banner 728x90
Presiden RI Jokowi bersama Perdana Menteri India Narendra Modi membahas bilateral dan penurunan angka kasus Covid-19 serta kerja sama perdagangan di sela KTT G20 di Italia, Minggu (31/10/2021). F- Istimewa/Instagram@jokowi

Rangkaian Agenda Presiden Jokowi Selama di Italia, Sempat Bahas Perdagangan dengan PM India

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengadakan lawatan kerja luar ke Roma, Italia hingga, Minggu (31/10/2021). Ini rangkaian agenda Presiden RI Jokowi selama di Italia, yang sempat membahas Covid-19 dan perdagangan dengan Perdana Menteri (PM) India.

Mengutip dari akun Instagram@jokowi, selama di Roma, Presiden mengikuti sejumlah agenda kerja, baik itu sesi KTT G20 maupun pertemuan-pertemuan bilateral dengan para pemimpin negara maupun organisasi internasional.

Di hari pertama, Presiden mengikuti sesi KTT G20 tentang ekonomi dan kesehatan global. Presiden juga menjadi salah satu pembicara kunci pada side event KTT G20 yang membahas soal UMKM dan bisnis milik perempuan.

Baca Juga :  800 Pedagang Menempati Pasar Baru di Januari 2024, Wako Tanjungpinang: Terima Kasih Bu Cen Sui Lan

Selain mengikuti acara KTT G20, Presiden juga menggelar tiga pertemuan bilateral bersama pemimpin negara yaitu Perdana Menteri Australia, Presiden Prancis, Presiden Turki, serta pertemuan dengan Bank Dunia.

Di hari kedua, Presiden Jokowi berbicara pada sesi KTT G20 yang membahas topik perubahan iklim, energi, dan lingkungan hidup, serta pada sesi yang membahas tentang pembangunan berkelanjutan. Di sela-sela KTT G20, Presiden Jokowi juga menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Baca Juga :  Ini Isi Surat Edaran Satgas Covid-19 tentang Peniadaan Mudik Lebaran 2021

“Di sela KTT G20 di Roma kemarin, saya menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi. Saya menyampaikan perasaan senang saya melihat angka kasus Covid-19 di kedua negara yang terus membaik secara signifikan. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari kerja sama kedua negara dalam penanganan Covid-19,” tulis Preside Joko Widodo di akun Instagram@jokowi, Senin (1/11/2021).

Presiden Jokowi juga membahas beberapa hal dari soal presidensi G20 Indonesia yang tidak terlepas dari peran India yang bertukar tempat (India akan menjadi Ketua G20 tahun 2023). Kerja sama kedua negara di bidang kesehatan, hingga percepatan pemulihan ekonomi dengan meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara pascapandemi.

Baca Juga :  Gerak Cepat Bupati Bintan, Jalan Lintas Barat Diperbaiki

Adapun pada KTT Rantai Pasok Global, Presiden Jokowi mengajak para pemimpin untuk mewujudkan ekosistem rantai pasok global yang tangguh. Pada penutupan KTT G20, Presiden Jokowi secara resmi menerima tongkat estafet keketuaan atau presidensi G20 dari PM Italia Mario Draghi. (mario)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *