Beranda All News Sepuluh Tokoh dan Perusahaan Dapat Penghargaan dari BP Batam

Sepuluh Tokoh dan Perusahaan Dapat Penghargaan dari BP Batam

0
Sepuluh pengusaha dan tokoh penggiat investasi menerima penghargaan dari BP Batam di Grand Ballroom Radisson Hotel, Sukajadi, kota Batam, Kamis (28/10/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Batam, suaraserumpun.com – Sepuluh tokoh, pelaku usaha dan perusahaan di Kota Batam mendapat penghargaan pada peringatan 50 tahun BP Batam, Kamis (28/10/2021). Sepuluh penerima penghargaan dari Badan Pengusahaan (BP) Batam ini dinilai telah memberikan kontribusi dalam pembangunan Batam, serta pengembangan industri di Kota Batam.

Penghargaan dengan tajuk “Anugerah Investasi Batam 2021” itu diberikan di Grand Ballroom Radisson Hotel, Sukajadi, kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sepuluh tokoh dan perusahaan yang mendapatkan penghargaan itu antara lain Abidin Hasibuan sebagai tokoh pegiat investasi kategori pengusaha paling menginsprasi. Kris Wiluan tokoh pegiat investasi sebagai pengusaha paling inovatif. PT Pegatron Technology Indonesia sebagai perusahaan dengan ekspor tertinggi. PT Panasonic Industrial Devices sebagai perusahaan menyampaikan ketaatan laporan LKPM. PT Caterpillar Indonesia Batam sebagai perusahaan dengan realisasi investasi terbesar.

Baca Juga :  Tekong Kapal Jadi Tersangka Kasus Korban Tenggelam di Ekang Mangrove Park

Kemudiaan, PT McDermott Indonesia sebagai perusahaan terlama, Lifetime Achievement. PT TDK Electronics Indonesia sebagai perusahaan manufaktur dengan tenaga kerja terbanyak. Selain itu, penerima penghargaan dari BP Batam yaitu negara Singapura sebagai negara dengan investasi terbesar. PT Schneider Electric Manufacturing Batam sebagai perusahaan 4.0 dengan realisasi investasi terbesar. Serta Batamindo Industrial Park sebagai kawasan industri impian.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan capaian 50 tahun BP Batam dalam membangun Batam tentu tidak dapat lepas dari peran pelaku usaha. Karena itu penghargaan ini tentunya diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pengusaha.

Baca Juga :  Tiba di Kepulauan Riau, Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal dan Beri Pengarahan Penanganan Pandemi

“Mereka (pengusaha) ikut berkiprah membangun Kota Batam. Seperti McDermott, perusahaan terlama sampai saat ini masih beroperasi dengan baik,” kata Muhammad Rudi.

Dijelaskan Rudi, Batam telah berkembang sebagai daerah industri, perkapalan, perdagangan dan pariwisata secara progresif selama 50 tahun terakhir.

Batam juga merupakan daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau. Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 di Batam, yaitu 5,92 persen melampaui pertumbuhan ekonomi Provinsi yang 4,84 persen dan bahkan sama dengan pertumbuhan Nasional yaitu 5,92 persen.

Baca Juga :  Maifrizon: Tim Scout Talent PSSI Menyeleksi Pemain Kepri di Stadion Sri Tri Buana

Meskipun Pertumbuhan ekonomi di Batam tahun 2020 menurun sebesar -2,55 persen, jika dibandingkan dengan penurunan ekonomi di Kepulauan Riau sebesar -3,8 persen, Batam masih lebih baik.

“Penurunan ini jelas berdampak di saat pandemi covid-19,” ujarnya.

Direktur Utama, PT Sat Nusapersada Tbk, Abidin Hasibuan, saat setelah menerima penghargaan di hadapan Kepala BP Batam memberikan apresiasi kepada BP Batam terhadap banyaknya perubahan yang telah dilakukan untuk mempercepat perizinan investasi di Batam.

Direktur utama Kabil Citra Nusa Peter Vincent juga memberikan apresiasi kepada BP Batam yang terus mendukung para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya di Kota Batam. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here