banner 728x90
Pramugari dan pilot maskapai penerbangan Batik Air dari Jakarta tiba di Tanjungpinang, pada penerbangan perdana, Kamis (18/3/2021).

Terbang Bersama Batik Air, Gratis Rapid Antigen dari Jakarta ke Batam dan Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

JAKARTA (suaraserumpun) – Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyediakan penambahan gratis untuk uji kesehatan Rapid test antigen Covid-19, pada rute tertentu penerbangan berjadwal domestik Lion Air. Termasuk terbang bersama Batik Air, gratis Rapid test antigen dari Jakarta ke Batam dan Tanjungpinang, sekali jalan.

Kebijakan Lion Air ini mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan udara. Mendorong tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air dalam mengoperasikan layanan, yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan penerbangan. Dan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Fasilitas layanan Lion Air terbaru ini mulai efektif, Sabtu (20/3/2021) kemarin, hingga pemberitahuan lebih lanjut. Khusus keberangkatan atau berlaku sekali jalan (one way), dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK), ke 14 kota. Yaitu tujuan Bengkulu Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu (BKS). Tujuan Jambi, Bandara Sultan Thaha Saifuddin, Jambi (DJB).

Kemudian tujuan Batam (Kepri) Bandara Internasional Hang Nadim, Batu Besar, Pulau Batam, Kepulauan Riau (BTH). Tujuan Tanjungpinang, Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF), Pulau Bintan, Kepulauan Riau (TNJ). Tanjung Karang, Bandara Internasional Radin Inten II, Branti, Lampung (TKG).

Tanjung Pandan, Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung (TJQ). Semarang, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Jawa Tengah (SRG). Solo, Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah (SOC). Yogyakarta, Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulongprogo (YIA). Lombok, Bandar Udara Internasional Zainudin Abdul Madjid, Lombok Praya, Nusa Tenggara Barat (LOP).

Termasuk tujuan Palangkaraya, Bandar Udara Tjilik Riwut, Pahandut, Kalimantan Tengah (PKY). Tarakan, Bandar Udara Internasional Juwata, Kalimantan Utara (TRK). Makassar, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanudin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG). Dan terakhir Kendari, Bandar Udara Haluoleo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (KDI).

Baca Juga :  Surat Terbuka Suyono Saeran Buat 'Tuan Presiden'

Corporate Communications Strategic (Humas) Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menerangkan, ketentuan pelaksanaan ‘gratis’ Rapid Test Antigen Covid-19 ini sebagai berikut. Pertama, khusus calon penumpang yang mempunyai tiket penerbangan Lion Air pada periode pemesanan mulai 20 Maret 2021 dan seterusnya. Periode penerbangan mulai 20 Maret 2021 dan seterusnya. Kedua, wajib memiliki voucher Rapid Test Antigen Covid-19.

Ketiga, proses mendapatkan voucher Rapid Test Antigen Covid-19, bersamaan ketika melakukan pembelian atau pemesanan tiket (issued ticket), mulai 20 Maret 2021 dan seterusnya. Bisa secara online di www.lionair.co.id, online travel agent dan call center. Harus memilih menu ‘Layanan Rapid Test’. Proses juga bisa secara offline, yaitu ke kantor penjualan Lion Air, kantor agen mitra perjalanan dan lainnya. Calon penumpang wajib menyampaikan bahwa membutuhkan (ingin memperoleh) voucher Rapid Test Antigen Covid-19.

Keempat, bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air (tiket dipesan dan diterbitkan mulai 20 Maret 2021) dan belum melaksanakan Rapid Test Antigen Covid-19, maka untuk mendapatkan voucher Rapid Test Antigen Covid-19 dengan mengatur pemesanan https://www.lionair.co.id/kelola-pemesanan/rapid-test. Alternatif lain menunjukkan kode pemesanan melalui kantor penjualan Lion Air Group.

Kelima, wajib menunjukkan voucher Rapid Test Antigen Covid-19 saat datang ke fasilitas kesehatan jaringan kerjasama Lion Air. Keenam, pelaksanaan Rapid Test Antigen Covid-19 khusus di jaringan kerjasama Lion Air dengan fasilitas kesehatan (klinik, rumah sakit, laboratorium dan lainnya).

“Penyelenggaraan gratis Rapid Test Antigen Covid-19 sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air, dengan masa berlaku menurut aturan yang telah ditetapkan,” tegas Danang melalui rilis resmi Lion Air yang diterima suaraserumpun.com, Sabtu (20/3/2021).

