Beranda All News Profil Wike Julia, Anak Guru dan Pedagang Kedai Kopi yang Menembus Semifinal...

Profil Wike Julia, Anak Guru dan Pedagang Kedai Kopi yang Menembus Semifinal Rising Star Indonesia Dangdut

0
Wike Julia kontestan semifinal Rising Star Indonesia Dangdut 2021.

RIAU (suaraserumpun) – Wike Julia tak menyangka, khayalannya di dalam kamar tidur sambil karaoke, bisa terwujud. Anak dari seorang guru dan pedagang kedai kopi dari desa ini bisa menembus babak semifinal Rising Star Indonesia Dangdut 2021. Berikut profil lengkap Wike Julia.

Kompetisi Rising Star Indonesia Dangdut 2021 menyisakan enam orang peserta. Di babak semifinal ini, seorang di antaranya adalah Wike Julia. Anak Kuantan Singingi dari Provinsi Riau ini, kembali tampil di Rising Star Indonesia Dangdut, Senin (23/8/2021) malam WIB.

Wike julia merupakan anak dari pasangan Arpizon dan Puspayani yang tinggal di desa Pulau Banjar, Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau. Wike Julia kelahiran 7 Juli 2002 ini, merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Wike dibesar di lingkungan keluarga sederhana. Ayahnya (Arpizon) sehari-hari bekerja sebagai guru ASN di SMP Negeri Desa Teluk Beringin, Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi. Sedangkan ibunya (Puspayani) seorang pedagang kedai kopi. Sehari-hari, ibu dari Wike Julia ini menjual minuman dan kue di kedai kopi tanpa nama, di kediamannya, Desa Pulau Banjar.

Mulai Mengenal Musik

Tahun 2009, Wike Julia mulai mengecap pendidikan di bangku Sekolah Dasar Negeri (SDN) 13 Pintu Gobang, Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing. Saat duduk di SD, Wike Julia mulai mengenal musik dan seni tarik suara. Saat itu, Wike gemar mendengarkan lagu religi. Meski hobi menyanyi, Wike belum kenal panggung musik. Apalagi mengikuti audisi. Wike bernyanyi, hanya untuk tampil di depan kelas. Itu pun ketika ada pelajaran kesenian.

Wike Julia saat wisuda muda kelulusan SD, bersama ibunya Puspayani si pedagang kedai kopi.

Wike Julia menyelesaikan pendidikan SD, dan melanjutkan ke SMP Negeri 3 Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kuansing pada tahun 2015. Wike yang mulai beranjak remaja, senang dengan musik dangdut. Wike menggandrungi musik dangdut ini, karena kagum dengan penampilan Lesti Kejora di stasiun televisi swasta nasional.

Baca Juga :  Kuansing Bacarito Menyingkap Sejarah Perlawanan Masyarakat Lubuk Jambi Terhadap Agresi Militer Belanda

Fans Lesti Kejora

Wike pun menjadi salah seorang fans Lesti Kejora. Hampir semua lagu yang dibawakan Lesti Kejora di audisi dangdut tersebut, dihafal dan dinyanyikan Wike lewat karaoke dalam kamarnya. Terutama ketika mengisi waktu luang di rumah.

“Pada masa-masa itu, Wike sering karaoke di dalam kamar, sambil mengkhayalkan (dalam angan-angan) bisa nyanyi di atas panggung yang megah,” kata Wike Julia saat berbincang dengan suaraserumpun.com, melalui chat via WhatsApp (WA).

Wike Julia semasa pendidikan di SMKN 2 Kuantan Tengah, Kuansing, Riau.

Waktu terus berjalan. Wike baru berani mengikut lomba tarik suara, setelah menjalani jenjang pendidikan di SMK Negeri 2 Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah. Karena, Wike yang memiliki bakat alam bernyanyi dangdut ini, banyak mendapatkan dukungan dari lingkungan keluarga, terutama ayah dan ibunya serta dari sekolah.

“Seperti Bunda Elsa, Pak Chamik, Pak Juma dan guru seni SMK Negeri 2 Teluk Kuantan, mereka semua mendukung Wike,” ujar Wike Julia, si jelita yang doyan makan bakso, mie ayam, dan roti bakar ini.

Prestasi

Memiliki suara merdu dengan bakat alam ini, Wike Julia pun mulai diasah dan latihan olah vokal oleh guru seni SMKN 2 Teluk Kuantan. Mulai saat itu, setiap iven atau festival, Wike Julia selalu meraih prestasi terbaik. Sebut saja, Wike menjadi peserta terbaik pertama dalam lomba vokal dangdut kategori remaja, pada tahun 2018, di Kota Teluk Kuantan.

Wike Julia.

Wike Julia pun meraih juara pertama pada lomba kreasi seni, tahun 2018 tingkat Kabupaten Kuansing. Bahkan, Wike Julia berhasil menjadi finalis Bintang TV Geos to Jakarta wilayah Teluk Kuantan, Provinsi Riau, di The Zona Caffe tahun 2020.

Baca Juga :  Kemenhub Bakal Membangun 10 Bandara Perairan Waterbase, Satu Lokasi di Natuna

Di luar prestasi olah vokal, Wike Julia aktif di komunitas Laskar Peduli Kuansing (LPK). Bersama komunitas ini, Wike menggelar sejumlah kegiatan sosial. Satu di antaranya manggung di Taman Kota Teluk Kuantan, untuk mengumpukan dana bagi masyarakat yang membutuhkan.

Mengikuti Audisi

Pada masa itu, Wike pernah mengikuti audisi Liga Dangdut Indonesia. Ingin meniti karir seperti Lesti Kejora. Tapi, kesempatan itu belum diraihnya.

Ketika Wike Julia memasuki bangku perkulihan di Universitas Islam Riau (UIR), khayalan bisa nyanyi di panggung yang megah, belum sirna. Wike pun mencoba untuk mengikuti audisi di Liga Dangdut Indonesia. Lagi lagi, belum diberi kesempatan.

Wike Julia sebelum tampil di panggung Rising Star Indonesia Dangdut.

Tahun 2021, Wike benar-benar ingin mewujudkan khayalannya untuk tampil di panggung yang megah itu. Kegagalan sebelumnya, menjadi catatan dan evaluasi bagi Wike, untuk tampil lebih baik. Awal tahun 2021 lalu, Wike Julia mendaftarkan diri melalui online di Rising Star Indonesia Dangdut. Tahap demi tahap dijalaninya.

Rising Star Indonesia Dangdut

Anak guru dan pedagang kedai kopi ini berusaha tampil maksimal di audisi tersebut. Rising Star Indonesia Dangdut ibarat jodoh bagi Wike, untuk tampil di panggung yang megah. Sampai akhirnya Wike masuk sebagai peserta Rising Star Indonesia Dangdut, dan tampil di MNCTV, Jakarta.

Baca Juga :  Pemprov dan DPRD Kepri Sepakat Belanja sampai Akhir 2021 Dikurangi Rp68,2 Miliar

“Semua itu Wike jalani, untuk menyalurkan bakat. Lagian, Wike punya khayalan itu ingin jadi penyanyi dangdut yang terkenal. Dan bisa nyanyi di panggung yang megah,” ungkap Wike Julia.

Wike Julia menikmati lingkungan lokasi penginapan sebelum tampil di babak semifinal Rising Star Indonesia Dangdut.

Selama ini, lagu yang paling Wike sukai adalah ‘Kejora’ yang dinyanyikan oleh penyanyi dangdut Lesti Kejora. Bagi Wike, lagu Kejora ini lagu yang pertama kali dihafalnya secara menyeluruh. Selain itu, Lesti Kejora yang merupakan pembawa lagu Kejora itu, adalah idola bagi Wike Julia.

“Selain lagu dangdut, Wike juga suka lagu pop, India dan Melayu,” ucap Wike.

Dukung Wike di Semifinal

Kini, Wike Julia sudah memasuki babak semifinal Rising Star Indonesi Dangdut. Enam peserta semifinalis akan tampil di MNCTV, Senin (23/8/2021) malam. Satu di antaranya Wike Julia, si anak guru dan pedagang kedai kopi dari Kuantan Singingi, Riau.

Wike Julia anak guru dan pedagang kedai kopi, bersama orangtuanya, Arpizon dan Puspayani.

Wike Julia pun berharap kepada masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau maupun di perantauan se-Indonesia. Agar memberikan dukungan dengan cara vote WIKE di aplikasi RCTI, dengan cara men-download aplikasi RCTI, dan login di menu account (registrasi). Setelah itu check-in sebelum Wike tampil dan vote warna biru.

“Terima kasih atas kebaikan dan dukungan buat Wike. Love you wivers di mana pun berada,” tutup Wike Julia. (RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here