banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri meninjau ruang praktik siswa SMK Negeri 5 Tanjungpinang, Kamis (17/6/2021).

Pengin Jadi Ahli Kemaritiman dan Perkapalan Niaga? Masuk SMK Negeri 5 Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Bagi anak Kepulauan Riau yang pengin menjadi ahli di bidang kemaritiman dan perkapalanan niaga, tak perlu repot. Segera mendaftar dan masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Tanjungpinang.

Saat ini, fasilitas dan sarana pendidikan SMK Negeri 5 Tanjungpinang semakin komplit. Bahkan, SMK Negeri 5 Tanjungpinang sudah memiliki ruang praktik siswa atau labor nautika kapal niaga dan teknikal kapal niaga. Ruang praktik siswa SMK Negeri 5 Tanjungpinang di daerah Madong, Senggrang ini diresmikan oleh Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, Kamis (17/6/2021) kemarin.

Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyampaikan, Sekolah Menengah Kejuruan, khususnya SMK Negeri 5 Tanjungpinang dengan bidang keahlian kemaritiman dan perkapalan niaga, merupakan lembaga pendidikan yang sangat strategis di Kepri. Sebab, 96 persen wilayah Provinsi Kepri, adalah lautan sebagai potensi kemaritiman.

Baca Juga :  Rahma: Pos Pelayanan KB Lanud RHF sebagai Upaya Penurunan Kasus Stunting

“Kita harus menyiapkan tenaga-tenaga muda di bidang nautika. Saya ingin output SMK adalah generasi-generasi siap pakai. Hal ini harus diimbangi dengan program link and match yang baik,” kata Ansar Ahmad usai meresmikan ruang praktik siswa nautika kapal niaga dan teknikal kapal niaga SMK Negeri 5 Tanjungpinang, di Madong.

Menurut Gubernur Kepri, menyediakan pendidikan yang baik merupakan salah satu kewajiban pemerintah yang kompleks. Karena berbicara pendidikan terdiri atas berbagai macam unsur. Seperti pemerintah itu sendiri, tenaga pendidik, orang tua, peserta didik dan modul pendidikan. Pendidikan akan berhasil jika semua unsur tersebut dapat bersinergi dengan baik.

“Selaku unsur pemerintah, saya bersama Dinas Pendidikan telah membedah rencana ABPD 2022 dengan upaya memaksimalkan dan merasionalisasi anggaran. Di 2022 akan kita prioritaskan SMK Negeri 5 Tanjungpinang ini,” ujar Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Setelah Bandara, Ansar Ahmad Menjanjikan Jalan Lingkar Laut di Tambelan, Begini Sejarahnya

Ansar Ahmad juga berharap, ke depannya, lulusan SMK dapat dibekali dengan sertifikasi khusus. Sertifikat ini sebagai pengakuan keahlian mereka di dunia kerja dan industri. Karena, orientasi pendidikan tidak hanya sebatas memenuhi wajib belajar.

“Maka ruang praktik siswa ini memiliki peran vital. SMK jika tidak memiliki tempat dan fasilitas praktik yang tidak memadai maka outputnya tidak akan maksimal,” jelas Ansar Ahmad.

“Pengin jadi ahli kemaritiman dan perkapalan niaga? Ya, masuk SMK Negeri 5 Tanjungpinang,” tambah gubernur.

Ansar Ahmad, Anggota DPRD Kepri Lis Darmansyah, Suyono Saerah Staf Khusus Gubernur Kperi, dan Zulkarnain Plt Kepsek berpose dengan pelajar SMKN Negeri 5 Tanjungpinang.

Plt Kepala SMK Negeri 5 Tanjungpinang Zulkarnain menyampaikan, SMK Negeri 5 Tanjungpinang berdiri pada bulan Mei 2017 lalu. Sampai saat ini telah meluluskan 2 angkatan dengan bidang keahlian kemaritiman dengan jurusan nautika kapal niaga, dan teknikal kapal niaga.

Baca Juga :  Pemprov dan DPRD Kepri Sepakat Belanja sampai Akhir 2021 Dikurangi Rp68,2 Miliar

“Pada tanggal 11 Januari 2021, kami telah menghadap ke Dirjen Perhubungan di Jakarta, dalam hal permohonan approval. Dan ternyata perlu perlengkapan yang harus dipenuhi sekolah,” kata Zulkarnain.

Menurut Zulkarnain, salah satu persyaratannya adalah kelengkapan sarana dan prasarana. Di SMKN 5 Tanjungpinang masih ada sarana yang harus dipenuhi. Di antaranya penambahan ruang kelas yang saat ini hanya 5 ruang. Perpustakaan, ruang Kepsek, dan majelis guru.

Turut hadir dalam peresmian ruang praktik siswa SMK Negeri 5 Tanjungpinang ini Kepala Dinas Pendidikan Kepri Muhammad Dali, Staf Khusus Gubernur Suyono Saeran, Anggota DPRD Kepri Lis Darmansyah dan Kepala SMK se-Kota Tanjungpinang. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *