Beranda All News Hari Jadi Ke-19 Provinsi Kepri, Pertumbuhan Ekonomi Beranjak ke 6,9 Persen

Hari Jadi Ke-19 Provinsi Kepri, Pertumbuhan Ekonomi Beranjak ke 6,9 Persen

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri melakukan penghormatan pada upacara peringatan Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (24/9/2021). F-Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Peringatan Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masih dalam masa pandemi Covid-19. Pemerintah bersama masyarakat terus berusaha bangkit di masa keterpurukan ekonomi. Kini, pertumbuhan ekonomi sudah mulai beranjak ke 6,9 persen. Sebelumnya sempat minus.

Hal itu disebutkan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad dalam pidato resminya, pada upacara peringatan Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (24/9/2021).

“Tak cuma menekan angka penyebaran Covid-19 yang kita lakukan bersama. Kita juga berupaya melakukan pemulihan ekonomi masyarakat di Kepulauan Riau,” ujar Ansar Ahmad.

Untuk pemulihan ekonomi, kata Ansar Ahmad, Pemerintah Provinsi Kepri telah mengambil beberapa kebijakan. Seperti program bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Bantuan sosial bagi keluarga terkonfirmasi Covid-19. Kebijakan ini diharapkan dapat menjaga agar terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Sehingga tetap mampu untuk beraktivitas.

Pemulihan ekonomi daerah, jelas Ansar Ahmad, secara makro juga dilakukan dengan beberapa langkah. Yaitu dengan peningkatan aktivitas usaha melalui bantuan kepada UMKM, relaksasi pajak daerah, rencana penerapan travel bubble, serta beberapa objek potensial di Provinsi Kepulauan Riau untuk pemulihan bidang pariwisata, peningkatan ekspor dan peningkatan investasi melalui KEK yang ada di Kepulauan Riau. Bahkan, Pemprov Kepri menyediakan subsidi bunga pinjaman modal bagi pelaku UMKM, melalui kerja sama dengan Bank RiauKepri

Baca Juga :  Komisi III DPRD Kepri Mendukung PT Lubuk Utama Granit Segera Beroperasi, Tapi Rekrut Warga Tempatan

Tidak hanya sampai di situ, Pemerintah Provinsi Kepri juga tetap berupaya mewujudkan pembangunan proyek-proyek strategis yang ada di Kepulauan Riau. Serta berupaya melakukan penyediaan infrastruktur dasar demi pemerataan pembangunan kabupaten/kota. Seperti penyediaan listrik dan telekomunikasi hingga ke pelosok pulau.

“Saat ini, kondisi ekonomi kita telah berangsur-angsur ke arah yang lebih baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh capaian pembangunan hingga triwulan II. Pertumbuhan perekonomian Kepulauan Riau telah berada pada angka positif, sebesar 6,90 persen,” sebut Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Berterima Kasih untuk Respon Cepat Menko Airlangga

Selain itu, tambah Gubernur Kepri, capaian pembangunan lainnya seperti IPM, dan di bidang kesehatan pun sudah menunjukkan hasil yang baik. Di lain hal, Pemprov Kepri juga telah banyak meraih penghargaan setahun terakhir, Seperti menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Penghargaan top inovasi pelayanan publik Terpuji KIPP 2021 untuk aplikasi proses perizinan dengan jarimu yang diberi nama ‘Sijempol’ dengan peringkat terbaik pertama tingkat nasional.

Kemudian ada penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2021. Juara 3 tingkat nasional pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke-XXII tahun 2021. Penghargaan tingkat nasional sebagai Provinsi Pelopor Layak Anak. Dan penghargaan nasional Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama.

“Hasil capaian pembangunan dan penghargaan yang didapat tersebut merupakan hasil kerja kita bersama. Untuk itu, kami dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tak henti-henti mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk kerja bersama membangun Kepri di tengah pandemi Covid-19 ini,” harap Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Petani Bintan Dapat Bantuan Saprodi Bawang Merah dari Anggaran Pusat

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kepri. Terutama kepada para pejuang dan pendiri Provinsi Kepulauan Riau yang telah tiada. Semoga semua amal baktinya diterima oleh Allah SWT serta diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya.

“Untuk para pejuang dan pendiri Kepri yang hari ini masih diberi umur panjang, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan kekuatan serta lindungan-Nya. Agar dapat terus menyaksikan dan menikmati pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau,” ucap Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad juga menyampaikan apresiasi kepada dari jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, alim ulama, cerdik pandai, dunia usaha dan swasta, kalangan pers serta masyarakat secara umum, atas semua partisipasi, bantuan dan dukungan dalam membangun Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here