banner 728x90
Menhub RI Budi Karya Sumadi berdialog dengan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru tiba dari Malaysia-Singapura, di pelabuhan Batam Centre, Batam, Kepri, Sabtu (1/5/2021).

Kemenhub Menyiapkan Transportasi untuk Pemulangan PMI dari Batam ke Kampung Halaman

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Kementerian Perhubungan RI menyiapkan tranportasi udara dan angkutan laut untuk pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI), dari Batam ke kampung halaman atau daerah tujuan. Selain transportasi laut yang telah disediakan selama ini, pemerintah juga menyediakan transportasi udara.

Kebijakan ini disiapkan Kemenhub, guna mengantisipasi semakin banyaknya PMI yang kembali ke tanah air. Langkah ini juga diharapkan memepercepat para PMI dari Malaysia dan Singapura yang tiba di Batam, agar tiba ke daerah tujuan di kampung halamannya.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi usai meninjau secara langsung kedatangan PMI di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam, Sabtu (1/5/2021).

Baca Juga :  92,2 Persen Masyarakat Kepri Belum Divaksin

Menurut Menhub Budi, ke depan, arus kedatangan PMI dari Malaysia dan Singapura ke tanah air via Batam (Kepri), akan terus meningkat. Karena itu, perlu diambil langkah cepat. Mekanismenya, bagi mereka yang secara ekonomi mampu, diarahkan untuk menggunakan jalur udara. Jadwal dan waktu keberangkatan, akan dikoordinasikan khusus dengan pihak terkait.

Adapun yang tetap memilih menggunakan tranportasi laut, tetap disediakan kapal bersubsidi khusus. Para pekerja ini tetap dibantu sedemikian rupa, untuk bisa kembali ke daerah tujuannya.

“Mudah-mudahan langkah ini, akan membantu tim Satgas di daerah, untuk bisa segera memulangkan suadara-saudara kita sampai ke tempat tujuan. Tentu, setelah mereka menjalani serangkain aturan sampai mereka dinyatakan sehat, dan bisa segera kita pulangkan,” tegas Menhub.

Baca Juga :  Perampok Berlagak Anggota Polisi dengan Senjata Api Ditangkap Polda Kepri

Menhub Budi Karya Sumadi pada kesempatan tersebut juga memuji langkah yang dilakukan Satgas Khusus pemulangan PMI, yang dinilainya telah bekerja sesuai dengan prosedur.

“Saya sangat bangga,” ucapnya.

Didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Menhub juga melihat kedatangan langsung PMI yang baru tiba dari Malaysia dan Singapura. Para PMI ini selanjutnya antre berdiri secara tertib, sesuai batas garis kuning dan menjaga jarak 1 meter.

Satu per satu pekerja migran mencuci tangan. Selanjutnya masuk ke ruang tunggu khusus, dan dilakukan pengecekan kesehatan. Usai menjalani tes kesehatan, para PMI ini diarahkan menuju tempat karantina.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Begini Pesan Mendagri

Hadir juga pada kesempatan tersebut Kapolda Kepri Irjend Pol Aris Budiman, Komandan Korem 033 Wira Pratama Brigjend TNI Jimmy Ramoz Manalu, sekaligus Ketua Satgas Khusus Covid-19 Daerah Perlintasan, dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *