banner 728x90
Atlet cabor sepak takraw putri kontingen Sulawesi Selatan memperlihatkan medali emas, pada penutupan cabor sepak takraw di PON XX Papua, Sabtu (9/10/2021). F- Istimewa/dokumen PSTI

Sulsel Juara Umum Sepak Takraw di PON XX Papua, Cek Peringkat Kepri dan Riau

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cabang olahraga sepak takraw di PON XX Papua sudah menyelesaikan seluruh pertandingan. Kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) tampil sebagai juara umum untuk cabor sepak takraw. Cek peringkat kontingen Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Provinsi Riau berikut ini.

Bagi Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI), penyelenggaraan PON cabang olahraga sepak takraw menjadi tolak ukur pembinaan atlet yang ada di masing-masing daerah. Dengan mengikuti kompetisi yang berkualitas, diharapkan atlet-atlet ini akan semakin matang dan siap untuk mewakili Indonesia pada iven-iven internasional ke depannya.

Pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 Papua, peserta atau kontingen yang mengikuti pertandingan cabor sepak takraw, sebanyak 20 provinsi se-Indonesia. Jumlah itu untuk sepak takraw putra. Sedangkan untuk sepak takraw putri, diikuti 18 provinsi.

Baca Juga :  Seratusan Pengunjung Tempat Hiburan Malam di Karimun Kena Rapid Tes Antigen

Untuk sepak takraw putra, jumlah pemain sebanyak 78 orang atlet dan 42 ofisial pelatih. Sedangkan atlet sepak takraw putri diikuti 74 orang dan 34 orang ofisial. Sehingga total atlet cabor sepak takraw di PON XX Papua, sebanyak 152 orang atlet dan 76 ofisial.

Pada penyelenggaraan PON XX Papua, ada 8 nomor yang dipertandingkan. Yaitu nomor tim double putra dan putri. Nomor regu event putra dan putri. Nomor double event putra dan putri. Serta nomor quadrant putra dan putri.

Sebelum pertandingan cabor dimulai, masing-masing peserta diberikan waktu untuk melakukan uji coba lapangan, tanggal 24 sampai dengan 25 September 2021. Pertandingan dilaksanakan di GOR Trikora Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua. Pertandingan dilaksanakan tanggal 26 September 2021, dan berakhir Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga :  Kepri Jadi Tuan Rumah Gernas BBI, Ini Daftar Menteri yang Hadir

Dari pertandingan 8 nomor di cabor sepak takraw, kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil merebut predikat sebagai juara umum. Sulsel mengoleksi 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Provinsi Gorontalo meraih 2 emas. Sedangkan Provinsi Kepri berada di peringkat ke-12. Sementara, Provinsi Riau berada di peringkat 15.

Berikut hasil lengkap perolehan medali dan peringkat pada cabor sepak takraw PON XX Papua:

  1. 1. Sulawesi Selatan: 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu
    2. Gorontalo: 2 emas
    3. Jatim: 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu
    4. Jateng: 1 emas dan 2 perak
    5. DKI Jakarta: 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu
    6. Jabar: 1 emas dan 1 perak
    7. Papua: 1 perak dan 4 perunggu
    8. Jambi: 2 perunggu
    9. Sumbar: 1 perunggu
    10. Sulawesi Tenggara: 1 perunggu
    11. Sulawesi Tengah: 1 perunggu
    12. Kepulauan Riau: 1 perunggu
    13. Kalimantan Timur: 1 perunggu
    14. Bali: 1 perunggu
    15. Riau: 1 perunggu
Baca Juga :  IPM Kepri 2022 Terus Meningkat, Ansar Ingin¬†Kepri Dapat Predikat Sangat Tinggi

Ketua Umum PB PSTI H Asnawi Abdul Rahman berharap, dari iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua ini, akan lahir atlet-atlet dan pelatih andalan Indonesia.

“Atlet-atlet dan pelatih anda ini yang akan berjuang untuk mempertahankan tradisi emas sepak takraw Indonesia, pada ajang internasional mendatang,” kata Abdu Rahmad pada saat menyampaikan sambutan, penutupan pertandingan cabor sepak takraw. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *