Beranda All News Karang Singa Segera Dibangun Mercusuar, Gubernur Kepri Turut Memonitor

Karang Singa Segera Dibangun Mercusuar, Gubernur Kepri Turut Memonitor

0
Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menyambut kedatangan Kapolri dan Panglima TNI, di Bandara Hang Nadim Batam, pekan lalu. Namun, belum ada pembahasan pembangunan mercusuar dan helipad di Karang Singa.

KEPULAUANRIAU (suaraserumpun) – Karang Singa sebagai daerah perbatasan RI dengan Singapura dan Malaysia, segera dibangun mercusuar dan helipad. Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad menyatakan, pemerintah provinsi turut memonitor pembangunan di Karang Singa tersebut.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan, Pemprov Kepri belum membahas secara khusus pembangunan mercusuar dan helipad di Karang Singa, pada saat kedatangan Kapolri dan Panglima TNI, pekan lalu, ke Batam, pekan lalu.

Namun, pembangunan mercusuar di Karang Singa, itu sudah program prioritas pemerintah pusat, untuk menjaga keutuhan NKRI, di wilayah perbatasan internasional sebelah utara Pulau Bintan. Berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura.

Baca Juga :  Perempatfinal Liga Champions 2020-2021: Ulangan Final Real Madrid Vs Liverpool

April ini, kata Ansar Ahmad, pembangunan mercusuar di Karang Singa sudah dimulai. Dijalankan melalui program Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Kemenkomar Inves). Tapi, pembangunan secara teknis, akan dilakukan pengawasan oleh Pangkogabwilhan dan TNI-Polri.

Pemprov Kepri, lanjut gubernur, akan ikut memonitor pembangunan mercusuar di Karang Singa di perairan Kabupaten Bintan, sebagai wilayah paling terdepan dengan negara tetangga itu.

Selasa (9/3/2021) ini, tim dari Pangkogabwilhan dan Kemenkomar Invest bakal meninjau titik pembangunan mercusuar di Karang Singa.

Baca Juga :  Surat Terbuka Suyono Saeran Buat 'Tuan Presiden'

“Kalau untuk pembangunan helipad di Karang Singa itu, kemungkinan tahun 2022 mendatang. Ya, kita akan turut monitor pembangunan mercusuar dan helipad di Karang Singa itu,” kata Ansar Ahmad.

Kemenkomar Inves

Selasa (9/3/2021) pagi tadi, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengadakan pertemuan dengan rombongan Kemenkomar Inves RI. Pertemuan ini terkait penyerahan empat area labuh jangkar dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

Hadir dalam pertemuan itu Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Maritim dan Investasi Dr Ir Safri Burhanuddin DEA, Penasehat Menteri Bidang Pertahanan dan Keamanan Maritim Laksamana TNI (Pur) Dr Marsetio, Staf Ahli Menko Maritim dan Investasi Bidang Manajemen Konektivitas Dr Sahat Mansor Panggabean, Pangkogab Wilhan I Laksamana Madya TNI I Nyoman Gede Ariawan, Direktur Kenavigasian, Direktur Kepabeananpara serta jajaran OPD di lingkungan Pemprov Kepri. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here