Beranda All News Sah! Endang Abdullah Mendampingi Rahma, Ade Angga Diganti Oktavio Bintana

Sah! Endang Abdullah Mendampingi Rahma, Ade Angga Diganti Oktavio Bintana

0
Nama Endang Abdullah unggul pada proses pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang, Senggarang, Senin (10/5/2021).

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Endang Abdullah terpilih dan sah menjadi Wakil Wali Kota (Wawako) Tanjungpinang, untuk mendampingi Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma, sampai akhir masa jabatan 2018-2023. Sementara, Ade Angga Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungpinang dari Fraksi Golkar akan diganti oleh Oktavio Bintana.

Endang Abdullah terpilih sebagai Wawako Tanjungpinang sisa masa jabatan 2018-2023 melalui pemilihan langsung pimpinan dan anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Senin (10/5/2021) siang. Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni.

Pemilihan dihadiri Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma, unsur FKPD, dan sejumlah kepala OPD. Pemilihan langsung dilaksanakan di Gedung Paripurna DPRD, Senggarang, Kota Tanjungpinang.

Dalam pemilihan ini, Endang Abdullah unggul satu suara dibandingkan calon Wawako lainnya, Ade Angga. Dalam proses pemilihan itu, Endang memperoleh 15 suara. Sedangkan Ade Angga mantan Wakil Ketua DPRRD Kota Tanjungpinang memperoleh 14 suara, dari 29 suara pemilih Anggota DPRD Kota Tanjungpinang.

Endang Abdullah, Wakil Wali Kota Tanjungpinang.

Setelah proses pemilihan dan penghitungan suara, DPRD Kota Tanjungpinang langsung menetapkan Endang Abdullah menjadi Wakil Wali Kota Tanjungpinang, sisa masa jabatan 2018-2023. Endang Abdullah akan mendamping Walikota Tanjungpinang Rahma sampai masa jabatan berakhir, tahun 2023 mendatang.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Ansar Ahmad Memperbolehkan Warganya Mudik Lokal

“Selamat kepada Bapak Endang Abdullah. Semoga menjadi pemimpin yang amanah dan dapat memajukan kota Tanjungpinang lebih baik,” ucap Weni, sebelum menutup sidang.

Koalisi Partai

Endang Abdullah adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Tanjungpinang. Pada saat Pilwako tahun 2018 Tanjungpinang, Gerindra mengusung pasangan M Syahrul (alm) bersama Hj Rahmad. Namun dalam perjalanan, Syahrul meninggal dunia dan dinyatakan terpapar Covid-19. Selanjutnya, jabatan Wako dijabat oleh Hj Rahma.

Pada saat pengusungan Syahrul-Rahma, Partai Golkar dan Partai Gerindra merupakan partai pengusung. Sehingga, koalisi partai pengusung berhak mengajukan nama untuk mengusulkan nama calon wakil wali kota Tanjungpinang, pascapelantikan Rahma sebagai Wako Tanjungpinang.

Pada saat pengusulan calon Wawako, nama Ade Angga dan Endang Abdullah disampaikan oleh Wako Rahma. Alhasil, koalisi pengusungan pun terjadi. Ade Angga sebagai nomor urut 1 didukung oleh koalisasi Golkar, Demokrat, PKS, PAN dan PPP.

Andang Abdullah bersama Wako Tanjungpinang Hj Rahma ziarah ke makam Syahrul, usai pemilihan Wawako Tanjungpinang.

Sementara, Endang Abdullah didukung oleh koalisi Nasdem, Gerindra, PDIP, PKB dan Hanura. Jika melihat dari masing-masing koalisi itu, Endang Abdullah diperkirakan bakal unggul 16 suara, berbanding 13 suara untuk Ade Angga.

Baca Juga :  Pencuri Motor di 14 TKP Ternyata Ada Keterlibatan Oknum TNI dan Polri

Namun, pada saat pemilihan, Endang Abdullah unggul dengan perolehan 15 suara. Sementara, Ade Angga mendapat 14 suara. Terlepas dari siapa pembelot dan siapa yang ‘hebat’, Endang Abdullah terpilih dan resmi menjadi Wakil Wali Kota untuk mendampingi Hj Rahma.

“Alhamdulillah ya ALLAH,” demikian ditulis Rahma dalam status WA-nya, Senin siang usai pemilihan dan terpilih Endang Abdullah.

Usai memenangkan Pilwawako yang dilaksanakan DPRD Tanjungpinang, Endang Abdullah bersama Rahma Wako Tanjungpinang langsung berziarah ke makam H Syahrul, di Taman Makan Pahlawan Pusara Bhakti, batu 5 bawah, Tanjungpinang.

Baca Juga :  Sehari, Seribu Warga yang Vaksinasi di RSUD Bintan

Hingga saat ini, belum diketahui kapan jadwal pelantikan Endang Abdullah sebagai Wawako Tanjungpinang, maupun pelantikan Oktavio Bintana sebagai PAW Ade Angga.

Ade Angga

Sementara, Ade Angga yang sebelum menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, harus rela melupakan karir politiknya untuk sementara waktu. Ade Angga harus mengakui keunggulan Endang Abdullah, pada saat pemilihan di DPRD Kota Tanjungpinang.

Ade Angga.

Ade Angga tak hanya melepaskan jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungpinang. Ade Angga juga harus meninggalkan kursi dan lembaga DPRD Kota Tanjungpinang. Untuk posisi Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Fraksi Golkar, Ade Angga akan diganti oleh Oktavio Bintan. Oktavio Bintana merupakan Caleg perolehan suara terbanyak kedua setelah Ade Angga, di Dapil Tanjungpinang Barat, pada Pileg 2019 lalu.

“Saya berterima kasih atas pemilihan ini. Dan berharap, Pak Endang amanah dalam menjalankan tugas sebagai Wakil Wali Kota Tanjungpinang ke depan,” kata Ade Angga yang dikabarkan bakal kembali ke dunia pengusaha. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here