Beranda All News Boro-boro Bahas Porprov, Anggaran 2021 KONI Bintan Saja Nyangkut di Dispora

Boro-boro Bahas Porprov, Anggaran 2021 KONI Bintan Saja Nyangkut di Dispora

0
KONI Bintan dan KONI Batam mendiskusikan tuan rumah penyelenggara Porprov 2022 Kepri.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bintan menjadi pembicaraan insan olahraga, akhir-akhir ini. Bintan digadang-gadangkan sebagai calon tuan rumah penyelenggara Porprov 2022 Kepri. Begini lho kondisi KONI Bintan sekarang.

Kalau bicara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri, Kabupaten Bintan tergolong ‘aneh’ di mata insan olahraga. Porprov pertama Kepri, Kota Tanjungpinang menjadi tuan rumah penyelenggara. Kota Tanjungpinang ditunjuk sebagai tuan rumah, karena ibu kota Provinsi Kepri.

Porprov pertama ini sekitar tahun 2006 lalu, sekitar empat tahun setelah Hari Jadi Provinsi Kepri. Sekarang (2021), sudah memasuki Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepri. Tanjungpinang sukses menyelenggarkan Porprov pertama, meski masih ada kekurangannya.

Tahun 2010, Kota Batam menjadi tuan rumah penyelenggara Porprov Kepri. Penyelenggaraan sukses, kualitasnya pun oke. Batam dapat nama, dan fasilitas olahraga yang lengkap. Maklum lah, APBD Provinsi Kepri ketika itu, turut mendukung pendanaan untuk membangun fasilitas.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Bertolak Menuju Provinsi Riau dan Kepulauan Riau Dalam Rangka Kunjungan Kerja

Menjelang penutupan Porprov 2010 di Kota Batam itu, Kabupaten Bintan ditunjuk sebagai tuan rumah. Eeeee, bukan malah senang. Tapi, Pemkab Bintan menolaknya. Ini penolakan pertama.

Alhasil, Kabupaten Karimun dengan sekejap mata langsung meminta sebagai tuan rumah. Pelbagai fasilitas olahraga terbangun, di-suport dana dari APBD Kepri. Tahun 2014, penyelenggaraan Porprov di Karimun terbilang oke. Meski kalah gengsi dengan Porprov Kepri di Kota Batam.

Di Porprov Karimun ini, Kabupaten Bintan kembali diminta menjadi tuan rumah penyelenggara Porprov Kepri, pada tahun 2018. Alasannya, Bintan sebagai kabupaten induk dan memiliki banyak perhotelan serta venue atau fasilitas pertandingan.

Mau tahu, apa jawaban Pemkab Bintan ketika itu? Kabupaten Bintan menolak lagi sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov Kepri, untuk tahun 2018. Alasannya, ‘lebih senang menjadi peserta dibandingkan menjadi penyelenggara’. Ini penolakan kedua.

Baca Juga :  Surat Terbuka Suyono Saeran Buat 'Tuan Presiden'

Tahun 2018, tuan rumah penyelenggara Porprov Kepri diambil alih Kota Tanjungpinang. Meski dana APBD Provinsi Kepri saat itu sangat sangat minim untuk Porprov, tapi terlaksana juga ajang pertandingan dan lomba multi iven tersebut.

Nah, pada Porprov tahun 2018 Kepri di Kota Tanjungpinang itu, ada tiga KONI yang mengusulkan menjadi tuan rumah penyelenggara Porprov di tahun 2022. KONI Bintan kembali percaya diri (pede) mengajukan sebagai tuan rumah Porprov tahun 2022. KONI Bintan bersaing dengan Natuna dan Lingga, untuk mendapatkan persetujuan dari KONI Provinsi Kepri, sebagai tuan rumah Porprov 2022.

Sekarang, KONI Bintan di atas angin. Tak cuma KONI Kota Tanjungpinang yang mendukung Bintan sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov 2022 Kepri. Tapi, Ketua KONI Kota Batam Iskandar Alamsyah bersama pengurusnya juga menegaskan, sangat mendukung KONI Bintan sebagai tuan rumah Porprov 2022 Kepri. Bahkan, KONI Batam menyatakan bersedia sebagai tuan rumah Porprov 2022, jika Kabupaten Bintan menolak untuk ketiga kalinya.

Baca Juga :  Kepri Terima Penghargaan Provila dari Menteri I Gusti Ayu Bintang

Nah, bagaimana dengan kondisi KONI Bintan, Pemkab Bintan dan DPRD Kabupaten Bintan sendiri? Kalau dipandang dari kasat mata, sejogianya Provinsi Kepri dengan Kabupaten Bintan selaras dan serasi serta bersinergi. Tapi, jawaban pasti sampai saat ini belum ada dari kepala daerah maupun DPRD Kabupaten Bintan.

“Boro-boro bahas Porprov 2022, pada saat ini. Anggaran 2021 untuk KONI Bintan aja nyangkut di Dispora. Sampai saat ini, NPHD untuk KONI Bintan tak siap-siap,” kata Suhardi, Ketua Bidang Humas KONI Kabupaten Bintan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here