Beranda All News Pilkades di Tiga Desa Dikawal Seratusan Personel Polres Bintan

Pilkades di Tiga Desa Dikawal Seratusan Personel Polres Bintan

0
Personel Polres Bintan mengadakan apel operasi skala besar untuk pengamanan Pilkades di tiga desa se-Kabupaten Bintan, Senin (22/11/2021) malam. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Tiga desa di Kabupaten Bintan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak mulai, Selasa (23/11/2021) pagi ini. Sebelum tahapan pencoblosan, seratusan personel Polres Bintan telah mengawal secara ketat di tiga tersebut.

Tiga desa yang menggelar Pilkades tersebut antara lain Desa Dendun di Kecamatan Mantang, Desa Malang Rapat di Kecamatan Gunung Kijang, dan Pilkades PAW di Desa Sebong Lagoi Kecamatan Teluk Sebong.

Sehari menjelang tahapan pencoblosan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Polres Bintan melaksanakan patroli skala besar. Untuk menjamin Kamtibmas agar tetap kondusif. Patroli skala besar tersebut diawali dengan Apel Rayonisasi yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bintan AKP Monang P Silalahi SH di Polres Bintan, Senin (22/11/2021) sore.

Mewakili Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono SH SIK MH, Kabag Ops Polres Bintan AKP Monang P Silalahi SH menjelaskan, patroli sekala besar ini untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman di Kabupaten Bintan. Khususnya di 3 desa yang melaksanakan Pilkades. Sehingga hal ini harus diantisipasi agar pada saat pelaksanaannya nanti situasi di Bintan tetap kondusif.

Baca Juga :  Pengedar Tak Kapok, Sat Resnarkoba Polres Tanjungpinang 'Panen' Sabu Lagi

Setelah melaksanakan kegiatan apel dilanjutkan dengan kegiatan patroli skala besar di wilayah Rayon masing-masing. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kecurangan dan hal-hal yang melanggar dengan ketentuan Pilkades. Pelaksanaan Patroli Skala besar tersebut menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Dalam kegiatan patroli difokuskan pada segala jenis kegiatan kerawanan yang dapat mengakibatkan gangguan kamtibmas seperti orang-orang yang berkumpul mengkonsumsi miras, sajam dan narkoba serta hal-hal lain yang dapat terganggunya Kamtibmas.

“Seratusan personel kita kerahkan untuk mengawal Pilkades ini. Selain pengamanan Pilkades, operasi skala besar juga disejalankan dengan operasi Zebra Seligi 2021,” jelas Monang.

Baca Juga :  Kunjungi Pasar Cendrawasih di Km IX, Harga Bahan Pangan Dijamin Murah

Dalam kegiatan operasi ini, Satuan Lalu Lintas melaksanakan kegiatan-kegiatan pemeriksaan kelengkapan kendaraan, dan diberikan teguran serta imbauan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Monang juga mengingatkan agar personel Polres Bintan juga menjadi contoh kepada masyarakat, untuk melengkapi kendaraan dan tertib dalam berkendara dan.

“Jangan sampai, kita anggota Polres Bintan ada yang melanggar tertib berlalu lintas. Tetap selalu memakai masker dan mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi Protkes, karena pandemi Covid-19 ini belum hilang,” ujarnya.

Untuk pengawasan Pilkades, lanjutnya, dalam pelaksanaan giat patroli tersebut juga dilakukan pengecekan TPS Pilkades, pengecekan tempat penyimpanan kotak/surat suara. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa Pilkades tetap berjalan sesuai dengan prosedur.

“Upaya ini sekaligus melakukan pemeriksaan kesiapan anggota yang melakukan pengamanan Pilkades sampai dengan selesai,” tutup AKP Monang Silalahi.

Baca Juga :  Sejak Kepemimpinan Ayah Sani, UU Daerah Kepulauan Tak Kunjung Selesai

Pada kesempatan lain, Camat Gunung Kijang Arief Sumarsono menyatakan, kondisi di Desa Malang Rapat dalam keadaan aman dan kondusif, selama masa tenang.

“Selasa (23/11/2021) pagi, pencoblosan sudah dimulai. Kita minta semua warga menjadi persatuan dan kesatuan, meski beda pilihan. Kita ciptakan demokrasi yang baik,” kata Arief Sumarsono, Selasa (23/11/2021) pagi.

Sebelum melaksanakan pemantauan pemungutan suara di Desa Malang Rapat, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan FKPD mengadakan pertemuan dengan FKPD di aula Kantor Camat Gunung Kijang.

“Kita dari pemerintah daerah dan semua FKPD saling bersinergi untuk menciptakan kondisi yang aman, tertib dan kondusif selama Pilkades di tiga desa ini,” kata Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here