banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri memukul gong pada saat pembukaan SLMP, di Hotel Harris Batam Center, Rabu (27/10/2021). Disaksikan Guswanto sebagai Deputi Meteorologi BMKG pusat dan Addi Setiadi Kepala Stasiun Meteorologi Kelas 1 Hang Nadim Batam. F- nurul atia/suaraserumpun.com

BMKG Batam Gelar SLMP, Cen Sui Lan: Keselamatan Penerbangan Jadi Prioritas Utama

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Hang Nadim Batam menggelar Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan (SLMP) di Hotel Harris, Batam Center, Rabu (27/10/2021). SLMP ini dimulai dengan pemukulan gong oleh Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri.

Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan (SLMP) yang digelar BMKG ini diikuti stakeholder penerbangan (Airlines) se-Provinsi Kepri. Turut hadir Guswanto sebagai Deputi Meteorologi BMKG pusat, dan Addi Setiadi Kepala Stasiun Meteorologi Kelas 1 Hang Nadim Batam. Selain itu, hadir para stakeholder penerbangan dari maskapai Airline, Airnav, Basarnas, Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, dan para petugas Stasiun Meteorologi se-Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan PGI-D Karimun, Rafiq Ajak Pengurus Ikut Membangun Daerah

Program SLMP yang dilaksanakan ini merupakan permintaan Cen Sui Lan kepada Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, ketika Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, Juni 2021 lalu. Pada saat itu, Cen Sui Lan meminta agar di Batam dilaksanakan Sekolah Lapang Meterologi Penerbangan (SLMP). Dan untuk di Natuna, dilaksanakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN)

Cen Sui Lan menerima plakat BMKG dari Guswanto Deputi Meteorologi BMKG Pusat, pada saat pembukaan SLMP di Hotel Harris Batam Center, Batam, Rabu (27/10/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Pada pembukaan SLMP di Batam ini, Cen Sui Lan menegaskan, pentingnya fungsi data dan informasi yang akurat tentang fenomena cuaca di Provinsi Kepri. Baik saat lepas landas maupun mendarat, dan saat di udara setiap penerbangan. Sehingga SDM terkait, bisa menjadi faktor penentu dalam keselamatan penerbangan.

Baca Juga :  Vaksinasi Secara Nasional 5,7 Persen, di Kepri Sudah 8,3 Persen

“Karena, keselamatan penerbangan itu menjadi prioritas utama. Justru itu, perlu dilaksanakan Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan ini,” tegas Cen Sui Lan.

Pada kesempatan lain, Guswanto sebagai Deputi Meteorologi BMKG Pusat menyampaikan, digelar SLMP ini bertujuan untuk menciptakan sinergitas antara BMKG dengan para stakeholder. Serta meningkatkan pemahaman informasi cuaca untuk keselamatan penerbangan bagi insan di lingkungan bandara.

“Memahami informasi meteorologi untuk keselamatan penerbangan itu sangat penting,” kata Guswanto.

Cen Sui Lan berfoto bersama dengan pimpinan stakeholder penerbangan pada pembukaan Sekolah Lapang Meteorologi Penerbangan (SLMP) di Hotel Harris Batam Center, Batam, Rabu (27/10/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Sebelumnya, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, sudah memperjuangkan pembangunan Sekolah Lapang Iklim BMKG di Provinsi Kepri. Pembangunan Sekolah Lapang Iklim BMKG ini di Kota Batam atau di Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Daftar Tunggu Pengguna Rumah Singgah Jakarta dan Batam Membludak

Pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kepala BMKG, dan Kepala BNPP (Basarnas), Cen Sui Lan mendorong agar pembangunan sekolah Lapang Iklim BMKG di Kepri dilaksanakan pada tahun anggaran 2022 mendatang.

Pembangunan sekolah ini disejalankan dengan usulan pembangunan pos pemantauan hilal serta teropong hilal, pembanguan radar dan pembangunan SLCN di Kabupaten Natuna. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *