banner 728x90
Gubernur Kepri H Ansar Ahmad turut hadir dalam penyambutan PMI dari Malaysia saat tiba di Batam, baru-baru ini.

146 PMI dari Malaysia Pulang ke Indonesia Lewat Tanjungpinang, Siang Ini

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Sebanyak 146 Pekerja Imigran Indonesia (PMI) dari Malaysia pulang ke Indonesia lewat Tanjungpinang, Selasa (11/5/2021) siang ini. PMI bakal disambut langsung oleh Gubernur Kepri H Ansar Ahmad di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Setiba di Tanjungpinang, 146 PMI akan dibawa ke rumah perlindungan trauma center (RPCT) di Senggarang, dan ke Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Jalan Nusantara KM 11 Tanjungpinang. Kedatangan dan penyambutan PMI dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga :  Bupati Bintan Sebut RDTR Perkotaan Kijang Terdiri dari Empat SWP

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri Arif Fadillah mengatakan, dari 146 PMI tersebut sebanyak 116 dibawa ke RPTC dan 30 orang PMI ke BP2MI.

“Mereka akan kita jemput dengan bus khusus dan dibawa ke tempat penampungan. Penangan standart PMI tetap kita jalankan untuk antisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan termasuk masalah pencegahan Covid 19,” kata Arif Fadilah.

Para PMI yang datang melalui pintu Pelabuhan SBP Tanjungpinang tersebut diberangkatkan dari Pelabuhan Pasir Gudang Johor, Malaysia, dengan kapal MV Citra Indah 99 dan diperkirakan tiba di Tanjungpinang pada pukul 14.15 WIB.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Mendukung Implementasi Tiket Elektronik Pelayaran, Sempat Bahas Pelabuhan Tikus dengan KSOP

“Direncanakan Pak Gubernur akan menyambut kedatangan PMI tersebut. Pak Gubernur ingin memastikan mereka ditangani dengan baik,” jelasnya.

Sebelum dibawa ke RPTC dan BP2MI, para PMI akan dilakukan pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan PCR, pasport dan barang bawaan.

“Pemeriksaan PCR untuk memastikan apakah mereka terpapar Covid atau tidak. Sesuai arahan Pak Gub, kalau ditemukan ada yang positif Covid maka akan langsung dilakukan perawatan dan isolasi di RSKI Pulau Galang,” jelasnya.

Penanganan khusus bagi PMI, katanya, untuk mencegah agar pemulangan PMI tidak memunculkan klaster baru penyebaran Covid 19 di Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Laksma Ardiansyah Kabinda Kepri yang Baru, Menggantikan Brigjen Riza Celvian Gumay

“Tim medis, Satgas dan pihak terkait kita kerahkan agar penanganan pemulangan 146 PMI dari Malaysia ke Tanah Air lewat Tanjungpinang ini berjalan dengan baik,” pungkasnya. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *