Beranda All News Ansar Ahmad Ingin Mempercepat Izin Pengembangan Bandara RHA Karimun, Setelah Menemui Menteri

Ansar Ahmad Ingin Mempercepat Izin Pengembangan Bandara RHA Karimun, Setelah Menemui Menteri

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri memimpin rapat koordinasi percepatan pengembangan Bandara RHA Karimun, didampingi Aunur Rafiq Bupati Karimun, Selasa (25/5/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Ansar Ahmad Gubernur Kepri ingin mempercepat izin-izin untuk pengembangan Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun. Upaya ini dijalankan Ansar Ahmad setelah menemui Menteri Perhubungan dan Menteri ATR, belum lama ini.

Keinginan Ansar Ahmad untuk mempercepat proses izin-izin pengembangan Bandara RHA Karimun ini disampaikan dalam rapat koordinasi di Gedung Graha Kepri, Batam, Selasa (25/5/2021). Dalam rapat koordinasi percepatan pengembangan Bandara RHA Karimun tersebut, hadir Bupati Karimun Aunur Rafiq dan sejumlah OPD.

Menurut Ansar Ahmad, segala sumbatan atau kendala harus diselesaikan, diurus dan dikejar. Biar cepat selesai.

“Kita semua harus kerja maksimal. Percepat semua perizinan yang menjadi kewenangan provinsi. Proses apa yang diperlukan dan rekomendasai dari kita,” kata Ansar Ahmad.

Dalam rapat koordinasi pengembangan Bandara RHA Karimun itu, Gubernur Ansar minta batas waktu penyelesaian berbagai hal, yang menjadi kewenangan provinsi. Hal ini sangat penting, agar kerja-kerja bisa berjalan lancar. Ansar Ahmad langsung mendapat deadline penyelesaian yang harus dilakukan provinsi.

Baca Juga :  Liverpool Beranjak ke Empat Besar Setelah Pesta Gol Versus Burnley

Meski pembangunan masih di tahun 2022, Ansar Ahmad tetap meminta jajaran terkait, segera memenuhi dokumen kelengkapan dari provinsi. Apalagi kewenangan dari pemerintah pusat sudah ada skedul deadline-nya juga.

“Ini mesti jalan. Sesuai skedul,” ujar Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri mantan Anggota DPR RI ini ingin memastikan semua berjalan sesuai rencana dan skedule yang ditetapkan. Ansar pun memastikan bahwa pembagian kewenangan itu bisa menjadi alat kontrol, apa yang belum dan apa yang menjadi kendala.

Ansar Ahmad memerintahkan jajarannya, agar semua yang dibutuhkan, terutama surat-surat dari kabupaten (Karimun) segera diminta. Karena, mantan Bupati Bintan dua periode ini tak ingin, hal ini berjalan lambat.

Baca Juga :  Anggaran Belanja buat Kepri Rp27,63 Triliun, Ini Rinciannya

“Walaupun beberapa bagian batas waktunya masih lama, tapi kita harus segera urus. Kejar dan selesaikan,” kata Ansar Ahmad.

Dalam pertemuan itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyatakan, pentingnya sinergitas pemerintah pusat dan pemerintah daerah, untuk pengembangan Bandara RHA Karimun. Karena kewenangan untuk izin-izin, itu ada di setiap pemerintahan. Baik pusat, provinsi maupun kabupaten.

Ansar Menemui Menteri

Sebelumnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menemui Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala BPN RI di Jakarta, Jumat (7/5/2021) lalu. Ansar dan Menteri ATR Dr Sofyan Djalil membahas pengembangan Bandara RHA Karimun, RTRW hingga RZWP3K.

Pertemuan dan konsultasi ini guna mempercepat proses pengintegrasian tata ruang dengan RZWP3K di Kepulauan Riau, sebagai amanat UU Cipta Kerja dan PP 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

Ansar Ahmad dan Menteri ATR membahas pengembangan Bandara RHA dan RTRW, awal Mei 2021 lalu.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, selain membahas pengintegrasian RTRW dan RZWP3K, pihaknya juga sekaligus meminta dukungan untuk rencana perpanjangan landasan Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) di Karimun, yang diawali dengan penerbitan Amdal.

Baca Juga :  SE Gubernur Kepri, Mudik Lebaran Antarpulau Diperbolehkan, Ini Syaratnya

Menurut Ansar, dirinya sengaja konsultasi dan minta arahan ke Menteri ATR agar rencana pengintegrasian RTRW dan RZWP3K di Kepri tidak menjadi kendala dalam proses perizinan yang diperlukan. Berkaitan dengan berbagai proyek strategis Kepri.

“Antara lain, pengembangan Bandara Raja Haji Abdullah (RHA), pembangunan Bandara Busung, Pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat Siantan, pembangunan pelabuhan Samudera Natuna dan lain-lain,” jelas Ansar Ahmad.

Selain Menteri ATR, Ansar Ahmad juga menyinggung percepatan pengembangan Bandara RHA Karimun kepada Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, saat kunjungan kerja ke Kepri awal Mei lalu. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here