Beranda All News Gubernur Kepri: Penugasan Plt Bupati Bintan Tak Ada Unsur Politik

Gubernur Kepri: Penugasan Plt Bupati Bintan Tak Ada Unsur Politik

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menggelar jumpa pers, usai penyerahan surat penunjukan Plt Bupati Bintan. Hadir Pj Sekdaprov Kepri Ir Lamidi dan Sekdakab Bintan Adi Prihantara, Senin (23/8/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan telah menerima surat penugasan Pelaksana Tugas sebagai Bupati Bintan, dari Mendagri melalui Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, Senin (23/8/2021) pagi. Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menegaskan, penugasan Plt Bupati Bintan ini tidak ada unsur politik.

Pernyataan itu disampaikan Ansar Ahmad saat menjawab suaraserumpun.com, sebelum menggelar jumpa pers di Kantor Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Dompak, Tanjungpinang, Senin (23/8/2021) pagi.

“Penunjukan Roby sebagai Plt Bupati Bintan itu berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 131.21/5322/OTDA tertanggal 18 Agustus 2021. Kemudian dilanjutkan dengan surat Gubernur Kepulauan Riau nomor 130/1599/B.PEMTAS-SET/2021. Hari ini, surat penunjukan Plt Bintan Bintan kita serahkan ke yang bersangkutan (Roby Kurniawan),” kata Ansar Ahmad.

Penyerahan surat Gubernur Kepri kepada Roby Kurniawan tersebut disaksikan oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Ir Lamidi, Asisten I Juramadi Esram, Asisten II Syamsul Bahrum, Asisten III Hasbi, Sekda Bintan Adi Prihantara, Staf Khusus Gubernur Sarafudin Aluan, dan sejumlah Kabiro Setdaprov Kepri.

Baca Juga :  Jerome Chew Menyanjung Kinerja Muhammad Rudi

Pada saat jumpa pers, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menerangkan, Surat Mendagri tentang penugasan Wakil Bupati Bintan selaku Plt Bupati Bintan ini, diawali dengan surat pemberitahuan dari Pemkab Bintan kepada Pemprov Kepri. Pemberitahuan itu mengenai proses hukum yang dihadapi Bupati Bintan Apri Sujadi, Kamis (12/8/2021) lalu.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan surat penugasan kepada Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan selaku Plt Bupati Bintan, Senin (23/8/2021).

Selanjutnya, Pemprov Kepri meneruskan surat Pemkab Bintan itu ke Kemendagri. Dari Mendagri ternyata sudah menyiapkan hal ini juga. Dan tertanggal 18 Agustus 2021, Mendagri menerbitkan surat penugasan Plt Bupati Bintan nomor nomor 131.21/5322/OTDA itu dan ditindaklanjuti dengan surat Gubernur Kepri nomor 130/1599/B.PEMTAS-SET/2021.

Baca Juga :  Wan Siswandi dan Rodhial Huda Dilantik sebagai Kepala Daerah Natuna, Ansar Ahmad Singgung Geopark Nasional

“Jadi, tak ada unsur politik. Plt ini untuk keberlangsungan pemerintahan daerah,” jelas Ansar Ahmad di ruang rapat Lantai IV Kantor Gubernur Kepri.

Dalam jumpa pers itu hadir Pj Sekdaprov Kepri Ir Lamidi, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Sekda Bintan Adi Prihantara.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menerangkan, penugasan Wakil Bupati Bintan selaku Plt Bupati Bintan ini bertujuan untuk menjamin keberlangsungan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan daerah dan pelayanan kepada masyarakat. Sesuai dengan tugas dan kewenangan Bupati Bintan.

Tugas yang mesti dijalankan Plt Bupati Bintan itu, sebut H Ansar Ahmad, seperti menjalankan pembangunan daerah, keuangan daerah. Terutama dalam penanganan Covid-19 dan konsolidasi ke setiap OPD. Serta penguatan kinerja Pemerintah Kabupaten Bintan, untuk menjamin berjalannya roda pemerintahan secara kondusif.

Baca Juga :  Imlek 2021, Polres Bintan Awasi Protokol Kesehatan di Vihara dan Klenteng

“Kalau masalah refocusing APBD, mungkin Bintan dan daerah kabupaten/kota lainnya sudah selesai. Kalau untuk mutasi jabatan, perlu koordinasi dengan Pemprov Kepri dan konsolidasi ke Kemendagri. Bisa saja ada jabatan yang kosong dan ASN yang pensiun,” tambah Ansar Ahmad.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, dirinya akan menjalankan tugas ini, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menurutnya, Pemkab masih terus melakukan upaya-upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bintan. Terutama sekali terkait pemulihan pariwisata Bintan yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Karena, sektor pariwisata penyumbang PAD terbesar di Bintan.

“Untuk penanganan Covid-19, kita terus lakukan. Untuk kegiatan pembangunan lainnya, kita akan konsolidasi dengan OPD,” ujar Roby Kurniawan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here