banner 728x90
Selebrasi Richarlison striker Brasil usai mencetak gol ke gawang Jerman.

Hasil Sepak Bola Olimpiade 2020 Tokyo: Brasil dan Jepang Menang, Argentina dan Perancis Terseok

Komentar
X
Bagikan

TOKYO (suaraserumpun) – Timnas Brasil dan tuan rumah Jepang menang, pada laga perdana kualifikasi Olimpiade 2020-2021 Tokyo, Kamis (22/7/2021) malam lalu. Sedangkan Argentina dan Perancis terseok di pertandingan awal ini.

Brasil mengawali misi mempertahankan medali emas di cabor sepak bola Olimpiade 2020 menghadapi Jerman. Pada laga di Yokohama International stadium, Kamis (22/7/2021) malam WIB, Brasil yang mengandalkan Richarlison di lini serang bermain agresif sejak menit awal. Hasilnya pada menit kelima, Richarlison sudah membuka keunggulan Brasil. Diawali sepakannya yang ditepis kiper Jerman, Florian Mueller, bola muntah kembali disambar Richarlison ke pojok atas gawang.

Unggul 1-0, Brasil justru lebih mudah menembus pertahanan Jerman yang begitu terbuka. Lewat serangan balik, Brasil menambah gol pada menit ke ke-22 ketka Richarlison menanduk bola crossing Guilherme Arana.

Setelah itu, Richarlison sebenarnya punya kans untuk bikin hat-trick namun sepakan jarak dekatnya bisa dibendung Mueller. Namun, Mueller tak berkutik pada menit ke-30.

Kali ini Matheus Cunha menerobos dari sisi kanan pertahanan Jerman lagi untuk kemudian memberikan bola kepada Richarlison. Penyerang Everton itu dengan dingin melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh.

Jerman makin terpuruk saja setelah tertinggal tiga gol dan nyaris kebobolan pada menit ke-45 setelah handball Benjamin Henrichs. Sayang, eksekusi Matheus Cunha mampu dibendung Mueller.

Pada babak kedua, Jerman bangkit dan mampu memangkas skor jadi 1-3 pada menit ke-57 lewat Nadiem Amiri. Amiri menyambar bola liar di depan pertahanan Brasil dan sempat memantul sebelum menaklukkan Santos di bawah mistar.

Baca Juga :  Jumat Curhat, Warga Gunung Kijang Menanyakan Cara Menjadi Anggota Polisi

Jerman makin bersemangat mencari gol lagi dan membuat Brasil balik tertekan di babak kedua. Tapi, Jerman malah kehilangan kapten Maximilian Arnold yang mendapat kartu kuning kedua di menit ke-63.

Gol kedua Jerman didapat pada menit ke-84 sekaligus bikim laga makin seru di lima menit akhir. Diawali korner, bola mudah saja ditanduk Ragnar Ache ke pojok gawang.

Asa Jerman untuk menyamakan skor pupus ketika Brasil mencetak gol keempat sekaligus menuntaskan lagi jadi 4-2 pada menit ke-95. Paulinho mendapat bola dari serangan balik. Dia mudah saja masuk ke kotak penalti sebelum menembak ke pojok kiri atas gawang.

Dani Alves kapten Timnas Brasil menguasai bola, saat mengalahkan Jerman.

Brasil pun memuncaki Grup D cabor sepakbola Olimpiade Tokyo 2020 dengan tiga poin, unggul selisih gol atas Pantai Gading di posisi kedua yang menang 2-1 atas Arab Saudi. Brasil akan bertemu Pantai Gading pada 25 Juli. Jerman di hari yang sama bertemu Arab Saudi.

Jepang Menang

Tuan rumah Jepang meraih poin penuh dalam pertandingan pertamanya di Olimpiade Tokyo 2020. Berhadapan dengan Afrika Selatan, Jepang menang tipis 1-0. Jepang melawan Afsel dalam pertandingan Grup A Olimpiade Tokyo 2020. Bermain di Stadion Tokyo, Kamis (22/7/2021), kemenangan Jepang ditentukan oleh gol semata wayang Takefusa Kubo.

Pada awalnya, Afsel mampu mengimbangi Jepang sampai 70 menit pertandingan. Kemudian Kubo muncul sebagi pahlawan.

Selebrasi pemain tuan rumah Timnas Jepang ketika menang atas Afrika Selatan.

Dari serangan di sayap kiri, bola lambung diterima Kubo di sisi kanan. Pemain yang merumput di klub Spanyol, Getafe, itu menggocek bola sebelum melepaskan sepakan kaki kiri terukur yang mengenai tiang sebelum bersarang di gawang Afsel.

Baca Juga :  Sedang Nyenyak Tidur, 102 Rumah di Pulau Kasu Dihantam Puting Beliung, Ansar Langsung Turun Tangan

Dengan hasil itu Jepang kini menempati peringkat kedua klasemen setelah memperoleh tiga poin, di bawah Meksiko yang memenangi pertandingan pertamanya. Namun, Meksiko berhak posisi yang lebih tinggi karena unggul selisih gol.

Di pertandingan berikutnya di Olimpiade Tokyo 2020, Jepang akan menghadapi Meksiko di Saitama pada 25 Juli. Sementara Afsel akan menantang Prancis di hari yang sama.

Argentina Kalah

Pada pertandingan lain, timnas Argentina menelan kekalahan di pertandingan pertama Olimpiade Tokyo 2020. Tim Tango tumbang 0-2 saat meladeni Australia. Argentina ketinggalan 0-1 di babak pertama. Gol dari Australia pada menit ke-14.

Pemain Argentina berusaha merebut bola dari pemain Australia.

Umpan dari Mitchell Duked dari sayap kiri diselesaikan oleh Lachlan Wales dari jarak dekat. Argentina harus bermain dengan 10 pemain menjelang babak pertama. Francisco Ortega mendapatkan kartu kuning kedua pada masa injury time.

Di babak kedua, Argentina, yang defisit pemain, kebobolan satu gol lagi. Tendangan jarak jauh Marco Tilio pada menit ke-80 tak bisa dibendung kiper Argentina, Jeremias Ledesma.

Dengan kemenangan ini, Australia menempati posisi teratas Grip C dengan raihan 3 poin. Sementara itu, Argentina ada di posisi paling bawah. Menyusul kemudian di posisi 2-3 ada Spanyol dan Mesir yang sama-sama mengumpulkan satu poin.

Argentina akan melawan Mesir pada pertandingan kedua Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/7). Sapporo Dome masih akan menjadi venue laganya. Sementara itu, Spanyol akan melawan Australia di hari yang sama.

Nasib Perancis

Nasib Perancis memulai Olimpiade Tokyo 2020 dengan hasil mengecewakan. Menghadapi Meksiko di babak grup, Les Bleus menderita kekalahan telak dengan skor 1-4. Laga Grup A antara Meksiko vs Prancis dipanggungkan di Stadion Tokyo. Kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol di sepanjang paruh pertama.

Pemain Meksiko menghadang pemain Perancis pada laga perdana kualifikasi sepak bola putra di Olimpiade 2020-2021 Tokyo, Jepang.

Kebuntuan terpecah di awal babak kedua. Di menit ke-47, Alexis Vega mencetak gol pembuka Meksiko setelah memaksimalkan umpan silang Diego Lainez dengan tandukan.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Meresmikan Tribun Lapangan Voli dan Jalan Menuju SMAN 1 Lingga Utara

Hanya delapan menit berselang, Meksiko memperbesar skornya menjadi 2-0. Kelengahan bek Perancis Clement Michelin dimanfaatkan Sebastian Cordova untuk menggetarkan gawang lawan.

Perancis dihadiahi penalti, menyusul pelanggaran Cesar Montes terhadap Randal Kolo Muani. Pemain senior Perancis, Andre-Pierre Gignac maju sebagai eksekutor lalu sepekannya terlalu deras untuk dihentikan kiper Guillermo Ochoa. Perancis menipiskan skor 1-2 di menit ke-69 laga Olimpiade Tokyo 2020 ini.

Meksiko memastikan kemenangannya di 10 menit terakhir. Pada menit ke-80, Uriel Antuna menusuk dari sisi kanan sebelum menyelesaikan dengan sepakan di dekat tiang gawang Perancis untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Di masa injury time, pemain pengganti Eduardo Aguirre mencetak gol keempat Meksiko untuk melengkapi kemenangan telaknya atas Prancis.

Hasil ini menempatkan Meksiko di puncak klasemen sementara Grup A dengan perolehan tiga poin, sedangkan Prancis di posisi terbawah. Laga Grup A lainnya antara tuan rumah Jepang melawan Afrika Selatan saat berita ini diturunkan sedang berlangsung.

Sementara itu di partai lain Grup D Olimpiade Tokyo 2020, Pantai Gading sukses mendulang tiga poin usai mengalahkan Arab Saudi dengan skor tipis 2-1. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *