banner 728x90
Presiden RI Jokowi menjadi pembicara.

Presiden RI Jokowi Minta Perubahan Program Studi Kurikulum

Komentar
X
Bagikan

JAKARTA (suaraserumpun) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta ada perubahan studi-kurikulum. Hal ini dipicu revolusi industri 4.0 telah mengubah banyak hal, dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Presiden RI Jokowi pun menyebutkan, banyak jenis pekerjaan yang hilang akibat perubahan zaman yang begitu drastis. Hal itu didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi.

Jokowi mengungkapkan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam Sidang Terbuka Senat Akademik DIES Natalis Ke-45 UNS, yang ditayangkan melalui YouTube, Jumat (12/3/2021) pagi.

“Pasar tenaga kerja mengalami perubahan yang sangat drastis, banyak jenis pekerjaan lama yang hilang yang tidak dibutuhkan lagi,” sebutnya.

Baca Juga :  Heboh! Dua Perempuan dan Seorang Bocah Tercebur ke Laut Saat Ingin Masuk Kapal Roro

Atas kondisi tersebut, Jokowi memberi arahan agar dilakukan perubahan program studi, perubahan kurikulum dan perubahan karakter dosen.

Dirinya mengingatkan bahwa revolusi industri 4.0 telah mengubah banyak hal dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurutnya penting untuk melakukan riset untuk menyikapi perubahan.

“Revolusi industri jilid ke-4 telah berbuat banyak ilmu pengetahuan dan teknologi lama menjadi usang. Teori manajemen, organisasi, dan model bisnis juga banyak berubah. Pola komunikasi dan perilaku masyarakat juga banyak berubah. Tentu saja agenda riset pun harus banyak melakukan perubahan-perubahan,” papar Jokowi.

Baca Juga :  Hak Agraria Masyarakat Pesisir di Kepri Belum Terpenuhi, di Batam Malah Bayar UWTO

“Digitalisasi yang dulu sulit diperkenalkan, sekarang semua institusi, semua harus melakukannya,” tambah Jokowi. (SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *