Beranda All News Ansar Ahmad Membuka STQ Tanjungpinang, Penilaian Menggunakan SIP-MTQ

Ansar Ahmad Membuka STQ Tanjungpinang, Penilaian Menggunakan SIP-MTQ

0
Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad, pada pembukaan STQ ke-XV Kota Tanjungpinang, Minggu (28/3/2021) malam.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Gubernur H Ansar Ahmad membuka secara resmi penyelenggaraan STQ Kota Tanjungpinang, Minggu (28/3/2021) malam. Sedangkan STQ tingkat Provinsi Kepri akan digelar Juli 2021 mendatang.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri mengatakan, cara terbaik bagi umat muslim dalam menghadapi berbagai masalah adalah menerapkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan ini juga akan memperkokok iman dan taqwa.

“Alquran adalah pegangan hidup, way of life umat muslim. Agar kita dapat terhindar dari paham-paham yang dapat memecah belah umat,” kata Ansar saat pembukaan STQ ke-XV Tanjungpinang di Arena Utama Pelataran Taman Gurindam 12 Tugu Sirih Emas Tanjungpinang.

Ansar Ahmad menyampaikan, MTQ ke-XV Kota Tanjungpinang tahun 2021 ini merupakan rangkaian MTQ yang dilaksanakan mulai tingkat kelurahan, kecamatan, hingga ke tingkat Kota Tanjungpinang. Pada Bulan Juli akan diselenggarakan STQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau dan hasilnya akan diikutsertakan pada STQ tingkat nasional di Provinsi Maluku Utara, pada bulan Oktober nanti.

Baca Juga :  Bupati Anambas Ajak Ansar Meninjau Proyek Jalan Selayang Pandang II Senilai Rp72,6 Miliar

“Saya berharap hasil MTQ di Kota Tanjungpinang ini mampu menghasilkan qari dan qariah, hafiz dan hafizah terbaik yang nanti akan kita perlombakan di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional,” kata Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad mengapresiasi Pemko Tanjungpinang, yang tetap menggelar MTQ di masa pandemi Covid-19. Dia mengingatkan kepada panitia pelaksana dan seluruh warga masyarakat agar tetap menerapkan prinsip-prinsip protokol kesehatan dengan baik, dan ketat dalam pelaksanaan MTQ ini. Mulai dari pembukaan sampai akhir pelaksanaannya.

Pada acara pembukaan ini juga disejalankan dengan penandatanganan MoU penggunaan Sistem Informasi Penilaian MTQ (SIP-MTQ) antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“SIPMTQ adalah sumbangsih Pemprov Kepri dan saya kembali mengapresiasi Pemko Tanjungpinang. Karena Tanjungpinang merupakan pemerintah kota/kabupaten pertama di Kepri yang menggunakan aplikasi ini. SIPMTQ ini sangat berguna dalam rangka memberikan penilaian yang objektif, karena penilaian dapat langsung dilihat melalui website secara terbuka dan realtime,” tutup Gubernur Ansar.

Baca Juga :  Masa Jabatan Hamid Rizal Berakhir, Gubernur Tunjuk Hendra Kusuma sebagai Plh Bupati Natuna

Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Ansar dan para undangan yang hadir di tengah-tengah jadwal kesibukan.

“Perhelatan MTQ ini juga merupakan ajang silaturahmi, dan saya sangat bersyukur MTQ yang merupakan agenda tahunan rutin, dapat tetap dilaksanakan di tahun ini, di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Tahma juga berpesan kepada para peserta bahwa tujuan utama ajang ini adalah silaturahmi dan persaudaraan. Meski berlomba, semua tetap bersaudara.

“Hakim sesungguhnya adalah Allah SWT dan juara sesungguhnya adalah siapa yang paling bertaqwa,” pesan Rahma.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Tanjungpinang Thamrin Dahlan selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa MTQ XV Kota Tanjungpinang akan dilaksanakan dari tanggal 28 Maret sampai 1 April 2021.

Baca Juga :  Era Isdianto, Belanja Pemprov Kepri Mencapai Rp3,855 Triliun di Tahun 2020

“Cabang yang diperlombakan antara lain tilawah Alquran, hafidz Alquran, dan musabaqah hadis. Selain itu ada kegiatan pendukung lain seperti seni kasidah dan marawis. Pesertanya utusan dari 4 kecamatan yaitu Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang Barat, dan Bukit Bestari,” katanya.

Turut menghadiri acara tersebut Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari, Sekretaris Daerah Kepri H TS Arif Fadilah, Asisten I Pemprov Kepri Juramadi Esram, Staf Ahli Gubernur Bidang Kesra Mahadi Rahman, para Kepala OPD Pemprov Kepri, Kakanwil Kemenag Kepri, Ketua LAM Kepri, Ketua MUI Kepri, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, para Kepala OPD Kota Tanjungpinang, Forkopimda Kota Tanjungpinang, camat, lurah se-Kota Tanjungpinang, dan alim ulama, tokoh agama, serta tokoh masyarakat. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here