Beranda All News Susah Payah Mengalahkan Austria, Italia Menyusul Denmark ke Perempatfinal Euro 2020/2021

Susah Payah Mengalahkan Austria, Italia Menyusul Denmark ke Perempatfinal Euro 2020/2021

0
Selebrasi pemain Italia usai memastikan diri lolos babak perempatfinal menyusul Denmark usai mengalahkan Austria, pada fase 16 besar Euro 2020/2021.

LONDON (suaraserumpun) – Timnas Italia menyusul Denmark ke perempatfinal Euro 2020/2021, setelah bersusah payah mengalahkan Austria. Italia lolos ke delapan besar, setelah menang tipis 2-1 saat menghadapi Austria, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB.

Italia sempat ditahan imbang 0-0 oleh Austria hingga waktu normal berakhir. Namun di babak tambahan waktu Federico Chiesa dan Matteo Pessina sukses mencetak gol. Namun Austria berhasil memperkecil ketertinggalan berkat gol Sasa Kalajdzic.

Pertandingan yang digelar di Wembley itu berjalan dengan sengit. Italia selaku tim unggulan mencoba untuk mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Namun di laga ini, Austria bermain dengan sangat disiplin. Mereka bertahan sebagai sebuah unit dan disiplin sepanjang laga.

Peluang berbahaya pertama Italia lahir di menit 17 melalui tembakan Nicolo Barella, namun Bachmann berhasil menggagalkan peluang itu dengan kakinya.

Austria bukannya tanpa perlawanan terhadap Italia. Sesekali mereka memanfaatkan serangan balik namun mereka juga sulit untuk menciptakan peluang yang berbahaya.

Peluang terbaik Italia di babak pertama lahir di menit 32. Immobile melepaskan tembakan lop saat Bachmann sudah mati langkah, namun tidak beruntung tembakannya mengenai tiang gawang. Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Baca Juga :  Mempersolek Tanjungpinang, Ansar Mengawali dari Pulau Penyengat, Gereja Ayam hingga Patung Seribu Wajah

Babak Kedua

Pada babak kedua ini Italia tidak mengendorkan serangan mereka. Namun bedanya di babak kedua ini, Austria lebih terbuka dalam menyerang. Peluang berbahaya pertama Austria lahir di menit 52 saat Austria mendapatkan tendangan bebas tepat di luar kotak penalti. David Alaba yang menjadi eksekutornya berhasil mengarahkan bola ke pojok atas, namun sayang bolanya masih melebar tipis di atas gawang.

Berardi pemain Italia melakukan tendangan salto ketika dihadang pemain Austria.

Di menit 65, pendukung Italia di Wembley terdiam saat umpan lambung David Alaba berhasil ditanduk Marko Arnautovic ke gawang Donnarumma. Namun setelah diperiksa VAR, Arnautovic sudah berada di posisi offside terlebih dahulu sehingga gol ini tidak disahkan.

Melihat performa timnya yang mulai mengendor, Roberto Mancini membuat dua pergantian pemain. Marco Verratti dan Nicolo Barella ditarik keluar digantikan Manuel Locatelli dan Matteo Pessina.

Masuknya Locatelli dan Pessina sedikit banyak membuat Italia kembali dominan dalam penguasaan bola. Ada beberapa peluang bagus yang mereka ciptakan, namun selalu dipatahkan oleh para pemain bertahan Austria.

Baca Juga :  Anggaran Belanja buat Kepri Rp27,63 Triliun, Ini Rinciannya

Melihat timnya buntu di lini serang, Mancini membuat dua pergantian pemain lagi. Ciro Immobile dan Domenico Berardi ditarik dan digantikan Andrea Belotti dan Federico Chiesa.

Di masa injury time, Italia memiliki satu peluang berbahaya dari tendangan bebas Insigne tepat di luar kotak penalti, namun bola berhasil dihalau oleh para bek Austria. Skor 0-0 tetap bertahan sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Perpanjangan Waktu

Sejak kick off babak tambahan waktu pertama, Italia langsung tampil menyerang. Peluang pertama mereka lahir dari Federico Chiesa melepaskan tembakan mendatar, namun berhasil ditangkap oleh Bachmann.

Selebrasi pemain Italia usai mencetak gol di babak perpanjangan waktu saat melawan Austria, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB.

Hanya berjarak dua menit, Chiesa akhirnya memecahkan kebuntuan. Berawal dari umpan lambung Spinazzola, Chiesa yang tidak dijaga dengan ketat berhasil mengontrol bola dengan dada, mengelabui bek Austria sebelum melepaskan tembakan voli yang masuk ke gawang Bachmann. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Italia.

Tertinggal 1-0, Franco Foda menarik keluar Marko Arnautovic dan menggantikannya dengan Sasa Kalajdzic. Setelah itu, Austria mulai tancap gas untuk mencetak gol penyama kedudukan.

Asik menyerang, gawang Austria bobol lagi di menit terakhir babak tambahan waktu pertama. Menerima umpan dari Acerbi, Pessina melepaskan tembakan yang gagal dihalau oleh Bachmann. Skor 2-0 bertahan hingga jeda. Di jeda ini, Grillistch dan Schlager ditarik dan digantikan oleh Schaub dan Gregoritsch.

Baca Juga :  Ekonomi Bintan -4,28 Persen, Bupati Minta Tolong ke Gubernur Kepri

Meski tertinggal 2-0, Austria tidak patah arang. Baru satu menit pasca kick off babak tambahan waktu kedua, Schaub melepaskan tembakan keras sehingga memaksa Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang.

Usaha tanpa kenal lelah Austria berbuah manis di menit 114. Berawal dari sepak pojok Schaub, Kalajdzic sukses menyundul bola dari sudut rendah ke gawang Italia. Skor berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Italia.

Di menit 118, Italia nyaris menyamakan kedudukan setelah Federico Chiesa melepaskan tembakan lob memanfaatkan posisi Becchman yang sudah terlalu maju. Namun bola berhasil disapu di depan mulut gawang. Skor 2-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Berkat hasil ini, Italia lolos ke perempat final Euro 2020/2021 menyusul Denmark. Italia akan menghadapi antara pemenang laga Belgia vs Portugal. Sementara Austria harus angkat koper dari turnamen Euro 2020/2021. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here