Beranda All News Tracing Ditingkatkan, Siap-siap Angka Positif Covid-19 di Kepri Bakal Melonjak

Tracing Ditingkatkan, Siap-siap Angka Positif Covid-19 di Kepri Bakal Melonjak

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri memimpin rapat rutin koordinasi monitoring vaksinasi dan peningkatan tracing sebagai tindak lanjut keputusan Menteri Kesehatan RI.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Gubernur Kepri H Ansar Ahmad berjanji untuk meningkatkan tracing (penelusuran) penularan Covid-19 di Provinsi Kepri. Siap-siap angka positif terpapar Covid-19 di Kepri bakal melonjak.

Upaya tracing ini akan ditingkatkan, sebagai tindak lanjut keputusan Menteri Kesehatan yang menyatakan bahwa, Swab antigen dapat dijadikan metode pelacakan kontak penularan virus Covid-19.

“Idealnya jika satu orang terkonfirmasi positif Covid, maka dilakukan tracing terhadap sepuluh orang. Kita akan tingkatkan itu,” kata Ansar Ahmad, saat mengikuti rapat rutin koordinasi monitoring vaksinisasi Covid-19 secara virtual, dari Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (28/6/2021).

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Syarat Revitalisasi Pasar Baru Tanjungpinang Tinggal Rekomendasi Kemendag RI

Pada rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono tersebut, Gubernur Kepri mengatakan, jika tracing ditingkatkan, maka ada kemungkinan angka positif Covid-19 di Kepri akan melonjak. Tapi dalam jangka pendek itu, akan memudahkan penanganan pandemi di Kepri.

“Karena kalau terdeteksi lebih dini, maka penanganan akan lebih cepat dilakukan. Dan itu mengurangi rasio kematian akibat Covid-19,” jelas Ansar Ahmad.

Mengenai update vaksinasi Covid-19 di Kepulauan Riau, Ansar menyebutkan, mencapai angka 45,19 persen. Gubernur Kepri memperkirakan, dalam tiga hari, Kepulauan Riau secara akumulatif seluruh kabupaten dan kota bakal menembus angka lebih dari 50 persen.

Baca Juga :  Tiga Kru Kapal Kargo MV Meratus Kampar dari Jakarta Terpapar Covid-19

“Kemarin, hari Sabtu (26/6/2021), kita sempat melakukan kegiatan vaksinasi hampir mencapai angka 50 ribu dalam satu hari,” jelas Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad mengungkapkan, laju vaksinasi di Kepri merupakan hasil kerja sama dari TNI dan Polri. Polda Kepulauan Riau guna mendukung vaksinasi di pulau-pulau yang tersebar di Kepri meluncurkan program yang dinamakan “Nasi Kapau”. Yaitu Vaksinasi Menjangkau Pulau-pulau. Selain itu, Danrem 033/Wira Pratama juga mempunyai vaksinasi mobile “Gurindam 12”.

“Ini yang kita jaga. Karena kondisi geografis Kepri yang banyak pulaunya. Inisiatif dari TNI dan Polri sangat membantu kita,” ujar gubernur.

Baca Juga :  Marlin Menjanjikan Peningkatan Infrastruktur Pariwisata Anambas

Gubernur Kepri berharap, dengan kerja sama yang terjalin antarlembaga pemerintah tersebut, vaksinasi di Provinsi Kepulauan Riau dapat tercapai dengan maksimal. Dan herd immunity di masyarakat Kepri bisa tercipta. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here