Beranda All News Nama-nama Pemain di Liga Inggris yang Berpuasa, Berikut Profil Singkatnya

Nama-nama Pemain di Liga Inggris yang Berpuasa, Berikut Profil Singkatnya

0
Kurt Zouma pemain Muslim yang menjadi andalan Chelsea di lini belakang. Kurt Zouma selalu berdoa, taat salat dan berpuasa.

LONDON (suaraserumpun) – Sejumlah pemain di Liga Inggris terlihat gembira menyambut Ramadan 1442 hijriah. Berikut ini profil singkat dan nama-nama pemain di Liga Inggris (Premier League) yang berpuasa di bulan Ramadan.

Beberapa pesepakbola di Liga Inggris beragama Islam. Lewat media sosial seperti Instagram, mereka berlomba-lomba mengucapkan selamat memasuki bulan Ramadan. Tatkala pertandingan dilaksanakan di sore atau siang hari, mereka tak jarang dalam kondisi berpuasa. Begitu juga dalam menjalankan latihan, ada yang melakukannya pada waktu subuh.

Mereka di antaranya seperti Sadio Mane, Xherdan Shaqiri, dan Mohamed Salah (Liverpool), Paul Pogba (Manchester United), N’Golo Kante dan Kurt Zouma (Chelsea), Mohamed Elneny (Arsenal), Riyad Mahrez dan Ilkay Gundogan (Manchester City). Sederet nama lainnya juga merupakan pemain Muslim. Berikut profil singkatnya yang dirangkum suaraserumpun.com dari beberapa sumber.

1. Kurt Zouma

Kurt Zouma adalah pesepakbola Muslim asal Perancis yang sudah kaya pengalaman di Liga Inggris. Setiap menjelang pertandingan, pemain asal Perancis tersebut selalu berdoa. Bukan untuk dirinya sendiri, tapi juga orang lain.

Kurt Zouma melalui akun Instagramnya mengucapkan selamat datang (menyambut) Bulan Suci Ramadan 1442 hijriah.

Zouma pernah memperkuat Stoke City hingga Everton. Namun, pada Liga Inggris 2020-2021 dia kembali memperkuat Chelsea dan menjadi andalan The Blues di lini belakang. Pemain 26 tahun ini merupakan sosok yang selalu bersyukur. Dia juga selalu berdoa meminta perlindungan kepada Allah SWT setiap memulai pertandingan.

“Setiap sebelum pertandingan, saya akan selalu berdoa. Saya meminta kepada Allah SWT untuk melindungi saya dari kemungkinan cedera dan bermain bagus,” kata Zouma dalam sebuah wawancara dengan Sport Magazine.

“Saya juga berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan keselamatan kepada semua orang di stadion,” tambahnya.

Kini, Kurt Zouma sama seperti umat Muslim di dunia, menjalani ibadah puasa selama Ramadan. Melalui akun Instagramnya (kurtzouma), dia mengunggah gambar masjid Ramadan Kareem. Kemudian, dia menuliskan Ramadan Mubarak to all muslim in the world May Allah bless dan protect your families.

2. Sadio Mane

Ibadah puasa Ramadan tahun ini akan terasa berbeda bagi Sadio Mane. Pasalnya, striker Liverpool itu akan menjalankannya saat kompetisi Liga Inggris tengah ditangguhkan lantaran pandemi Covid-19.

Sadio Mane.

Sadio Mane adalah muslim yang taat. Ia tetap menjalankan puasa Ramadan meski dihadapkan dengan jadwal kompetisi yang padat dan menguras tenaga.

Sadio Mane tetap berpuasa ketika menghadapi Barcelona di semifinal leg kedua Liga Champions pada Ramadan tahun lalu. Begitu juga di laga final, saat Liverpool bertemu Tottenham Hotspur.

Baca Juga :  Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan Terima Penghargaan dari Wapres RI

Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengungkapkan Mane tak pernah bermasalah dengan kebugarannya meski berpuasa.

“Saya tidak bisa mengatakan Mane puasa atau tidak, itu pilihan dan privasi dia. Kami menghormati pilihannya,” ucapnya.

Meski jauh dari kampung halamannya, Sadio Mane tidak pernah kesepiaan ketika menjalankan puasa Ramadan di Liverpool. Dia pernah mengundang imam masjid Liverpool untuk berbuka puasa bersama di rumahnya. Selain taat beribadah, ia dikenal sangat rajin menambah jadwal latihan.

“Saya tak suka alkohol, agama sangat penting, saya sangat menghormati aturan Islam,” ujar Sadio Mane.

Sadio Mane, juga menyambut bulan puasa tahun ini, dia mengunggah foto mengenakan busana muslim warna putih dalam akun media sosial miliknya.

“Semoga Allah menerima doa, puasa, dan mengampuni seluruh umat!” tulis gelandang sayap untuk Liverpool itu.

3. Paul Pogba

Dilansir dari Sportskeeda, Selasa (13/4/2021), gelandang Manchester United, Paul Pogba, sebagai pesepakbola muslim dengan gaji tertinggi di dunia. Pesepakbola asal Perancis ini merupakan salah satu pemain yang menerima pendapatan fantastis di Inggris. Dia menerima bayaran 19 juta euro atau setara Rp331 miliar (kurs Rp17.425 per euro) per musim.

Paul Pogba.

Gelandang Manchester United ini selalu bangga dengan statusnya sebagai seorang Muslim. Meski status itu tak ia dapatkan dari lahir. Islam memang bukan agama pertama yang Pogba anut dalam hidupnya. Meski lahir dari rahim seorang ibu yang beragama Muslim, ia harus melalui perjalanan panjang untuk menjadi seorang mualaf.

Di umur yang masih 20 tahun (Pogba memutuskan menjadi mualaf pada 2013), Pogba remaja akhirnya mantap menyerahkan sisa hidupnya pada ajaran Nabi Muhammad SAW ini. Pada satu momen Pogba tengah bersama teman-temannya yang beragama muslim. Ia merasa penasaran atas apa yang biasa dilakukan temannya untuk beribadah kepada Tuhannya.

Selain rajin beribadah umrah, gelandang Manchester United (MU) ini juga memilih tetap berpuasa. Saat pandemi Covid-19 mulai menimpa dunia, melalui akun Twitter Pogba mengajak semua umat Muslim beribadah di rumah.

4. Mohamed Salah

Siapa tak kenal striker asal Mesir ini. Selebrasi gol dengan bersujud menjadi salah satu indikasi dirinya adalah Muslim yang taat. Hal itu juga dibuktikan oleh konsistensi Salah dalam berpuasa selama bulan Ramadhan walaupun harus membela Liverpool di siang hari.

Mohamed Salah.

Winger Liverpool, Mohamed Salah mengucapkan selamat menyambut Ramadan sambil mengunggah foto dirinya di Twitter, Selasa (13/4/2021). Dalam foto tersebut, Mohamed Salah menggunakan piyama warna hitam, berfoto dengan latar belakang dekorasi bintang dan bulan sabit lengkap dengan lampu hias, serta karpet khas Mesir, negara kelahirannya.

Baca Juga :  Wagub Kepri: Semoga RUU Daerah Kepulauan Disahkan Tahun Ini

Bagi Salah, puasa bukan menjadi kendala untuk menjalankan kompetisi di Liga Inggris. Saat pertandingan sore, Mo Salah selalu berpuasa. Penampilannya tidak menurun. Di luar pertandingan, Salah selalu menjalani latihan pada waktu subuh, usai sahur dan salat subuh.

5. N’Golo Kante

N’Golo Kanté adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Perancis yang bermain untuk klub Chelsea. Biasa bermain pada posisi gelandang bertahan. Kante memulai karier juniornya di klub Boulogne. Sempat pindah ke Caen dan Leicester City sebelum bergabung dengan Chelsea pada tahun 2016.

N’Golo Kante.

N’Golo Kante salah satu pemain di Liga Inggris yang mempunyai sikap religius tinggi. Bahkan segala kewajiban yang dianjurkan agama Islam tidak pernah ditinggalkan. Tidak berhenti di situ saja, tanah suci (Mekah) juga menjadi tempat favoritnya untuk beribadah.

Seperti salah satunya pada saat bulan Ramadan beberapa waktu lalu, ia mengunjungi Mekah dan Madinah untuk umrah. Sikap religius juga ditunjukkan dengan menolak meminum-minuman keras. Kini, N’Golo Kante bakal menjalani ibadah puasa Ramadan, di tengah kompetisi Liga Inggris berjalan.

6. Xherdan Shaqiri

Xherdan shaqiri, pemain yang satu ini merupakan salah satu pemain swiss yang berlaga di piala dunia 2018. Dia dikenal dengan akselerasi dribble-nya yang cepat dan juga tendangan kaki kirinya yang keras dan akurat.

Xherdan Shaqiri.

