banner 728x90
Jajaran Polda Kepri mengikuti Rakor secara virtual bersama KONI Kepri membahas pengamanan atlet pada PON 2021 Papua.

Atlet Kepri Bakal Dikawal Anggota Polda Selama Bertanding di PON Papua

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Atlet dari kontingen Provinsi Kepri bakal dikawal anggota Polda, selama bertanding di ajang PON XX tahun 2021 Papua, nanti. Pengamanan juga ditujukan kepada pelatih, ofisial dan unsur kontingen lainnya.

Upaya pengamanan atlet dan kontigen PON ini dibahas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bersama Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kepri, dan Polda Kepri dalam rapat koordinasi (Rakor) secara virtual, di Aula KONI Kepri Sukajadi, Batam, Kamis (29/7/2021).

Hadir dalam rakor tersebut, Karo Ops Polda Kepri Kombes Pol Sarif Rahman, Kepala Dispora Kepri Yuzet, Ketua KONI Kepri Usep Rahmat S. Turut hadir Abdul Razak Sekretaris Umum KONI Kepri, Amri, Wakil Sekretaris Umum, Syawaluddin Ketua Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga, dan Iman Suryanto Wakil Ketua Bidang Media dan Humas.

Baca Juga :  Pemerintah Sedang Menyiapkan Program Penangkapan Ikan Terukur dengan Sistem Zonasi

Ketua KONI Kepri Usep Rahmat S menjelaskan, demi menjaga keamanan atlet dan kontingen Kepri yang akan bertanding pada PON XX Papua nanti, maka perlu adanya persiapan bersama aparat keamanan, yaitu Polda Kepri. Dalam situasi Cavid-19 serta kondisi Papua serta lokasi pertandingan yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota, sehingga perlu adanya keamanan.

“Demi keamanan seluruh atlet dan ofisial kontingen Kepri di PON Papua nanti, kami melakukan koordinasi dengan Polda Kepri dan Dispora Kepri,” jelasnya.

Kepri akan mengikuti 16 cabang olahraga (cabor) di PON XX Papua. Jumlah atlet, pelatih, ofisial dan pengurus kontingen lainnya sebanyak 90 orang dari Provinsi Kepri. Dari 16 cabor itu, atlet bakal bertanding di 4 klaster (lokasi). Yaitu, 5 cabor bertading di Jayapura. Terdiri dari karate, layar, sepak takraw, tinju dan taekwondo. 5 cabor lainnya bertanding di Kabupaten Jayapura. Yaitu muangthai, menembak, pencak silat, renang dan selam.

Baca Juga :  Foto Ingar-bingar Gathering Pengurus KONI Bintan Menyambut Puasa Ramadan 1444 Hijriah

Kemudian, 4 cabor berada di Mimika. Yakni atletik, biliar, futsal dan tarung drajat. Serta 2 cabor bertanding di Merauke. Yakni cabor catur dan wushu.

Ketua dan pengurus KONI Kepri mengadakan Rakor tentang pengamanan atlet selama bertanding di PON XX Papua.

Berdasarkan surat Kapolri nomor B/5098/VII/OPS.1.3./2021/Sops yang ditandatangani Inspektur Jenderal Polisi Drs Imam Sugianto MSi atas nama Kapolri, dan surat Ketua Umum KONI Pusat nomor 647/UMM/VII/2021 diperlukan 20 petugas pengamanan.

“Namun melihat kekuatan anggaran yang ada, maka kami mengusulkan 10 petugas pengamanan yang mengawal di 4 lokasi pertandingan tersebut,” sebut Usep Rahmat.

Karo Ops Polda Kepri Kombes Pol Sarif Rahman menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan memberikan pengamanan kepada kontingen Kepri pada ajang PON XX Papua nanti.

Baca Juga :  Terbaru, Kini Ada Aplikasi Si Ikan Bintan, Cek Fungsinya

“Sesuai dengan arahan dari pimpinan, kami siap mendukung kontingen Kepri untuk memberikan pengamanan di PON XX Papua nanti,” tegasnya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Kepri Yuzet menyatakan, segera melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Gubernur Kepri, terkait penambahan anggaran dalam mendukung keberangkatan kontingen Kepri di PON Papua ini.

“Kami akan kembali melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Pak Gubernur, khususnya dalam hal penambahan anggaran,” kata Yuzet. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *