Beranda All News Presiden Jokowi Melantik Menteri Investasi/Kepala BKPM, Mendikbudristek, dan Kepala BRIN

Presiden Jokowi Melantik Menteri Investasi/Kepala BKPM, Mendikbudristek, dan Kepala BRIN

0
Presiden RI Jokowi melantik Menteri Investasi/Kepala BKPM, Mendikbudristek dan Kepala BRIN, di Jakarta, Rabu (28/4/2021) sore.

JAKARTA (suaraserumpun) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Selain itu, Presiden juga melantik Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021) sore.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 72/P Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 28 April 2021, tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Baca Juga :  Tren Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Golkar Kepri Apresiasi buat Airlangga Hartarto

Selanjutnya, Presiden Jokowi melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sebelumnya dijabat oleh Bambang Brodjonegoro.

Pelantikan ini berdasarkan Keppres Nomor 19/M Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta, pada 28 April 2021, tentang Pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Usai pembacaan Keppres, dilakukan pengambilan sumpah jabatan kepada masing-masing pejabat yang dilantik di hadapan Presiden Jokowi dan disaksikan rohaniwan.

Pada pelantikan ini, Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

Baca Juga :  Manc City Memenangi Drama Tujuh Gol di Kandang Newcastle, Ferran Torres Mantul

Melalui akun Instagram jokowi, Presiden Jokowi menjelaskan, mungkin banyak orang yang menunggu-nunggu kabar tentang reshuffle.

“Apa pun namanya, hari ini (Rabu), saya melantik dua menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 serta satu kepala lembaga pemerintah nonkementerian,” tulis Jokowi.

Presiden melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pelantikan ini dilaksanakan setelah DPR menyetujui penggabungan Kementeristek dan Kemendikbud, serta pembentukan Kementerian Investasi.

Baca Juga :  Kejati Kepri Buka Layanan Vaksinasi bagi Lansia dan Pralansia hingga 8 Agustus

“Selain itu, Saya juga mengangkat Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), lembaga yang dibentuk untuk menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang lebih baik di Indonesia,” sambungnya.

Selain menteri, Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Prof Indriyanto Seno Adji yang hari ini (Rabu) mengucapkan sumpah jabatan sebagai Anggota Dewan Pengawas KPK di Jakarta. Prof Indriyanto Seno Adji menggantikan Artidjo Alkostar yang berpulang, beberapa waktu lalu. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here