Beranda All News Profil Ade Noverwin Pemilik Klub Shark FC Calon Peserta Liga 3 Putaran...

Profil Ade Noverwin Pemilik Klub Shark FC Calon Peserta Liga 3 Putaran Kepri

0
Ade Noverwin owner Shark FC klub Liga 3 calon anggota Asprov PSSI Kepri. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kompetisi Liga 3 putaran Provinsi Kepri, segera digulir. Selain 17 klub sebagai anggota yang sudah terdaftar, Shark FC dikabarkan bakal mendaftar pada Kongres Biasa Asprov PSSI Kepri, Senin (25/10/2021) besok. Baca profil Ade Noverwin pemilik (owner) Shark FC, klub calon peserta Liga 3 putaran Provinsi Kepri berikut ini.

PSSI telah menetapkan, kompetisi Liga 3 putaran provinsi pada musim 2021-2022 digelar Oktober sampai dengan Desember 2021. Tim perwakilan provinsi akan langsung bertanding ke putaran nasional. Musim ini, kompetisi digulirkan tanpa putaran regional. Putaran nasional akan diikuti 64 klub, pada awal 2022.

Hanya saja, kuota dari setiap provinsi yang melaju ke putaran nasional, akan dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti kompetisi di tingkat provinsi. Belum ada penetapan dari PSSI tentang kuota setiap Asprov. Di putaran nasional, delapan tim terbaik berhak lolos ke Liga 2 pada musim depan.

Di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), ada 17 klub Liga 3 anggota Asprov PSSI Kepri. Yaitu PS Kota Tanjungpinang, PS Persedas, PS Batam, PS Karimun, PSTS Tanjungpinang, PS Bintan, PS Erdeka Muda, PS Putra Kundur, PS YSK 757, 757 Kepri Jaya FC, PS Natuna, PS Anambas, PSTK Tanjungpinang, Kepri Belia FC, Bintan Muda FC, Biram Dewa FC, dan Putra Karimun Perkasa FC.

Baca Juga :  KPU Bintan Audensi dengan Disdik Kepri buat Pemetaan Pemilih Pemula di Pemilu Serentak 2024

Untuk tahun 2021 ini, bakal ada penambahan klub sebagai calon anggota PSSI. Klub yang terdaftar sebagai calon anggota ini, sudah bisa mengikuti sebagai peserta kompetisi Liga 3 putaran provinsi. Jika mampu menembus delapan besar di putaran nasional, berhak promosi ke Liga 2 pada musim depan.

Satu bakal calon anggota PSSI Kepri yang digadangkan-gadangkan saat ini, yaitu Shark FC. Klub sepak bola Shark FC ini merupakan besutan Ade Noverwin. Selama ini, Shark FC selalu menjuarai di beberapa kompetisi antarklub di Provinsi Kepri. Khususnya di Pulau Bintan. Ade Noverwin adalah Wakil Ketua Askot PSSI Tanjungpinang.

Profil Ade Noverwin

Ade Noverwin merupakan pria kelahiran Tanjungpinang, 9 November 1979. Ia alumni SD 001 Tanjungpinang, SMPN 5 Tanjungpinang dan SMAN 1 Tanjungpinang. Di masa duduk di bangku sekolah, pria yang akrab dipanggil Ade ini, sudah hobi dengan sepak bola. Namun, impian menjadi seorang pemain profesional tak terwujud. Tapi, Ade menjadi pemain utama setelah menjalani pendidikan Diploma Tiga (D3) Akademi Pelayaran di Padang, Sumatera Barat.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Meraih Penghargaan Tingkat Nasional

Setelah lulus dari Akademi Pelayaran, Ade terpaksa meninggalkan sepak bola. Karena, ia harus bekerja sebagai nakhoda kapal kargo line Jakarta-Tanjungpinang. Bahkan, ia sempat menjadi nakhoda kapal feri rute Tanjungpinang-Malaysia-Singapura (PP). Pekerjaan ini dijalani selama tujuh tahun. Ade pantas disebut seorang pelaut.

Tahun 2007, Ade coba-coba ikut tes penerimaan CPNS di Kantor Syahbandar. Ia pun dianyatakan lulus seleksi dan mengabdi kepada negara, tepatnya di Kantor Syahbandar Kijang, Bintan. Selain menjalani tugas di laut (pelabuhan), Ade kembali ke dunia sepak bola. Ia pun mendirikan dan membentuk klub Shark FC, sekitar tahun 2012 lalu.

”Shark itu kan artinya paus. Identik juga dengan hewan yang besar dan kuat, di laut. Tujuan membentuk tim ini, ya membina dan membangkitkan sepak bola,” ujar Ade.

Di bawah asuhan ayah dua anak ini, tim Shark FC selalu menjuarai di pelbagai turnamen. Tak hanya itu, di Kantor Syahbandar Kijang, Ade juga menjadi bagian dari penggerak olahraga futsal. Dengan kepiawaian ini pula, Ade dicalonkan dan terpilih sebagai Wakil Ketua Askot PSSI Tanjungpinang, periode 2019-2023.

Baca Juga :  Nelayan Bintan yang Ditangkap Polis Diraja Malaysia Terpapar Covid-19

Tahun 2020 lalu, Ade sudah ingin mendaftarkan Shark FC sebagai calon anggota Asprov PSSI Kepri. Hanya saja, kompetisi Liga 3 tak digulirkan, karena masa pandemi Covid-19. Tahun 2021 ini, Shark FC sudah mempersiapkan diri untuk berkompetisi di liga amatir (Liga 3).

Skuat Shark FC sudah menjalani latihan rutin untuk menghadapi kompetisi Liga 3 putaran Provinsi Kepri. Manajemen Shark FC akan mendaftar pada saat Kongres Biasa Asprov PSSI Kepri, Senin (25/10/2021) ini. Skuat Shark FC akan dimotori Nanang Supriyanto yang sempat menjadi pentolan di klub 757 Kepri Jaya FC.

“Iya, kami dari Shark FC mau daftar ke Asprov PSSI Kepri, saat Kongres Biasa Senin (25/10/2021) besok. Insya Allah, kami ikut di kompetisi Liga 3 musim 2021-2022 ini. Mohon doanya,” kata Ade Noverwin kepada suaraserumpun.com, Minggu (24/10/2021). (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here