Beranda All News Biodata Rafly Ramadhan Pemain Kepri yang Dipanggil PSSI buat TC Timnas U-18...

Biodata Rafly Ramadhan Pemain Kepri yang Dipanggil PSSI buat TC Timnas U-18 Indonesia

0
Rafly Ramadhan memegang kepala (kiri) saat mendengarkan arahan pelatih Kas Hartadi bersama skuat PPLP Kepri.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Rafly Ramadhan pemain sepak bola Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dipanggil PSSI, untuk menjalani pemusatan latihan atau Training Centre (TC) dengan timnas U-18. Ini biodata lengkap Rafly Ramadhan yang bakal dipersiapkan untuk masuk Timnas sepak bola putra Indonesia, menghadapi Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang.

Pertengahan April lalu, Rafly Ramadhan didikan PPLPD Kepri ini mengikuti seleksi nasional tingkat regional di Bangka Belitung. Rafly Ramadhan mengikuti seleknas ini bersama empat pemain lainnya. Selain Rafly Ramadhan, pemain Kepri yang ikut seleksi di Bangka Belitung itu yaitu Javed Qaisar, Rahmat Dzul Bajli, Andi M Nuh Legowo Sitepu, dan Resckyanda Al Fiqri.

Di Bangka Belitung, lima orang pemain U18 Kepri ini mengikuti seleksi bersama puluhan pemain Provinsi Bangka Belitung. Seleksi di bawah pemantauan pelatih nasional Markus Horison ini, untuk mempersiapkan Timnas U-19, guna menghadapi kejuaraan Piala AFF tahun 2021. Justru itu, seleknas regional di Bangka Belitung kala itu (April) ditujukan untuk U-19 dan U-16.

Kemudian, Asprov PSSI Kepri juga meminta PSSI menggelar seleknas tingkat regional tersendiri di Provinsi Kepri, akhir Juni lalu. Karena, masih banyak pemain Kepri yang bertalenta, yang tidak bisa ikut seleksi di Bangka Belitung. Permintaan itu dikabulkan PSSI.

Baca Juga :  Larangan Mudik Lebaran di Wilayah Provinsi Ada Pengecualian, Baca SE Gubernur Kepri Terkini

Seleknas U-19 dan U-16 regional Kepri pun digelar di stadion Sri Tri Buana, Dompak, Tanjungpinang, akhir Juni 2021 lalu. Saat seleknas di Kepri ini, Rafly Ramadhan tidak mengikutinya. Karena sudah mengikuti seleknas di Bangka Belitung.

Rafly Ramadhan paling kanan pemain Kepri bersama Markus Horison saat mengikuti seleksi Timnas U-19 di Bangka Belitung.

Berselang waktu dua bulan, Rafly Ramadhan pun dipanggil PSSI, untuk mengikuti pemusatan latihan dengan Timnas U-18. Pemanggilan Rafly Ramadhan pemain Kepri ini berdasarkan surat resmi PSSI nomor 4918/PGD/499/IX-2021, tertanggal 1 September 2021. Surat yang ditandatangani Sekjen PSSI Yunus Nusi ini tentang pemanggilan pemain Timnas sepak bola U18 putra Indonesia.

Dalam surat tersebut PSSI menyampaikan, Timnas sepak bola putra Indonesia akan mengikuti Piala Dunia U-20 tahun 2023 di Indonesia. Sebagai persiapan turnamen tersebut, PSSI akan melaksanakan pemusatan latihan (TC) Timnas sepak bola U18 putra Indonesia, 5 sampai dengan 11 September 2021 di Jakarta.

“PSSI memanggil Rafly Ramadhan (pemain Kepri) untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta. Rafly diminta telah bergabung dengan Timnas U18 di Jakarta, 5 September 2021, pukul 17.00 WIB,” demikian isi surat resmi PSSI yang ditujukan kepada Asprov PSSI Kepri tersebut.

Biodata Rafly Ramadhan

Baca Juga :  Raffi Ahmad di Liga 2, Gading Marten Berduet Mantan Pelatih 757 Kepri Jaya Membesut Persikota

Nah, siapa sebenarnya Rafly Ramadhan pemain sepak bola Kepri yang dipanggil PSSI untuk mengikuti TC bersama Timnas U-18 Indonesia, untuk persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang? Berikut biodata Rafly Ramadhan.

Rafly Ramadhan pemain sepak bola dari Kepri yang dipanggil PSSI untuk mengikuti pemusatan Timnas U18 Indonesia, di Jakarta.

Rafly Ramadhan lahir di Kota Batam, Provinsi Kepri pada tanggal 5 November tahun 2003. Sejak usia 7 tahun (2010), Rafly Ramadhan sudah menjalani pembinaan sepak bola usia dini di SSB Kemuning Lion, Kota Batam. Anak dari pasangan Dedi Mardisal dan Nanang Sumarni ini benar-benar berbakat.

Penampilan apiknya sudah terlihat sejak bergabung di SSB Kemuning Lion tersebut. Saat itu, Rafly Ramadhan menjalani pendidikan di SDIT Athoriq Seibeduk, Batam. Kemudian, dia melanjutkan ke SMPN 16 Batam. Selama itu pula, Rafly Ramadhan mengikuti pelbagai kejuaraan kelompok umur.

Hingga menginjak remaja saat ini, Rafly Ramadhan sudah mengikuti pertandingan Piala Menpora tingkat nasional U14 di Magelang. Mengikuti Piala Menpora tingkat nasional U16 di Bali. Mengikuti Kejurnas PPLP di Bogor U18. Mengikuti Piala Soeratin hingga ke putaran nasional U18 di Malang. Serta pernah mengikuti turnamen KLFC Kuala Lumpur, Malaysia tahun 2017.

Pria berpostur tinggi badan 180 sentimeter dan berat 70 kilogram ini, pernah menjadi pemain terbaik Liga Sanford pada tahun 2017. Rafly Ramadhan hingga saat ini menjadi center back PPLPD Kepri yang tangguh. Hal ini dibuktikan saat menjalani seleksi nasional (seleknas) tingkat regional di Bangka Belitung, April 2021 lalu. Kepiawaian Rafly Ramadhan di lini belakang ini lah, yang membikin PSSI untuk memanggilnya untuk menjalani pemusatan latihan dengan Timnas U-18, di Jakarta.

Maifrizon Wakil Ketua Asprov PSSI Kepri bersama dua pelatih nasional saat memantau seleknas di stadion Sri Tri Buana Dompak Tanjungpinang.

Wakil Ketua Asprov PSSI Kepri Maifrizon mengatakan, surat PSSI pusat untuk pemanggilan Rafly Ramadan tersebut sudah diterima Asprov PSSI Kepri. Sebelumnya, Rafly bersama empat orang pemain Kepri lainnya mengikuti seleksi regional di Bangka Belitung, pertengahan April lalu.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Rp61 Miliar untuk Remedial Lima Waduk di Batam

“Nah, Rabu (1/9/2021), seorang pemain kita (Kepri) dipanggil PSSI untuk mengikuti TC bersama timnas U18 di Jakarta. Selain untuk persiapan Timnas U-19 untuk menghadapi Piala AFF 2021, juga dipersiapkan sebagai Timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang. Indonesia sebagai tuan rumah,” jelas Maifrizon saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com.

“Semoga Rafly Ramadhan menampilkan yang terbaik pada saat pemusatan latihan di Jakarta, selama sepekan nanti (5-11 September). Kita doakan Rafly Ramadhan masuk skuat Timnas Indonesia,” kata Maifrizon menambahkan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here