banner 728x90
Rombongan Gubernur Kepri meninjau stok dan harga bahan pangan di Pasar Bintan Center, Jumat (2/4/2021).

Empat Bulan ke Depan, Stok Beras di Kepri Aman

Komentar
X
Bagikan

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Pemerintah Provinsi Kepri memastikan, stok beras masih aman untuk empat bulan ke depan. Hal itu disampaikan Gubernur H Ansar Ahmad usai meninjau stok dan harga bahan pokok di sejumlah lokasi di Tanjungpinang.

Sebelum peninjauan stok beras ke gudang Bulog, rombongan Gubernur Kepri meninjauan harga bahan pokok di Pasar Bintan Center, Gudang Bulog, dan Pasar Baru Jalan Pos.

“Pengecekan hari ini kita lakukan untuk mengantisipasi datangnya bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya kalau bulan puasa harga bahan pangan jadi mudah sekali bergejolak dan tadi kita lihat kalau fluktuasi harganya tidak terlalu melonjak,” kata Ansar Ahmad di Pasar Bintan Centre, Tanjungpinang, Jumat (4/4/2021).

Ke depan dalam rencananya menjaga stabilitas harga-harga bahan pangan di Provinsi Kepri, Ansar Ahmad berupaya agar komoditas-komoditas yang biasanya mempunyai pola pergerakan harga yang fluktuatif dihasilkan sendiri dari dalam daerah Kepri.

Baca Juga :  Setelah Mengajukan Permintaan Khusus ke Presiden, Gubernur Kepri Dipanggil Menteri PUPR Secara Mendadak

“Kita akan pelajari nanti komoditi-komoditi yang bisa kita hasilkan di daerah, kita dorong melalui kebijakan-kebijakan sektoral di provinsi maupun kabupaten/kota seperti komoditi cabe, mungkin bawang, dan komoditas lainnya,” lanjutnya.

Selain mengecek kestabilan harga pangan, Ansar Ahmad juga meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di pasar. Terutama setelah Satgas Kerumunan Covid-19 yang dibentuk Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan TNI-Polri. Gubernur Kepri melihat sendiri Satgas yang bertugas efektif, dari tanggal 1 April kemarin mampu membuat masyarakat yang berbelanja di pasar, mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker. Gubernur Ansar Ahmad pun membagikan masker-masker kain yang dibawanya ke pedagang pasar.

Gubernur dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ahmad Izhar berdialog dengan pedagang soal stok daging jelang Ramadan.

“Tadi sudah saya lihat mudah-mudahan bukan karena ada kita di sini hampir semua sudah menggunakan masker. Satu dua orang masih ada yang kita tegur makanya satgas Covid yang kita tempatkan disana bisa mengontrol setiap saat. Bila perlu mereka pakai toa berkeliling mengingatkan terus jaga protokol kesehatan,” jelasnya.

Baca Juga :  Turis Korea Menggunakan Penerbangan Carter ke Batam dan Bintan, Gubernur Kepri: Yes!

Selanjutnya, rombongan Gubernur Kepri bergerak menuju gudang Bulog Tanjungpinang di Km 5, Tanjungpinang. Gubernur Ansar disambut langsung oleh Kepala Bulog Tanjungpinang Parluhutan Siregar. Gubernur mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh Kabulog, bahwa stok beras yang dimilki oleh Bulog akan cukup untuk memetuhi kebutuhan sampai dengan empat bulan ke depan.

“Saya datang untuk memastikan kalau di gudang Bulog memang ada stok beras untuk masyarakat. Beras ini nanti akan kita gunakan untuk gelar operasi pasar apabila memang nanti harga beras di bulan puasa melonjak naik. Kita sudah ada antisipasinya,” sebut Ansar Ahmad.

Untuk diketahui saat ini total beras yang ada di gudang Bulog yang tersebar di Tanjungpinang, Anambas, Natuna, dan Lingga mencapai 2.800 ton. Penyaluran beras yang didistribusikan Bulog sendiri dalam satu bulan mencapai 300 ton. Artinya Bulog menjamin jika bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri nanti kebutuhan beras bisa tersedia.

Baca Juga :  Khairul: Tolong Bantu Kami Masyarakat Rempang dan Pesisir Bu Cen Sui Lan

Agenda peninjauan harga bahan pokok ini diakhiri di Pasar Baru, Gubernur Ansar berkeliling hampir ke semua kios yang ada di pasar. Mulai dari pedagang beras, bawang, maupun pedagang ikan dan daging. Di sela-sela peninjauan tersebut, Gubernur Ansar menyempatkan diri berdialog dengan para pedagang, terkait harga dan stok barang menjelang bulan puasa.

Turut mendampingi Gubernur Kepri dalam peninjauan itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan Ahmad Izhar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Burhanuddin, Kasatpol PP Teddy Mar, Kepala Dinas Kesehatan M Bisri, dan Plt Karo Humprohub Zulkifli. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *