagung dan beberapa tanaman lainnya. Sehingga, hasil panen dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Dan tidak perlu membeli jauh-jauh lagi, cukup di area rumahnya saja,” ujar Rahma.

Wali kota berharap, pengelolaan lahan kosong dengan baik dan benar dapat berperan besar dalam menjaga ketahanan pangan di Kota Tanjungpinang saat masa pandemi Covid-19. Rahma bangga dengan para petani yang tergabung dalam kelompok wanita tani. Pasalnya para petani ini merupakan gabungan kaum perempuan yang mampu menggeliatkan perekonomian keluarga dengan tambahan menjual hasil tani dan produk-produk yang berasal dari UMKM setempat.

Baca Juga :  Trofeo Dicibir Netizen, Berikut Foto Ronaldinho Bertukar Jersey dengan Airlangga Hartarto

“Semoga rezeki hari ini bisa membawa keberkahan dan manfaat untuk keluarga. Saya ingin kaum perempuan mampu berdiri tegak dan tegas dalam setiap sektor apapun. Tidak hanya berpangku tangan dan harus menjadi penopang perekonomian keluarga dengan segenap usaha yang dimiliki,” tutur Rahma.

Panen hasil pertanian KWT tersebut dihadiri Camat Tanjungpinang Barat Hj Yenni Haryantie, Lurah Kampung Baru Rohmanta, perwakilan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, RT dan RW setempat. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *