Beranda All News Tim Pengabdian Kukerta Unri Beri Pelatihan Fitur Google untuk Guru MIS Miftahul...

Tim Pengabdian Kukerta Unri Beri Pelatihan Fitur Google untuk Guru MIS Miftahul Ulum Kawal

0
Tim pengabdian Kukerta Unri memberikan pelatihan tentang penggunaan fitur google kepada guru MIS Miftahul Ulum di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, baru-baru ini.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Tim pengabdian Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) memberikan pelatihan tentang fitur google kepada guru atau tenaga pendidikan, di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, baru-baru ini. Pelatihan ini diberikan kepada guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Miftahul Ulum, Kelurahan Kawal.

Rizki Akbar Ketua Kelompok Kukerta Kawal Universitas Riau (Unri) menerangkan, kegiatan pelatihan fitur google itu merupakan bentuk pengabdian Tim Kukerta Unri Kelurahan Kawal. Kegiatannya, melaksanakan sharing dan hearing mengenai aplikasi pembelajaran jarak jauh.

“Tim Kukerta Kelurahan Kawal melaksanakan sosialisasi mengenai pembelajaran jarak jauh, yang dapat dilaksanakan dengan berbagai aplikasi yang disediakan oleh google. Sosialisasi ini dilaksanakan tanggal 22 Juli 2021 lalu, di MIS Miftahul Ulum di Kelurahan Kawal. Tapi, sampai sekarang, begitu besar manfaatnya bagi guru,” kata Rizki Akbar saat memberikan keterangan, Senin (20/9/2021).

Baca Juga :  Klasemen Liga Inggris: Alisson Becker King of The Match, Liverpool Menempel Empat Besar

Dalam kegiatan tersebut, tim Kukerta Unri di Kelurahan Kawal menerangkan serta memberikan pemahaman terkait pentingnya tata cara penggunaan aplikasi pembelajaran jarak jauh kepada peserta pelatihan. Seperti google meet, google classroom, dan juga google form.

Sebelumnya, guru di MIS Miftahul Ulum Kawal menggunakan sistem, tugas yang dikerjakan pelajar, dikumpulkan di sekolah secara langsung, setiap hari Jumat. Hal ini tentu memiliki risiko penyebaran Covid-19 yang membahayakan bagi guru, serta orang tua murid mengantar tugas itu.

Peserta pelatihan fitur google yang digelar Tim Pengabdian Kukerta Universitas Riau, di Kawal, Bintan, Kepri.

“Dengan sosialisasi atau pelatihan fitur google ini, MIS Miftahul Ulum dapat mengimplementasikannya dengan baik. Sehingga pembelajaran jarak jauh dapat berjalan optimal,” jelas Rizki Akbar.

Baca Juga :  Desa Teberau Panjang Beri Layanan Masyarakat Via Gigades.id

Tri Eka sebagai Koordinator Proker Tim Kukerta Kawal menambahkan, pada prosesnya, guru serta tenaga pendidik interaktif dengan apa yang disampaikan oleh Tim Kukerta Kelurahan Kawal Universitas Riau. Tenaga pendidik bertanya dan tertarik dengan apa yang disampaikan, serta langsung mempraktikkan penggunaan fitur google itu.

“Guru-guru seluruhnya antusias dengan apa yang disampaikan oleh Tim Kukerta Kawal. Dengan harapan bahwa ilmu ini dapat bermanfaat untuk menunjang pembelajaran jarak jauh,” ujar Tri Eka.

Pengabdian yang dilaksanakan Tim Kukerta Universitas Riau di Kelurahan Kawal, Kabupaten Bintan ini dapat memberikan manfaat positif dalam bidang pendidikan di Kelurahan Kawal. Serta membantu meminimalisir penyebaran Covid-19. Tim Kukerta Unri di Kawal ini sebanyak sepuluh orang. Selain Rizki Akbar dan Tri Eka, tim pengabdian Kukerta Unri di Kawal itu antara lain Akmal, Azwir, Michael, Annisa, Salsa, Nurul, Agnes dan Aulia. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here