banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menerima informasi tentang pelayanan proses izin dengan aplikasi Si Jempol.

Si Jempol Mengantarkan Pemprov Kepri ke Lima Terbaik Nasional

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Sistem pelayanan perizinan dan investasi melalui aplikasi Izin Dengan Jarimu atau Si Jempol mengantarkan Pemprov Kepri ke lima besar terbaik nasional. Akhir Juli lalu Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menerima penghargaan ‘Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2021.

Penghargaan tersebut diraih Pemprov Kepri karena memiliki aplikasi Izin Dengan Jarimu atau Si Jempol. Proses Izin Dengan Jarimu atau Si Jempol ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu. Aplikasi ini dinilai baik, familiar, dan memudahkan dalam pelayanan dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Dengan aplikasi ini, Pemprov Kepri layak meraih penghargaan Top 5 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Penataan Kawasan Paya Togok Islamic Center Kundur Rp25 Miliar di Tahun Anggaran 2024

Lembaga Pemerintahan yang masuk dalam Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 adalah, Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan aplikasi inovasi Si Chupang. Yaitu Aplikasi Layanan Cukup Mudah dan Gampang). Kemudian disusul diurutan kedua oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan aplikasi inovasi ‘Waspada COVID-19 Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (WASCOVE)’.

Sedangkan Pemprov Kepri berada di urutan ketiga dengan aplikasi inovasi proses Izin dengan Jarimu atau Si Jempol. Kemudian diurutan empat, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan aplikasi inovasi SIRENE MUBA. Yaitu Sistem Informasi Emergensi Terpadu. Dan kelima Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan aplikasi inovasinya SERBU GASS (Seratus Bank Sampah Unit dan Gerakan Sedekah Sampah).

Baca Juga :  Puncak Liburan Natal 2023, Kapolres Bintan Cek Pos Pelayanan Pantai Trikora

Pengumuman ini disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021. Terpilih sebanyak 55 inovasi terbaik yang terdiri atas 45 Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2021.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menerangkan, ciri daerah yang maju adalah daerah yang memiliki daya saing tinggi. Adapun untuk mewujudkan daerah yang berdaya saing perlu adanya sumber daya manusia (SDM) yang andal, kreatif dan inovatif.

Baca Juga :  Terbanyak di Indonesia, 5.640 Media Massa di Riau Memiliki Peran Strategis Menangkal Hoaks Selama Pemilu

Menurut Ansar Ahmad, penghargaan yang baru saja diterima oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di kategori pelayanan publik ini merupakan satu penghargaan yang sangat bergengsi. Patut disyukuri dan jadi motivasi bagi seluruh OPD yang ada. Agar terus bergerak memutar otak dalam berkreativitas dan berinovasi.

“Sekarang, memang sudah zamannya transformasi industri 4.0, dan semua pekerjaan sudah berbasis aplikasi dan teknologi. Kita semua harus mempersiapkan diri untuk reformasi industri ini. Kalau tidak, kita akan tertinggal,” tambah Ansar Ahmad. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *