Beranda All News Cen Sui Lan Menuntaskan Persoalan Konektivitas Antardesa di Senayang, Warga Minta Program...

Cen Sui Lan Menuntaskan Persoalan Konektivitas Antardesa di Senayang, Warga Minta Program PISEW Lagi

0
Pengerjaan jalan aspirasi Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dail Kepri, melalui kegiatan PISEW betonisasi di Desa Mamut, Kecamatan Senayang-Lingga, saat mencapai 90 persen. F- nurul atia/dokumen suaraserumpun.com

Lingga, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri secara bertahap menuntaskan persoalan konektivitas antardesa di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga. Lewat program PISEW dari aspirasi, Cen Sui Lan membuka akses antardesa lebih lancar. Kini, warga malah minta program PISEW lagi.

Cen Sui Lan mendapatkan apresiasi yang luar bisa dari masyarakat enam desa di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga. Lewat aspirasi Cen Sui Lan, program PISEW di kecamatan ini telah menuntaskan persoalan konektivitas (transportasi) antardesa.

Enam desa yang berhasil dibuka akses transportasi dari program PISEW aspirasi dari Cen Sui Lan itu antara lain Desa Mamut, Desa Tanjung Lipat, Desa Rejai, Desa Baran, Desa Tanjung Kelit dan Desa Persiapan Sebung, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga. Saat ini, sudah dibangun jalan penghubung dari Desa Mamut ke desa lainnya. Sehingga akses orang, dan akses barang hasil pertanian masyarakat di enam desa tersebut sudah lancar.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Peduli Covid-19, Gratiskan Oksigen Medical

“Kita bersyukur juga, akses orang, barang, uang dan jasa lainnya sudah mulai meningkat,”

Pembangunan jalan atau betonisasi di Desa Mamut dari program PISEW tersebut, sudah memperlancar akses transportasi atau menjadi terkoneksi. Sehingga hasil pertanian milik masyarakat desa itu menjadi lebih bernilai. Dan mendorong perekonomian masyarakat di desa-desa wilayah Kecamatan Senayang tersebut.

Kondisi awal jalan tanah di Desa Mamut, Kecamatan Senayang. Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. F- nurul atia/dokumen suaraserumpun.com

Pembangunan jalan betonisasi itu merupakan program aspirasi Cen Sui Lan melalui kegiatan Program Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW).

“Awalnya, Bu Seniy Anggota DPRD Kabupaten Lingga dari Fraksi Golkar, yang meminta agar Desa Mamut dan desa-desa di sekitar tersebut dibangun jalan betonisasi. Untuk memperlancar arus barang, orang, uang dan jasa,” ujar Cen Sui Lan saat memberikan keterangan, Minggu (3/10/2021).

Baca Juga :  Cen Sui Lan Usulkan Pembangunan Pelabuhan Samudera Teluk Buton di Natuna

Program PISEW dalam kegiatan betonisasi jalan penghubung antardesa di Desa Mamut dan sekitarnya tersebut, merupakan aspirasi Cen Sui Lan, dengan penyediaan anggaran sebesar Rp600 juta.

Wardi sebagai Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Desa Mamut mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan, atas dipilihnya desa mereka sebagai lokasi program PISEW tersebut.

“Kami sepakat dan memohon kepada Bu Cen Sui Lan, agar tahun depan, jalan betonisasi dan infrastruktur lainnya, tolong diprogramkan lagi untuk desa-desa di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga ini,” harap Wardi.

Kegiatan betonisasi jalan di Desa Mamut, Kecamatan Senayang sudah selesai. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Wardi mengungkapkan, program PISEW ini dikerjakan oleh BKAD setempat, dan bersifat padat karya dengan melibatkan masyarakat setempat pulau. Sehingga, program PISEW dari aspirasi Cen Sui Lan ini membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

“Lihat lah Desa kami ini, sudah terkoneksi dengan baik. Dan arus produksi hasil-hasil pertanian kami, jadi lancar,” ujar Wardi.

Baca Juga :  Ketiga Kalinya Sky Perenang Kepri Gagal Meraih Medali di PON Papua

Tak cuma di Desa Mamut, program PISEW dari aspirasi Cen Sui Lan juga dialokasikan di 24 desa se-Provinsi Kepri. Program ini masuk ke dalam Balai Pelaksana Prasarana Infrasrtukrur Wilayah (BP2IW) Provinsi Kepri, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Desa lain yang mendapat kegiatan program PISEW ini antara lain Desa Telaga Tujuh, Desa Tanjung Batu Kecil dan Desa Tanjung Hutan, di Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun.

Selain itu, program PISEW juga ditujukan untuk pembangunan dermaga tambatan perahu nelayan di Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna. Serta beberapa kegiatan di desa lainnya. Masing-masing desa dialokasikan anggaran sebesar Rp600 juta. Cen Sui Lan pun berjanji akan mengusulkan program PISEW lewat aspirasinya, untuk wilayah Kepri, pada tahun anggaran 2022 mendatang. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here