Pada ajang piala dunia 2018 lalu, Xherdan Shaqiri berhasil menunjukan performa terbaiknya dengan catatan 1 gol dan 1 assist dalam 4 laga yang mengantarkan Swiss ke babak 16 besar piala dunia 2018.

Sejak itulah Xherdan Shaqiri mendapatkan banyak perhatian klub sepak bola eropa. Setelah sering kali dirumorkan, akhirnya kejelasan saga transfer Xherdan Shaqiri terwujud. Shaqiri menerima pinangan Liverpool dengan kontrak 5 tahun. Xherdan Shaqiri merupakan pemain sepak bola yang lahir di Kota Gjilan, SFR Yugoslavia. Walaupun lahir di Yugoslavia, Xherdan Shaqiri memiliki 2 status kewarganegaraan yaitu kosovo dan swiss.

Xherdan Shaqiri lahir 10 Oktober 1991 di Gjilan. Dia beragama Islam yang taat salat dan menunaikan ibadah puasa. Striker dan winger kiri ini memiliki tinggi badan 169 centimeter. Dia pun selalu menjadi pemain yang membikin kejutan bagi Juergen Klopp.

7. Mohamed Elneny

Mohamed Naser Elsayed Elneny adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Mesir yang bermain untuk klub Besiktas sebagai pemain pinjaman dari Arsenal. Pemain Muslim yang satu ini selalu menjadi andalan pada posisi gelandang.

Mohamed Elneny.

Elneny sebelumnya bermain untuk Basel sejak tahun 2013, sebelum kemudian pindah ke Arsenal pada tahun 2016. Namun, Mohamed Elneny tetaplah aset Arsenal yang dikenal taat menjalankan perintah Allah SWT. Tak terkecuali, menjalankan puasa selama Ramadan tahun ini.

Baca Juga :  Wella Mayangsari Ketua PKK Kuansing Kembangkan Kain Batik Bermotif Harimau Sumatera, Begini Mitosnya

8. Riyad Mahrez

Kecepatan seorang pemain yang dipadukan dengan kemampuan melewati pertahanan lawan merupakan jati diri bagi seorang Riyad Mahrez. Pemain muslim ini bagian penting kesuksesan City sejak tiba di Etihad dari Leicester City.

Riyad Mahrez.

Pemain Muslim berkebangsaan Aljazair itu dibeli City pada musim panas 2018 dari Leicester. Pemain 29 tahun tersebut telah mempersembahkan lima gelar untuk tim rival sekota Manchester United itu, yakni satu gelar Liga Primer Inggris, satu Piala FA, dua Piala Carling, dan satu trofi Community Shield.

Nah, saat ini, Riyad Mahrez sedang bergembira menyambut Bulan Suci Ramadan 1442 hijriah. Mahrez dilahirkan di Sarcelles, Perancis dari pasangan Muslim, Ahmed Mahrez asal Aljazair dan Halima Mahrez asal Maroko.

Sejak kematian sang ayah, Mahrez sadar tentang banyak hal. Ia pun mengambil lebih banyak peran setelah itu. Bisa dikatakan ini menjadi titik balik dalam kehidupan Mahrez. Ia mulai lebih bersungguh-sungguh dalam beribadah dan berkarier di lapangan hijau. Anak kedua dari empat bersaudara ini tak pernah meninggalkan salat dan puasa.

9. Ilkay Gundogan

Musim ini bisa dibilang menjadi musim terbaik Ilkay Gundogan bersama Manchester City. Bagaimana tidak, gelandang asal Jerman itu tercatat sudah mencetak 16 gol bagi The Citizens.

Ilkay Gundogan.

Manajer City, Pep Guardiola kerap memberikan pujian kepada Gundogan. Ia menyebut gelandang 30 tahun itu sebagai salah satu pemain paling cerdas yang pernah ia latih di sepanjang kariernya.

Selain sembilan nama pemain beragama Muslim yang bakal menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadan ini, masih ada lainnya yang menjalani debut di Liga Inggris. Sebut saja seperti Edouard Mendy (Chelsea), Serge Aurier (Tottenham), Ozak Kabak (Liverpool), Benjamin Mendy (Manchester City).

Selain itu tercatat nama Antonio Rudiger (Chelsea), Caglar Soyuncu (Leicester), Naby Keita (Liverpool), Adama Traore (Wolverhampton) dan Hakim Ziyech (Chelsea). Ini lah sederat nama pemain Muslim di Liga Inggris yang bakal menjalani puasa di Bulan Suci Ramadan 1442 hijriah. Anda salut? Ikuti ketaatan mereka kepada Allah SWT. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here