Beranda All News Tim Sepak Bola Putra Brasil Pertahankan Titel Jawara Olimpiade di Tokyo

Tim Sepak Bola Putra Brasil Pertahankan Titel Jawara Olimpiade di Tokyo

0
Manajer, pelatih dan skuat timnas sepak bola putra Brasil memperlihatkan medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020. Brasil menang 2-1 atas Spanyol pada pertandingan final, Sabtu (7/8/2021) malam WIB.

TOKYO (suaraserumpun) – Timnas sepak bola putra Brasil berhasil mempertahankaan titel jawara Olimpiade di Tokyo. Timnas Brasil kembali meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, setelah mengalahkan tim Spanyol melalui drama ekstra time (perpanjangan waktu), Sabtu (7/8/2021) malam WIB.

Brasil versus Spanyol menjadi pertandingan puncak cabor sepak bola putra di Olimpiade Tokyo 2020. Brasil versus Spanyol berlangsung di Stadion Internasional Yokohama. Pada pertandingan ini, kedua tim saling menyerang sejak peluit ditiup wasit. Peluang mencetak gol terjadi di menit ke-15. Saat itu, Spanyol hampir unggul ketika Diego Carlos nyaris menceploskan bola ke gawang sendiri. Beruntung, bek Brasil menghalau bola di keluar dari depan gawang.

Pada menit ke-38, wasit memberikan hadiah penalti kepada Brasil. Dari Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan, telah terjadi pelanggaran Unai Simon di kotak terlarang. Sayangnya, Richarlison yang menjadi eksekutor dari timnas Brasil gagal menyarangkan bola ke gawang Spanyol. Tendangan Richarlison melambung di atas mistar. Peluang Brasil unggul lebih dahulu dari titik penalti pun gagal.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Peduli Covid-19, Gratiskan Oksigen Medical

Namun, memasuki masa injury time di babak pertama, Brasil akhirnya membikin gol pembuka. Saat itu, Matheus Cunha mencetak gol lewat bola tendangan voli dari dalam kotak penalti. Matheus mencetak gol setelah memaksimalkan umpan lambung Dani Alves sang kapten timnas Brasil. Dani Alves dan kawan-kawan unggul 1-0 sampai babak pertama usai.

Richarlison pemain striker menangis, saat timnas Brasil berhasil mempertahankan titel jawara pada Olimpiade Tokyo 2020.

Memasuki babak kedua, timnas Brasil dan Spanyol kembali saling membangun serangan, untuk mencetak gol. Dari sudut kanan, Richarlison melepaskan tendangan lambung ke arah gawang Spanyol. Nyaris gol! Tapi, bola hasil tendangan Richarlison membentur mistar.

Tatkala Brasil gagal menambah keunggulan, justru Spanyol berhasil mencetak gol penyeimbang di menit ke-61. Saat itu, Carlos Soler mengirim bola crossing ke kotak penalti Brasil. Mikel Oyarzabal langsung menyambar bol dan menggetarkan jaring gawang Brasil yang dikawal kiper Aderbar Santos tersebut.

Baca Juga :  Bintan Jadi Pilot Project Fasilitas Sanitasi dan Air Bersih

Spanyol pun berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-1. Sampai pertandingan waktu normal usai plus injury time, skor imbang 1-1 ini tak berubah. Pertandingan pun dilanjutkan pada fase ekstra time.

Titel Jawara Olimpiade

Untuk mempertahankan titel jawara di Olimpiade, timnas Brasil langsung berinisiatif membangun serangan dan menekan pertahanan Spanyol. Sebaliknya, timnas Spanyol pun tak mau kalah. Selain memperkuat lini pertahanan, Spanyol mengandalkan serangan balik. Di fase ekstra time babak pertama ini, tak ada gol yang tercipta.

Selebrasi skuat Brasil saat mengalahkan Spanyol di pertandingan final Olimpiade Tokyo 2020.

Tim Samba sang jawara bertahan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini kembali menggempur Spanyol, pada babak kedua fase ektra time. Alhasul, Brasil mencetak gol di menit ke-109. Papan skor berubah menjadi 2-1 keunggulan Brasil.

Baca Juga :  Apri Sujadi Minta Satgas PPKM Mikro Lebih Berperikemanusiaan

Gol kedua Brasil itu terjadi ketika Malcom menerima bola umpan lambung dari Antony di sisi kiri. Sebelum membawa bola ke dalam kotak penalti, dia langsung menendang bola dan masuk ke gawang Spanyol. Sampai babak kedua fase ekstra time ini tuntas, tak ada lagi gol tambahan.

Timnas Brasil sukses mempertahankan titel jawara Olimpiade dan berhak menerima medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, Brasil juga meraih medali emas pada saat menjadi tuan rumah Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Sepanjang sejarah, tim sepak bola putra Brasil sudah dua kali menyandang titel jawara dan meraih medali emas, di pesta olahraga dunia Olimpiade. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here