Beranda All News Ansar Ahmad Ingin Mewujudkan Agrowisata di Bintan, Pemprov Bantu 2.000 Bibit Durian...

Ansar Ahmad Ingin Mewujudkan Agrowisata di Bintan, Pemprov Bantu 2.000 Bibit Durian ke Petani

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyerahkan bibit durian unggul kepada petani, Rabu (6/10/201), disaksikan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan di Toapaya. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepri H Ansar Ahmad ingin mewujudkan petani di Kabupaten Bintan menyediakan daerah agrowisata. Selain menarik kunjungan, kawasan agrowisata juga menjadi potensi ekspor.

Untuk mendorong niat tersebut, Pemprov Kepri bantuan 2.000 bibit durian kepada kelompok tani di Kabupaten Bintan. Penyerahan bantuan bibit durian itu dilakukan bertahap, sesuai dengan lokasinya.

“Kepri dari segi ekonomi, membawa kontribusi positif bagi Pendapatan Asli Daerah dan juga pendapatan degara di tengah kondisi Covid-19 ini,” ujar Ansar Ahmad Gubernur Kepri di sela penyerahan bibit durian di Kampung Cikolek, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Rabu (6/10/2021).

Ansar Ahmad mengatakan, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan, Pemprov Kepri memiliki program kegiatan berupa memperbanyak benih batang komoditas durian. Guna mendukung kegiatan pengembangan kawasan durian di Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Roby Bangga, Dua Atlet Penyandang Cacat Bintan Bertanding di Peparnas Papua

“Bintan adalah salah satu Kabupaten penyangga untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah di Provinsi Kepri. Bintan dalam satu hari bisa menghasilkan sayur dan buah itu sebanyak 80 ton,” sebut Ansar Ahmad mantan Bupati Bintan dua periode ini.

Kepulauan Riau sendiri termasuk dalam salah satu dari 17 (tujuh belas) pintu ekspor komoditas pertanian. Maka, sektor pertanian hadir ditengah-tengah kelesuan sektor industri dan pariwisata yang selama ini dinilai paling berkontribusi bagi daerah.

“Pemerintah Pusat punya program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks). Makanya saya minta Dinas Pertanian, kita mulai mengidentifikasi produk-produk Pertanian unggulan yang ada di Kepri, agar bisa kita kembangkan,” harapnya.

Dalam pengembangan kampung buah durian tidak hanya dapat memberdayakan kelompok-kelompok tani tapi sekaligus dapat dijadikan wisata agro atau agrowisata di Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Pemulangan Pekerja Migran Indonesia Diperkirakan Mencapai 49.682 Orang hingga Mei 2021

“Hari ini kita harus beroreentasi investasi masa depan, dengan pola-pola kawasan dan kalau nanti pariwisata dan ekonomi mulai pulih agro wisata akan dibutuhkan bagi wisatawan,” ujarnya.

Ke depan, lanjut Ansar Ahmad, Pemprov Kepri dan Kabupaten dan kota harus ada program sinergitas supaya kegiatan serupa bisa disinergikan.

“Saya kira keberhasilan Kepri, tergantung berhasilnya Kabupaten dan Kota. Maka, koordinasi dan komunikasi bersama supaya program-program kita berjalan lancar,” jelas Ansar Ahmad.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan sangat menyambut baik atas program sinergitas antara Pemprov Kepri dan Kabupaten Bintan ked epannya. Upaya tersebut tentu sangat diperlukan, dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di daerah.

Saat ini, sebut Roby Kurniawan, Pemprov Kepri menyerahkan komoditi bibit-bibit durian unggul dalam negeri, bagi kelompok tani di Bintan. Rencananya sebanyak 2.000 batang bibit durian unggulan yang akan diserahkan untuk luasan sekitar 20 hektare. Dan untuk tahap pertama akan disalurkan sekitar 550 batang bibit> Sisanya akan disalurkan pada akhir tahun.

Baca Juga :  Endang Budi Karya Sumadi Terpincut dengan Tudung Manto Khas Kepri

“Pemerinah Kabupaten Bintan tentu tidak akan dapat menyelesaikan berbagai persoalan daerah, tanpa uluran bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri, ” ungkapnya.

Kegiatan penyerahan bibit durian itu dihadiri Pj Sekdaprov Kepri Ir Lamidi, Sekda Bintan Adi Prihantara, Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan Rika Azmi, Staf Khusus Gubernur Sarafudin Aluan dan Suyono, Kadis Pertanian Bintan Khairul, Kadis Kominfo Bintan Aufa Samake, Camat Taopaya Nepy Purwanto dan kelompok tani penerima bantuan bibit durian. (urul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here