Ketentuan Penerbangan

Ketentuan penerbangan domestik periode tanggal 9 Februari 2021 hingga pemberitahuan lebih lanjut sesuai dengan (1) Surat Edaran Nomor 19 Tahun 2021 Kementerian Perhubungan tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). (2) Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2021 Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penerbangan perdana Batik Air dari Tanjungpinang ke Jakarta, Jumat (19/3/2021) pagi. Terhitung 20 Maret, gratis Rapid Antigen dari Jakarta ke Batam dan Tanjungpinang.

Dalam upaya mendukung program digitalisasi secara bertahap pada dokumen kesehatan perjalanan udara, setiap penumpang akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan secara elektronik (digital). Dan terintegrasi dengan platform kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (electronic Health Alert Card–eHAC) sebagai salah satu kelengkapan dokumen perjalanan udara.

Baca Juga :  Polres Bintan Menetapkan Tiga Tersangka Kasus Pemalsuan Surat Lahan PT Bintan Property Indo

Sebelum keberangkatan, calon penumpang diharapkan mengunduh (download) aplikasi e-HAC melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple Store atau dapat diakses https://inahac.kemkes.go.id/.

Calon penumpang menerima surat hasil uji kesehatan elektronik dan mendapat QR Code (quick response code) di aplikasi e-HAC. Kode ini adalah barcode dua dimensi yang bisa memberikan informasi secara langsung sesuai data dan hasil tes Covid-19.

Calon penumpang akan menunjukkan barcode (QR code) kepada petugas lembaga terkait yang melakukan verifikasi (pemeriksaan) dokumen uji kesehatan di terminal bandar udara.

Sistem e-HAC dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam hal ini Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Saat kedatangan, penumpang mendaftarkan diri pada aplikasi e-HAC sebelum keberangkatan atau ketika setelah mendarat dengan mengisi semua persyaratan sesuai kolom (form) yang ada/ tertera, berdasarkan data diri serta riwayat secara benar dan tepat.

Setelah tiba di terminal kedatangan bandar udara tujuan, tunjukkan barcode (QR code) pada aplikasi e-HAC kepada petugas kesehatan. Mesin pemindai (scanner) akan membaca dan memeriksa data-data yang sudah isi sebelumnya.

Baca Juga :  Pesan Dewi Kumalasari di Kegiatan Penganekaragaman Pangan dalam Pengembangan B2SA Goes to School

HEPA Filter

Seluruh armada yang dioperasikan Lion Air Group termasuk pesawat modern yang memiliki sistem penyaringan udara (High Efficiency Particulate Air) atau disebut HEPA filter dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar.

Pramugari menyemprotkan disinfektan di kabin Batik Air, dari Lion Air Group.

HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Penyemperotan (disinfektan) dan kebersihan terus dilakukan secara detail meliputi ruang kemudi (flight deck), dapur (galley), kamar kecil (lavatories), ruang kabin (cabin area). Pegangan pembuka rak bagasi kabin (luggage storage bin handle). Ventilasi udara dan call button; sandaran kursi. Penutup tempat duduk (seat covers). Sabuk pengaman (seatbelts). Sandaran kepala tempat duduk (seat headrests). Karpet lantai, jendela dan penutup jendela, hingga fasilitas penumpang lainnya. Termasuk ruang kargo (cargo compartment) dan lainnya.

“Kami (Lion Air grup) juga menyediakan hiburan gratis di penerbangan. Selamat menikmati penerbangan bersama kami di Lion Air grup. Gratis Rapid antigen dari Jakarta menuju 14 kota. Termasuk ke Batam dan Tanjungpinang, Provinsi Kepri,” ujar Danang.

Batik Air

Batik Air, Lion Air Group.

Sebelumnya, Danang menyampaikan, Batik Air grup dari Lion Air membuka penerbangan perdana dari Jakarta ke Tanjungpinang (pulang-pergi). Penerbangan perdana dari Jakarta ke Tanjungpinang dilaksanakan, Kamis (18/3/2021) petang. Kemudian dari Tanjungpinang ke Jakarta, Jumat (19/3/2021) pagi.

“Kami Batik Air menggantikan slot atau jadwal rute penerbangan Sriwijaya sebelumnya. Untuk penerbangan perdana, ada 104 penumpang dari Tanjungpinang menuju Jakarta. Semua berjalan lancar,” sebut Danang menambahkan. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *