Beranda All News Plt Bupati Bintan Mengimbau Warga Jangan Termakan Isu Hoax Soal Vaksin

Plt Bupati Bintan Mengimbau Warga Jangan Termakan Isu Hoax Soal Vaksin

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan vaksinasi di sela senam sehat bersama warga, Rabu (17/11/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com/70×110 px

Bintan, suaraserumpun.com – Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengimbau warga agar jangan termakan isu hoax (berita bohong) soal efek samping dari vaksin. Plt Bupati Bintan menyatakan, vaksinasi tersebut justru meningkatkan imun tubuh.

Imbauan agar warga mengikuti vaksinasi tersebut disampaikan Plt Bupati Bupati di sela senam sehat di Kantor Camat Toapaya, Rabu (17/11/2021) pagi. Menurutnya, hingga saat ini, tidak ada hal yang serius yang ditimbulkan efek samping dari vaksin tersebut. Vaksinasi tentunya tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Hal itu yang perlu disampaikan ke warga atas isu hoax yang acapkali beredar. Karena, Sehingga warga takut untuk divaksin maka pemerintah daerah tentunya membutuhkan bantuan dari RT/RW, LPM dan tokoh masyarakat terkait pentingnya vaksinasi.

Baca Juga :  Selain Harry Setyawan, Ini Daftar 52 Personel KRI Nanggala-402 yang Dinyatakan Tenggelam

“Karena, 98 persen yang sudah vaksin dan terkena Covid-19, namun gejala yang dialami ringan,” tutur Roby Kurniawan.

Plt Camat Toapaya, Nepy Purwanto menuturkan, senam sehat ini melibatkan RT/RW, LPM dan TP PKK Kecamatan Toapaya. Senam sehat juga disejalankan sekaligus sosialisasi dalam pentingnya vaksinasi. Kegiatan tersebut juga telah mendapat antusias oleh warga Toapaya, serta disediakan doorprize bagi peserta mulai dari dispenser, kulkas, setrika, jam dinding dan hadiah lainnya.

“Alhamdulillah, antusias masyarakat berjalan dengan baik, kita juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam mendukung suksesnya vaksinasi,” kata Nepy menambahkan.

Menyerahkan BLT

Pada hari yang sama, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan kembali menyampaikan terkait pentingnya vaksinasi sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal tersebut dikatakan Plt Bupati Bintan saat menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi lansia di Kantor Lurah Teluk Bakau, Rabu (17/11/2021) siang.

Baca Juga :  37 Ribu Hektare Bakau di Kepri dalam Kondisi Rusak, Ansar Paparkan Manfaat Mangrove

Menurut Plt Bupati Bintan, vaksinasi merupakan hal yang penting khususnya bagi para lansia. Capaian vaksinasi covid-19 terhadap warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Bintan saat ini masih di bawah 50 persen. Hal itu terlihat dari data yang dilaporkan ke Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, per tanggal 16 November 2021.

“Saat ini kita terus kebut agar cakupan vaksinasi bagi Lansia setidaknya bisa diatas 50 persen. Untuk itu kita himbau bagi Lansia yang belum vaksinasi sebaiknya segera. Karena 98 persen yang sudah vaksin dan terkena Covid 19 namun gejala yang dialami ringan,” terang Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Ade Angga Punya Pesan Khusus buat Novaliandri Fathir dan Oktavio Bintana

Berdasarkan data Satgas Covid-19 per tanggal 16 November 2021, vaksinasi lansia di Kabupaten Bintan untuk dosis satu mencapai 3.934 atau 44,68 persen. Sedangkan vaksinasi lansia dosis dua mencapai 2.817 atau 31,99 persen.

“Selain vaksinasi, kita juga mengimbau untuk tetap harus disiplin protokol kesehatan menjaga diri. Dan bersama-sama merintis agar terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity,” tutup Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here