Beranda All News BP Batam Bangga, SUPER AIR JET Buka Rute ke Kepri

BP Batam Bangga, SUPER AIR JET Buka Rute ke Kepri

0
Pesawat SUPER AIR JET saat landing di bandar udara Hang Nadim, Batam, pada penerbangan perdana rute Kepri, Jumat (6/8/2021).

BATAM (suaraserumpun) – Badan Pengusahaan (BP) Batam merasa bangga dengan hadirnya maskapai SUPER AIR JET yang membuka rute penerbangan ke bandar udara Hang Nadim, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Karena, jumlah penerbangan di bandara internasional Kota Batam ini turun, sejak masa pandemi Covid-19.

Rasa bangga BP Batam tersebut disampaikan Benny Syahroni selaku General Manager Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, saat menerima kedatangan maskapai penerbangan perdana SUPER AIR JET, Jumat (6/8/2021) lalu. Menurutnya, BP Batam dan BUBU Hang Nadim Batam menyambut baik dengan penerbangan perdana SUPER AIR JET ini. BP Batam juga bangga, dengan hadirnya SUPER AIR JET yang membuka rute penerbangan ke bandara Hang Nadim Batam, Kepri.

“Kehadiran SUPER AIR JET yang membuka rute penerbangan ke Hang Nadim Bata, tentu memberikan suasana baru bagi masyarakat Kota Batam, dan Kepri pada umumnya,” kata Benny Syahroni.

Baca Juga :  Hasil Sepak Bola Olimpiade 2020 Tokyo: Brasil dan Jepang Menang, Argentina dan Perancis Terseok

Saat ini, sebut Benny Syahroni, jumlah maskapai, penerbangan dan penumpang di Hang Nadim Batam, mengalami penurunan, sejak pandemi Covid-19 dan diberlakukan PPKM. Sampai akhir Juni 2021 lalu, hanya 5.594 pesawat yang datang, dan 5.592 pesawat yang berangkat dari bandara Hang Nadim. Ditambah dengan 352 penerbangan lokal, antardaerah di dalam Provinsi Kepri.

Sehingga, jumlah keseluruhan pesawat yang beraktivitas di Hang Nadim Batam selama semester I tahun 2021, sebanyak 11.538 pesawat. Jumlah ini turun sebesar minus 9,82 persen, jika dibandingkan pada 2020, pada periode yang sama (semester I). Jumlah keseluruhan aktivitas penerbangan pesawat pada semester I tahun 2020, sebanyak 12.794 pesawat.

Sedangkan jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 555.166 orang, dan penumpang yang datang tercatat sebanyak 557.167 penumpang. Serta sebanyak 90.199 penumpang yang transit di Bandara Hang Nadim. Akumulasi penumpang di bandara Hang Nadim Batam selama periode Januari-Juni 2021, sebanyak 1,2 juta penumpang, atau mengalami penurunan minus 9,96 persen dibandingkan tahun 2020, dalam periode yang sama.

Baca Juga :  Dirjen Hubla: Singapura dengan Batam, Ibarat Langit dan Bumi

“Kami berharap, pandemi Covid-19 dan PPKM cepat berlalu, dan penerbangan kembali lancar. Dengan hadirnya SUPER JET AIR yang membuka rute ke Hang Nadim Batam, Kepri akan menambah jumlah penumpang dan aktivitas penumpang,” harap Benny Syahroni.

Penerbangan Perdana SUPER AIR JET

Maskapai penerbangan SUPER AIR JET resmi membuka rute penerbangan ke bandar udara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepri, Jumat (6/8/2021). Penerbangan perdana ini dilayani pesawat jenis Airbus 320-200. Saat landing perdana di bandara Hang Nadim, dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap bodi pesawat. Pada awak pesawat SUPER AIR JET dan jajaran manajemen disambut oleh Benny Syahroni dan jajaran BP Batam, di ruang tunggu A6 bandara Hang Nadim.

Benny Syahroni GM BUBU Hang Nadim Batam bersama pilot Capt Ariaga dan kru SUPER AIR JET.

Captain Ariaga Cakrawala sebagai pilot SUPER AIR JET mengatakan, jadwal penerbangan perdana dari bandara Soekarno-Hatta Jakarta menuju Batam, pukul 12.50 WIB. Sedangkan jadwal dari Batam menuju Cengkareng (Jakarta) pukul 15.30 WIB.

Baca Juga :  Keberadaan KRI Nanggala-402 Sulit Dijangkau, Ini Foto Kolonel Harry Setyawan Semasa di Natuna

“Kami bangga bisa memperkenalkan rute favorit di rute SUPER Populer, karya anak bangsa ini. Penerbangan perdana ini dilakukan dalam rangka semarak 76 tahun Kemerdekaan RI dan 54 tahun ASEAN,” sebut Captain Ariaga.

Selain rute penerbangan Jakarta ke Batam (Kepri) dan sebaliknya, maskapai penerbangan SUPER AIR JET juga membuka rute Jakarta-Sumut (PP), terhitung Jumat (6/8/2021). Rute penerbangan ke Sumut itu, melalui bandar udara internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumut.

Penerbangan dari Jakarta menuju Deli Serdang (Sumut) berangkat pukul 06.30 WIB, dan tiba pukul 08.50 WIB. Sedangkan dari Deli Serdang (Sumut), berangkat pukul 09.30 WIB dan tiba pukul 11.50 WIB. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here