Beranda All News Vaksinasi Lansia Warga Tionghoa di Kijang, Cai Yi Tang: Kami Vaksin biar...

Vaksinasi Lansia Warga Tionghoa di Kijang, Cai Yi Tang: Kami Vaksin biar Indonesia Sehat

0
Cai Yi Tang lansia etnis tionghoa berusia 91 tahun mengikuti vaksinasi Covid-19 di Vihara Bhakti Sasana Kijang, Kabupaten Bintan, Kepri, Rabu (9/6/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – 500-an orang yang tergolong lanjut usia (lansi) dari etnis tionghoa di Kota Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri sudah mengikuti vaksinasi Covid-19, Rabu (9/6/2021). Cai Yi Tang seorang nenek yang berusia 91 tahun pun antusias untuk divaksin. Berikut alasannya.

Satu per satu, warga dari etnis tionghoa di Kijang-Bintan Timur memasuki aula Vihara Bhakti Sasana Kijang. Sebelumnya, mereka antre dengan mengatur jarak, di halaman vihara terbesar di Kecamatan Bintan Timur tersebut. Mayoritas, warga tionghoa ini sudah berusia lanjut. Wajar, mereka didampingi petugas saat memasuki aula vihara. Bahkan, ada yang didorong dengan kursi roda.

Petugas TNI dan Polri membantu lansia tionghoa Kijang ketika mengikuti vaksinasi.

Ferry selaku ketua pelaksana mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi lansia warga tionghoa di Kijang ini dilaksanakan oleh Yayasan Bhakti Sasana Kijang, bekerja sama dengan Mahabudhi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Baca Juga :  Appeknas Kepri Sarankan ke Pemerintah, Cabut IUJK Via OSS

Dua yayasan sosial dari etnis tionghoa ini melibatkan tenaga medis dan personel TNI-Polri, serta persatuan pemuda tionghoa di Kota Kijang. Untuk vaksinatornya berasal dari tenaga medis Puskesmas Kijang Kota, tim Medis TNI AD dan tim medis Polri.

Tanpa rasa canggung, para medis dan panitia memberikan pelayanan kepada setiap lansia yang ingin divaksin. Tak terkecuali kepada Cai Yi Tang, seorang nenek yang sudah berusia 91 tahun.

Cai Yi Tang datang ke Vihara Bhakti Sasana Kijang, atas kesadaran sendiri. Meski dia harus membawa kursi rodanya. Maklum, Cai Yi Tang tidak sanggup berjalan atau berdiri dengan waktu yang cukup lama. Hal itu karena faktor usianya yang sudah mencapai 91 tahun.

Baca Juga :  Nirma Nurulliza, Qariah Bintan Bakal Tampil di PTQ Nasional 2021

Cai Yi Tang pun dibantu para medis dan panitia, hingga selesai menjalani vaksinasi di Vihara Bhakti Sasana Kijang. Dari raut wajahnya, Cai Yi Tang tak tampak risau, saat diberikan vaksin Covid-19. Justru, Cai Yi Tang semringah setelah disuntik vaksin Covid-19 merek Sinovac.

“Kami vaksin hari ini, biar Indonesia sehat la. Kalau semua kita sudah vaksin, tentu saja kita imun semua dari Covid. Kami saja yang tua-tua, semangat ikut vaksin. Yang muda, harusnya lebih semangat lagi ikut vaksin,” demikian pesan Cai Yi Tang.

Cai Yi Tang setelah vaksinasi Covid-19.

Salikin mewakili tokoh pemuda tionghoa Kabupaten Bintan mengapresiasi terhadap lansia tionghoa Kijang, yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini merupakan upaya yayasan sosial, pemerintah dan semua pihak dalam upaya memutus mata rantai Covid-19. Kegiatan yang dipusatkan di Vihara Bhakti Sasana Kijang ini, awalnya ditujukan untuk kalangan lansia tionghoa.

Baca Juga :  Aunur Rafiq Sudah Memperbolehkan Nongkrong di Kedai Kopi

“Yang datang dan ikut vaksin tadi, ada yang berusia 91 tahun. Ada yang berusia 88 tahun. Ya, rata-rata di atas usia 50 tahun yang vaksin hari ini,” sebut Salikin.

Panitia dan petugas membantu lansia berusia 88 tahun yang antusias ke ruangan vaksinasi di Vihara Bhakti Sasana Kijang, Bintan, Kepri.

Vaksinasi yang digelar oleh Yayasan Bhakti Sasana Kijang, bekerja sama dengan Mahabudhi Provinsi Kepri ini dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB. Hingga pukul 13.30 WIB, sudah ada 495 orang lansia yang diberikan vaksin.

“Kami sangat bangga, dengan antusias warga yang ikut vaksin hari ini. Kami akan berusaha akan gelar lagi vaksinasi tahap dua, jika memungkinkan,” kata Ferry, ketua panitia. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here