Beranda All News Ketua Dewan Pers Mengukuhkan 57 Ahli Pers se-Indonesia, 3 di Antaranya Wartawan...

Ketua Dewan Pers Mengukuhkan 57 Ahli Pers se-Indonesia, 3 di Antaranya Wartawan Utama Asal Riau

0
57 ahli pers menerima sertifikat dari Dewan Pers usai pelatihan di Serpong, Banten, Minggu (21/11/2021). F-Istimewa/Dewan Pers

Pekanbaru, suaraserumpun.com – Sebanyak 57 orang wartawan dikukuhkan sebagai ahli pers Dewan Pers oleh Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, di Swiss Bell Hotel, Serpong, Banten, Minggu (21/11/2021).

Mohammad Nuh dalam sambutannya mengingatkan betapa pentingnya memperluas dan memperdalam pengetahuan dan keahlian ahli pers agar selalu bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

“Bila tidak demikian, maka pengetahuan dan keahlian yang dimiliki ahli pers bisa saja tidak lagi bermanfaat atau expired (kedaluwarsa), karena pesatnya perkembangan di dunia pers,” ujar M Nuh mengingatkan.

Baca Juga :  Gubernur Kepri dan Menhub Bahas Bandara RHA dan Pelabuhan Malarko Karimun

Nuh menambahkan, peran ahli pers perlu diperluas, tidak hanya mendampingi wartawan dan atau media yang menghadapi proses hukum, namun harus aktif mengedukasi masyarakat, terutama kalangan pers, tentang pentingnya mematuhi Kode Etik Jurnalistik, Undang-Undang Pers dan peraturan-peraturan lainnya yang terkait dengan kegiatan jurnalistik dan pers.

“Karena itu, Dewan Pers harus rutin melaksanakan kegiatan upgrading (penyegaran) pengetahuan dan keahlian para ahli pers,” imbuhnya.

Dari ke-57 ahli pers tersebut, Mario Abdillah Khair (Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau periode 2008-2012 dan saat ini Badan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Riau serta dua wartawan lainnya yang menyandang predikat wartawan utama dari Riau. Yaitu Zulmansyah Sekedang (Ketua PWI Riau saat ini) dan Hasan Basril (Majelis Etik AMSI Riau), dikukuhkan sebagai Ahli Pers Dewan Pers.

Baca Juga :  Lamidi Mengklaim Arus Penumpang Transportasi Laut di Kepri Turun Drastis

Khusus bagi Mario Abdillah Khair, ini merupakan pengukuhan yang kedua kalinya. Sebelumnya pada 2010 di Batam, Mario juga dikukuhkan sebagai ahli pers oleh Ketua Dewan Pers yang pada waktu itu dijabat Bagir Manan.

“Saya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Dewan Pers kepada saya sebagai ahli pers untuk kali kedua. Dalam perjalanan sebagai ahli pers sejak 2010 hingga sekarang, banyak cerita menarik dan pengalaman yang saya dapatkan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai ahli. Kiranya, dunia jurnalistik Indonesia semakin maju dan profesional,” ujar Mario Abdillah Khair, saat diwawancarai di Pekanbaru, Selasa (23/11/2021). (riswahyudi)

Baca Juga :  Dewan Pers: Lima Peraih Nilai Tertinggi IKP 2021, Provinsi Kepri Terbaik di Indonesia

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here