Beranda All News Hasan SSos Si Alumni Unri Jadi Wajah Baru Kabiro Humas di Kabinet...

Hasan SSos Si Alumni Unri Jadi Wajah Baru Kabiro Humas di Kabinet Ansar-Marlin

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyaksikan TS Arif Fadillah menandatangani naskah pelantikan pejabat di lingkungan Pemprov Kepri, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (23/6/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Hasan SSos, alumni Fisipol Universitas Riau (Unri) menjadi wajah baru, yang turut dilantik menjadi pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Hasan resmi menjabat Plt Kepala Biro Humas Protokol dan Penghubung Setdaprov Kepri di kabinet Ansar-Marlin.

Hasan SSos dilantik bersama pejabat Pemprov Kepri lainnya, oleh Gubernur H Ansar Ahmad di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (23/6/2021). Dalam kesempatan ini, Ansar Ahmad melakukan mutasi dan melantik beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Kepri. Pejabat eselon yang dilantik ini terdiri dari jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator, dan jabatan pengawas.

Pejabat yang dilantik Rabu pagi tersebut antara lain H TS Arif Fadillah sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. Selain itu, Martin Luther Maromon sebagai Sekretaris DPRD (Sekwan) Provinsi Kepri. Kemudian, ada nama Hamidi sebagai Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepri. Zulkifli yang sebelumnya menjabat Kabiro Humas Protokol, dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata Kepri. Satu dari sejumlah pejabat itu, terdapat wajah baru. Yaitu Hasan SSos yang dilantik sebagai Kepala Bagian Humas dan Dokumentasi Setdaprov Kepri.

Selain itu, Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyerahkan Surat Keputusan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau kepada Ir Lamidi. Sosok Lamidi merupakan alumni Unri, yang pernah berpengalaman menjabat sebagai Sekda Kabupaten Bintan. Kini, Lamidi dipercaya sebagai Plh Sekdaprov Kepri di kabinet Ansar-Marlin, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri.

Hasan SSos dan pejabat yang dilantik mengucapkan sumpah jabatan di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Selain Lamidi, Ansar Ahmad juga menyerahkan Surat Keputusan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Umum kepada Abdullah. Serta SK Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Protokol dan Penghubung, kepada Hasan SSos.

Baca Juga :  Hasil Semifinal Liga Champions: Real Madrid Kalah, Chelsea Menyusul Manchester City

“Mutasi seperti ini merupakan hal yang biasa. Ini upaya kita untuk membangkitkan kinerja ke depan, yang lebih baik. Tolong jalankan amanah ini,” kata Ansar Ahmad.

Wajah Baru Kabiro Humas

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilantik sebagai pejabat eselon di lingkungan Pemprov Kepri tersebut, mayoritas pejabat lama. Namun, seorang dari mereka merupakan wajah baru. Sosok pejabat tersebut, yaitu Hasan SSos si alumni Unri. Hasan turut dilantik menjadi pejabat pemerintah di tahun pertama masa kepemimpinan Ansar Ahmad sebagai Gubernur Kepri, bersama Hj Marlin sebagai Wakil Gubernur Kepri.

Hasan adalah pejabat pemerintah yang merupakan aktivis mahasiswa, yang turut berjuang semasa pembentukan Provinsi Kepulauan Riau. Tak ayal, sejumlah tokoh pemuda perjuangan pembentukan Provinsi Kepri memberikan selamat kepada Hasan SSos.

Hasan SSos menerima SK Plt Kabiro Humas Protokol dan Penghubung Setdaprov Kepri dari Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Hasan sarjana Ilmu Pemerintahan Fisipol Unri ini mengawali karier di Pemerintah Kabupaten Bintan. Saat pengangkatan PNS setelah melalui masa CPNS, Hasan ditugaskan sebagai staf di Bagian Humas dan Protokol Setdakab Bintan. Pria kelahiran Tanjungpinang tanggal 10 November 1977 ini meski bukan berasal dari basic wartawan atau jurnalis, namun pekerjaan di bidang humas dan protokol bukan hal yang baru lagi.

Baca Juga :  Ansar-Marlin Fokus Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi dan Perkuat Pengamanan Perbatasan RI

Beberapa tahun berselang, Hasan dipercaya sebagai seklur hingga menjabat sebagai lurah di wilayah Kecamatan Bintan Timur. Kariernya terus menanjak, sampai menjabat Sekretaris Camat dan menjabat sebagai Camat Bintan Timur.

Hasan SSos semasa menjabat di kelurahan hingga Camat Bintan Timur, sejumlah prestasi ditorehkannya. Bahkan, Hasan menjadi pejabat camat yang mempelopori pelayanan administrasi terpadu di kecamatan, yang lebih dikenal dengan pelayanan PATEN. Tak sedikit pemerintah kecamatan dari Jawa maupun beberapa daerah Indonesia lainnya, melakukan studi banding ke Kecamatan Bintan Timur. Mereka mendapat ilmu tentang PATEN dari seorang sosok Hasan SSos ini.

Hasan sempat kembali ke Bagian Humas dan Protokol Setdakab Bintan, beberapa waktu. Lantas, Hasan dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan. Terakhir, Hasan dipercaya menjabat sebagai Kepala Bagian Pengelolaan Wilayah Perbatasan Pemkab Bintan.

Baca Juga :  Anak Perusahaan BUMD PT Pembangunan Kepri Banyak yang Cuma Membebani Anggaran

Selama menjabat sebagai Kepala Bagian Pengelolaan Wilayah Perbatasan, Hasan selalu berhubungan dengan kementerian pusat yang berkaitan dengan wilayah perbatasan. Tak terkecuali, Hasan juga memberikan paparan dan menjadi pejabat yang turut andil dalam pembangunan mercusuar dan helipad di Karang Singa, wilayah terdepan NKRI. Pangkogabwilhan, Menkomar Invest hingga Menko Polhukam menjadi mitra kerjanya.

Hasan SSos bersama Ansar Ahmad Gubernur Kepri dan Zulkifli.

Kini, Hasan SSos pangkat golongan Pembina Tingkat I/IVB ini, menjadi wajah baru di deretan pejabat lingkungan Pemprov Kepri. Hasan SSos si alumni Unri ini, akan menjalankan tugas sebagai Plt Kabiro Humas Protokol dan Penghubung Setdaprov Kepri. Jangan kaget ketika bertemu Hasan SSos, yang berwajah etnis tionghoa ini. Begitu lah wajah baru pejabat Plt Kabiro Humas Protokol dan Penghubung Setdaprov Kepri ini.

“Selama ini, saya tahunya kerja. Ketika ada amanah yang diberikan, akan saya kerjakan,” tutur Hasan SSos yang memang merupakan keturunan tionghoa beragama muslim ini. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here