Beranda All News Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Pemprov Kepri Menargetkan 5 Ribu Peserta hingga...

Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Pemprov Kepri Menargetkan 5 Ribu Peserta hingga Oktober

0
Seorang ibu hamil mengikuti vaksinasi Covid-19 pada saat Ketua PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari meninjau di RSUD RAT Provinsi Kepri bersama jajaran BKKBN Kepri, Sabtu (25/9/2021). F-Nurul Atia/suaraserumpun.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) me-launching vaksinasi ibu hamil dan ibu menyusui di RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Provinsi Kepri, di Km 8 Tanjungpinang, Sabtu (25/9/2021). Pada pekan vaksinasi Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepri ini, Pemprov Kepri dengan leader BKKBN Provinsi Kepri menargetkan 5 ribu ibu hamil dan menyusui yang disuntik vaksin hingga Oktober 2021 nanti.

BKKBN Kepulauan Riau melakukan langkah percepatan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan ibu menyusui ini, sekaligus pelayanan KB dalam rangka Hari Kontrasepsi se-Dunia. Pada saat me-launching vaksinasi ibu hamil dan menyusui sempena Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau ini, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi. Guna menyukseskan vaksinasi Covid-19 di Kepri. Khususnya bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

“Kita akan mewujudkan kekebalan bagi ibu hamil dan menyusui. Apabila cakupan vaksinasinya tinggi dan merata di seluruh wilayah Kepri. Ini lah bentuk ikhtiar kita,” kata Ansar Ahmad, Gubernur Kepri, saat me-launching pencanangan vaksinasi ibu hamil dan menyusui, serta pelayanan KB, secara siaran tapping.

Baca Juga :  Hari Jadi Ke-9 Desa Pulau Banjar Kari Dimeriahkan Pacu Jalur Mini dan Penampilan Wike Julia

Pada kesempatan ini dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama kegiatan pendidikan dan pelatihan KIE dan Konseling KB, Kespro dan Stunting antara BKKBN Kepri dengan RSUD Raja Ahmad Tabib dan Pemantapan Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting dengan Rumah Zakat Provinsi Kepri.

Pekan vaksinasi pada Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau ini dimulai tanggal 25 sampai dengan 30 September 2021.

“Sasarannya ibu hamil dengan usia kehamilan 13 minggu atau cukup bulan,” sebut Ansar Ahmad.

Dalam proses vaksinasi tahap pertama ini, akan dilakukan di Tanjungpinang sebagau ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Serta dikuti secara serentak di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Kepri. Gubernur Kepri meminta agar masyarakat tidak perlu takut atau ragu, untuk mengikuti vaksinasi ini. Karena sudah didukung dengan adanya Fatwa MUI nomor 2 Tahun 2021 terkait kehalalan vaksin serta telah diterbitnya izin penggunaan darurat atau emergency usautorizen untuk vaksin Covid-19 ini dari Badan POM.

Baca Juga :  PPKM Berbasis Mikro Diterapkan, Paripurna DPRD Bintan Digelar Secara Virtual

“Vaksin sinovac ini telah memiliki mutu yang memenuhi standar. Serta syarat pembuatan obat yang baik, efektif dan tentunya halal,” tegas Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri menyebutkan, jumlah ibu hamil di Provinsi Kepri sebanyak 52.829 orang. 75 persen dari jumlah tersebut harus dilakukan vaksinasi. Sementara untuk data terbanyak ibu hamil, di Kota Batam sejumlah 37.342 orang. Sedangkan di Tanjungpinang sebanyak 3.664 orang.

“Untuk itu, marilah kita bekerja sama dalam mendukung percepatan vaksinasi, guna tercapainya 5 ribu ibu hamil yang divaksin pada bulan Oktober nanti,” harap Gubernur Kepri.

Vaksinasi bagi ibu hamil ini diperuntukan bagi yang sudah memenuhi persyaratan untuk dapat divaksin. Karena kelompok ini salah satu kelompok rentan terdampak Covid-19.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau, Mediheryanto mendukung langkah percepatan dengan melakukan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan ibu menyusui sebanyak 5 ribu per 31 Oktober 2021. Target ini akan dicapai dengan 3 tahapan vaksinasi. Dimulai pada 9 September 2021.

Baca Juga :  Masa Pandemi, Pemprov Kepri Tetap Menggelar Kegiatan Workshop Personal Building

Di Batam, telah dilaksanakan vaksinasi terhadap 200 orang ibu hamil dan ibu menyusui. Dan tahap kedua di Tanjungpinang, Sabtu (25/9/2021) dengan target 500 orang. Dan tahap ketiga akan dilaksanakan vaksinasi terhadap 1.136 orang pendaftar di Kota Batam.

“Dalam kegiatan-kegiatan tersebut juga dilakukan pelayanan KB dalam rangka Hari Kontrasepsi se-Dunia. Selanjutnya vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan ibu menyusui juga dilaksanakan di kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kepulauan Riau secara serentak,” terang Mediheryanto.

Pada saat launching vaksinasi ibu hamil dan menyusui ini turut diikuti Ketua POGI dr Hari Kusuma Januarto melalui virtual. Vaksinasi ditinjau oleh Ketua TP PKK Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar, Asisten I Setdaprov Kepri H Juramdi Esram, Kadis Kesehatan M Bisri, Direktur RSUP Raja Ahmad Tabib Yusmaneli dan seluruh perwakilan Forkominda Provinsi. Secara virtual diikuti perwakilan tujuh kabupaten/kota se-Kepri. Serta organisasi IDI, IBI, PPNI, Asosiasi Klinik Indonesia, Persatuan Rumah Sakit Indonesia. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here