banner 728x90
Ketua PSSI Mochamad Iriawan sepakat menggelar turnamen Piala Menpora 2021, sebagai pramusim Liga 1 dan Liga 2.

Piala Menpora 2021 Jadi Turnamen Pramusim Liga 1 dan Liga 2

Komentar
X
Bagikan

JAKARTA (suaraserumpun) – Sebelum kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 digulir, PSSI dan LIB akan menggelar turnamen pramusim. Ajang pramusim ini diberi tajuk Piala Menpora 2021, dengan peserta sebanyak 20 klub.

Dari 20 klub sebagai peserta itu, sebanyak 18 klub berasal dari kontestan Liga 1 2020. Klub itu adalah Persija Jakarta, PS TIRA Persikabo, Persib Bandung, PSS Sleman, Bhayangkara FC, PSIS Semarang, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Arema FC, Persik Kediri, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Madura United FC, Bali United FC, Barito Putera, Borneo FC, dan Persipura Jayapura.

Baca Juga :  Bagi yang Belum Vaksinasi, Polres Bintan Buka Gerai Presisi

Kemudian, 2 klub lainnya berasal dari klub Liga 2. Yaitu PSMS Medan dan Sriwiaya FC. Penambahan dua klub dari Liga 2 tersebut didasarkan pada asas prestasi dan sporting merit di Liga 2 musim 2019 lalu.

“Kenapa harus turnamen? Kenapa tidak langsung kompetisi? Hasil pertemuan klub Liga 1 dan 2 disepakati kompetisi ini digelar setelah Idul Fitri. Karena itu, untuk mengisi kekosongan dilakukan turnamen prakompetisi,” ujar Mochamad Iriawan, ketua umum PSSI dalam pertemuan virtual dengan stakeholder sepak bola, Kamis (18/2/2021).

“Turnamen prakompetisi ini diharapkan menjadi persiapan menuju SOP disiplin protokol kesehatan. Karena ini belum pernah, sehingga ini harus dilakukan sebelum kompetisi bergulir,” sambung Iriawan.

Baca Juga :  Liga 1 dan Liga 2 Dapat Rekomendasi, Liga 3 Kepri Pun Siap Digulir

Tempat dan Waktu

Turnamen Piala Menpora 2021, rencananya akan digelar pada tanggal 20 Maret hingga 25 April 2021. Turnamen akan menggunakan sistem setengah kompetisi. Sebanyak 20 klub akan dibagi ke dalam 4 grup. Masing-masing grup terdiri dari lima tim. Tim yang menjadi juara dan runner-up grup, berhak lolos ke perempatfinal.

Babak perempatfinal hingga final akan memainkan format sistem gugur, dengan single match (sekali pertandingan). Jika nantinya laga berakhir imbang, akan dimainkan babak ekstra time hingga adu penalti.

Baca Juga :  Jadwal Perempatfinal Piala Menpora 2021, Ada Laga Panas Persib Vs Persebaya

Turnamen Piala Menpora 2021 akan digelar di empat kota yang dipercaya sebagai tuan rumah. Yaitu di Solo, Bandung, Sleman, dan Malang. (SS/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *