Beranda All News Dewi Kumalasari Pimpin YKI, Bakal Membangun Rumah Singgah di Batam

Dewi Kumalasari Pimpin YKI, Bakal Membangun Rumah Singgah di Batam

0
Dewi Kumalasari menyampaikan sambutan usai dilantik sebagai Ketua YKI Cabang Koordinator Provinsi Kepri.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Hj Dewi Kumalasari dilantik sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Koordinator Provinsi Kepri. Dewi berencana bakal membangun rumah singgah bagi para penyintas kanker di Kota Batam.

Hj Dewi Kumalasari dilantik sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia cabang Koordinator Provinsi Kepulauan Riau oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Prof Dr dr Aru Sudoyo secara virtual dari Jakarta. Usai pelantikan, Dewi Kumalasari mengatakan, pada tahun 2021 YKI Kepri telah menyusun beberapa program kerja. Antara lain akan mendirikan rumah singgah bagi para penyintas kanker di Batam.

Baca Juga :  Jadwal MotoGP 2021: Tes di Losail, Begini Perasaan Valentino Rossi

“Nantinya rumah singgah tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya bagi pasien kanker yang ingin menjalani pengobatan,” ucap Dewi Kumalasari usai pelantikan pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Koordinator Provinsi Kepulauan Riau, Masa Bhakti 2021-2024 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Rabu (30/6/2021).

Pada tahun 2022, lanjut Dewi Kumalasari, YKI Kepri akan melakukan screening IVA test pada kaum wanita di Kepri, untuk mendeteksi dini kanker serviks. Yayasan Kanker Indonesia cabang Koordinator Provinsi Kepulauan Riau sendiri sudah terbentuk sejak 9 November 2016, dan sudah memiliki tiga cabang kabupaten dan kota yaitu pada Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Cek Proyek Box Culvert Senilai Rp8,4 Miliar di Simpang Jam Batam

“Kita akan membentuk di empat kabupaten dan kota lainnya,” tambah Dewi Kumalasari.
Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menginginkan lebih banyak dilakukan program-program promotif, dalam usaha pencegahan penyakit kanker di Kepulauan Riau. Program-program promotif dilakukan, harap gubernur, dengan peningkatan literasi atau pengetahuan tentang bahaya kanker di tengah-tengah masyarakat.

“Bagaimana pemerintah memberikan perhatian dengan persoalan pandemi Covid-19, pemerintah juga harus memberikan perhatian yang sama dalam rangka mengantisipasi prevalensi kanker,” ucap Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri mengatakan, persoalan kanker tidak hanya berbicara tentang kesehatan semata. Tetapi juga sektor lain. Seperti perekonomian, dan pendidikan.

Baca Juga :  Doni Monardo Minta Pembentukan Satgas Pemulangan PMI di Kepri, Begini Kata Ansar

“Para pasien kanker menjadi tidak produktif karena penyakitnya, karena itu spektrum dari penyakit kanker sangat luas,” ujar Ansar Ahmad.

Lebih lanjut dirinya berharap, agar pelantikan pengurus YKI Provinsi Kepri ini dijadikan titik awal sebagai momentum dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Koordinator Provinsi Kepri, untuk bersama-sama melawan kanker di daerah kepulauan ini. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here