Beranda All News Setelah Bandara, Ansar Ahmad Menjanjikan Jalan Lingkar Laut di Tambelan, Begini Sejarahnya

Setelah Bandara, Ansar Ahmad Menjanjikan Jalan Lingkar Laut di Tambelan, Begini Sejarahnya

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri meninjau lokasi jalan lingkar di Tambelan, Kabupaten Bintan.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Ansar Ahmad semasa menjabat Bupati Bintan, menggagas dan mendorong pembangunan bandar udara (bandara) di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan. Kini, Ansar Ahmad setelah menjabat Gubernur Kepri menjanjikan, akan meningkatkan pembangunan jalan lingkar laut di Tambelan. Begini sejarahnya.

Ansar Ahmad mulai menjabat Bupati Bintan, pertengahan tahun 2005, kurang lebih 16 tahun lalu. Sekitar April 2006, Ansar Ahmad mengajak OPD di lingkungan Pemkab Bintan kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan. Masih menggunakan transportasi Kapal Navigasi (KN) Jadayat. Kurang lebih 23 jam perjalanan dari Pelabuhan Kijang (Bintan Timur), baru tiba di Tambelan.

Dengan kondisi tersebut, Ansar Ahmad menggagas pembangunan bandara udara (bandara) di Kecamatan Tambelan tersebut. Perlu waktu untuk menentukan lokasi pembangunan bandara di Tambelan itu. Bukit Badak menjadi pilihan, sebagai lokasi untuk pembangunan bandara di Tambelan.

Waktu terus berjalan, Ansar Ahmad kembali menjadi Bupati Bintan untuk periode kedua. Ansar Ahmad tetap menjadikan pembangunan bandara di Tambelan sebagai prioritas, sambil merealisasikan program lainnya di kecamatan terdepan NKRI tersebut. Pelbagai upaya dilakukan ‘Kabinet Ansar Ahmad’ kala itu. Mulai dari pembebasan lahan, survei lokasi dari pusat, dukungan pemerintah provinsi, sampai dengan lobi anggaran.

Baca Juga :  4.800 Karyawan PT BAI di KEK Galang Batang Divaksin Mandiri

Sampai tahun 2015, Ansar Ahmad saat bersama Khazalik sebagai Wakil Bupati Bintan, progres pembangunan bandara di Tambelan masih setengah jalan. Kepemimpinan Kabupaten Bintan dilanjutkan Apri Sujadi sebagai Bupati Bintan, bersama Dalmasri Syam sebagai Wakil Bupati Bintan. Apri Sujadi dengan niat tulus melanjutkan progres pembangunan bandara di Tambelan. Hanya saja, anggaran dialokasikan oleh pemerintah pusat. Pembangunan bandara Tambelan pun selesai, dan diresmikan tahun 2020 lalu. Gagasan Ansar Ahmad pun terwujud.

Sejarah Berlanjut

Nah, setelah pembangunan bandara di Tambelan, Ansar Ahmad kembali ingin memberikan ‘hadiah’ yang besar bagi masyarakat Tambelan. Sejarah Ansar Ahmad setelah menjabat Gubernur Kepri untuk pembangunan Tambelan, kembali berlanjut.

Ansar Ahmad Gubernur Kepri berboncengan dengan Roby Kurniawan Wakil Bupati Bintan meninjau pembangunan di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Rabu (16/6/2021).

Rabu (16/6/2021), Ansar Ahmad berkunjung ke Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan. Kali ini, Ansar Ahmad melaksanakan kunjungan kerja ke Tambelan bersama anak kandungnya, Roby Kurniawan. Tapi, kapasitas Roby Kurniawan dalam kunjungan ini adalah Wakil Bupati Bintan.

Hanya sepintas mengulas, Roby Kurniawan dilantik sebagai Wakil Bupati Bintan karena terpilih pada Pilkada 2021 lalu, berpasangan dengan Apri Sujadi. Apri-Roby dilantik oleh Ansar Ahmad Gubernur Kepri atas nama Mendagri, Jumat (26/2/2021) lalu. Lupakan hal ini, kembali ke Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Petani Poyotomo Makmur Panen Padi Sawah, Kapolres: Jangan Caplok Lahan Orang

Ansar Ahmad melaksanakan kunjungan ke Tambelan tak hanya bersama Roby Kurniawan. Turut mendampingi Ansar Ahmad Gubernur Kepri dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas PUPR Kepri Abu Bakar dan Kepala Dinas Kesehatan M Bisri. Sementara dari Kabupaten Bintan, hadir Sekda Bintan Adi Prihantara dan Wakil Ketua DPRD Fiven Sumanti.

Dalam kegiatan kunjungan kerja di Tambelan ini, Ansar Ahmad mengatakan, Pulau Tambelan merupakan satu wilayah di Kabupaten Bintan yang posisinya paling jauh, dibanding wilayah lainnya. Tapi soal pembangunan, Tambelan selalu mendapat perhatian serius. Baik dari Pemkab Bintan maupun Provinsi Kepri.

“Kami menaruh perhatian besar terhadap Tambelan. Karena itu program-program pembangunan tetap akan diperhatikan demi kemajuan masyarakat Tambelan,” ujar Ansar Ahmad.

Sebagai bukti perhatian Pemprov Kepri terhadap masyarakat Tambelan, kata Ansar Ahmad, pihaknya akan menganggarkan beberapa kegiatan dan proyek infrastruktur. Kegiatan tersebut di antaranya peningkatan jalan lingkar Pulau Tambelan serta rehabilitasi gedung dan drainase asrama taman siswa Tambelan. Seluruh kegiatan tersebut akan dianggarkan melalui APBD tahun 2022 Kepri.

Baca Juga :  Kapolres Tanjungpinang Cek Pos Pengawasan Arus Mudik di Bandara dan Pelabuhan

Khusus jalan lingkar laut di Tambelan, Ansar Ahmad menjanjikan, dianggarkan melalui APBD tahun anggaran 2023 Kepri. Ansar Ahmad menginginkan, seluruh program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kepri, dirasakan oleh masyarakat secara keseluruhan.

“Karena itu wilayah-wilayah pulau tetap kita perhatikan agar mereka mendapat kesempatan yang sama dalam menikmati kue pembangunan,” tutur Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wabup Bintan Roby Kurniawan meninjau vaksinasi warga Tambelan.

Tinjau Vaksinasi

Dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan tersebut, Ansar Ahmad melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 bagi warga Tambelan ini dilaksanakan di Balai Adat dan Gedung Bintang Timur Pulau Tambelan. Di Tambelan respon masyarakat cukup besar terhadap pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Kita minta masyarakat Tambelan ikut menyukseskan program vaksinasi Covid 19 ini demi terciptanya Kepulauan Riau yang sehat. Kalau kita sehat, insyaa Allah akan banyak pencapaian yang bisa kita raih,” tutup Ansar Ahmad yang terus berupaya membikin sejarah untuk kemajuan Tambelan. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here