Beranda Daerah Pj Gubkepri Minta Percepat Proses Pelantikan Ansar-Marlin

Pj Gubkepri Minta Percepat Proses Pelantikan Ansar-Marlin

0
Pj Gubkepri H Suhajar Diantoro memimpin rapat Forkopimda Provinsi Kepri, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (19/2/2021) petang.

TANJUNGPINANG (suaraserumpun) – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Suhajar Diantoro meminta agar KPU Kepri mempercepat proses pelantikan Ansar-Marlin. Jika perlu, Senin (22/2), hasil penetapan Paslon terpilih sudah diserahkan ke DPRD Provinsi Kepri.

Pernyataan tersebut disampaikan Suhajar Diantoro saat memimpin rapat bersama Forkopimda Provinsi Kepri, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (19/2/2021) petang. Dalam rapat tersebut, Suhajar menyampaikan, ada tiga tugas penting dan tanggung jawab dirinya sebagai Pj Gubernur Kepri. Sampai dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau definitif oleh Presiden RI.

Tugas pertama adalah, berkoordinasi semua unsur terkait untuk bersama mengawal tahapan akhir dari proses Pilkada serentak 2020. Baik di tingkat provinsi (Kepri) maupun kabupaten/kota.

Baca Juga :  Penyelenggaraan Pilkada 2020 Usai, Ini Tugas Baru KPU

Untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 Kepri, Suhajar menyatakan, gugatan pasangan calon Isdianto-Suryani tidak dapat diterima oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga proses pengangkatan gubernur dan wakil gubernur terpilih harus segera diproses.

“Saya harap KPU percepat segera. Kalau bisa, hari Minggu (21/2/2021) ini, pleno penetapan Paslon terpilih. Agar Senin (22/2/2021), dokumen proses pleno itu bisa diserahkan ke DPRD Kepri. Sehingga secepatnya bisa diagendakan untuk paripurna,” tegas Suhajar.

Selanjutnya, usulan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih (Ansar-Marlin) disampaikan ke Presiden RI melalui Mendagri. Untuk diagendakan pelantikan (Ansar-Marlin).

“Begitu juga dengan kabupaten/kota, yang saat ini tidak ada masalah lagi di MK. Juga kita dorong percepat plenonya,” ucap Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kemendagri ini.

Baca Juga :  Balapan Liar Malam Ramadan Finis di Kantor Polsek

Tugas dan tanggung jawab kedua, jelas Suhajar, adalah terkait instruksi Presiden RI untuk penanganan Covid-19. Terutama dalam memastikan kesiapan dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa/kelurahan. Terkait kesiapan rumah sakit, obat serta layanan.

“Ini untuk menyelamatkan rakyat kita yang terserang Covid-19,” tambah mantan Rektor STPDN ini.

Dan yang terakhir, kata Suhajar, mengenai vaksinasi yang sedang berjalan. Suhajar ingin melihat peta vaksinasi di Kepri. Di antaranya proses penyimpanan vaksin, distribusi vaksin hingga proses vaksinasi. Agar berjalan dengan baik dan aman.

Dengan tugas dan tanggungjawab yang diembannya tersebut, Suhajar meminta dukungan dan kerja sama dari Forkopimda Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Opung, Program Jembatan Batam-Bintan Jangan Direcokin

“Semua tugas ini adalah tugas negara yang harus kita kawal bersama. Sesuai dengan tupoksi kita masing-masing. Mari bersama kita jaga kekompakan yang telah ada, serta mewaspadai kerawanan yang mungkin muncul di tengah masyarakat,” demikian disampaikan Suhajar Diantoro.

Rapat ini dihadiri Sekda Kepri TS Arif Fadillah, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Riau Raden Hari Tjahyono, Kepala Staf Kagobwilhan I Syafrudin, Kajati Kepri Hari Setiyono, Danlantamal IV Laksamana Pertama Indarto Budiarto, Danlanud Tanjungpinang Kolonel (Pnb) Andi Wijanarko, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kepri Juramadi Esram serta perwakilan OPD. (DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here