banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menutup kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) bagi 150 CPNS di lingkungan Pemprov Kepri, Selasa (14/12/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Setelah Tiga Bulan, 150 CPNS Pemprov Kepri Dinyatakan Lulus Latsar

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Provinsi Kepri melalui video conference, Selasa (14/12). Setelah tiga bulan menjalani pelatihan tersebut, 150 CPNS Pemprov Kepri dinyatakan lulus Latsar tahun 2021.

Kegiatan ini merupakan puncak dari kegiatan yang dilaksanakan selama lebih kurang 3 bulan, sejak tanggal 10 September sampai dengan 14 Desember 2021. Proses pembelajaran yang dilakukan secara distance learning dikarenakan masih dalam masa pandemi covid 19.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, wajar bila di era otonomi, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melakukan berbagai terobosan dan strategi untuk mempercepat proses peningkatan kinerja aparaturnya. Upaya itu dimulai ketika seorang pelamar yang dinyatakan diterima sebagai CPNS melalui rekruitmen yang fair dan profesional.

“Kemudian dilakukan Pendidikan dan Pelatihan Dasar dengan materi yang tujuan intinya adalah membentuk mental yang mencintai tanah air, bangsa dan negara serta memiliki jiwa mengabdi kepada masyarakat” kata Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Polsek Bintan Timur Mengibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Sentut Menyambut HUT Ke-77 Bhayangkara

Selanjutnya menurut Ansar Ahmad, setelah menjadi PNS/ASN, proses formal yang harus dilalui adalah berbagai macam pelatihan. Baik yang bersifat struktural maupun teknis dan fungsional. Semua itu bertujuan untuk pembentukan PNS/ASN yang memiliki kinerja yang baik sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.

“Dalam konteks peningkatan kinerja PNS/ASN, apapun perkembangan politik, ekonomi, sosial dan budaya yang terjadi jangan sampai menurunkan semangat kita untuk terus berkarya dan membangun daerah,” harap Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri berharap, nantinya para peserta Latsar langsung bisa beradaptasi dengan cepat di tempat kerja baru dan menunjukkan kinerja yang bagus. Pendidikan dan Pelatihan Dasar ini juga dimaksudkan agar peserta siap untuk mengabdi yang juga merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS/ASN.

Baca Juga :  Setelah Diberi Jaring Tenggiri secara Cuma-cuma, Gubernur Kepri: Nelayan Akan Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Proses itu harus diikuti dengan baik dan tekun, sebagai bagian dari pendidikan formal dalam berkarir di lingkungan birokrasi pemerintahan. Rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan ini haruslah dipandang sebagai proses awal saudara memberdayakan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun potensi diri sendiri.

“Sehingga, nantinya saudara siap menjadi abdi masyarakat dan abdi negara yang profesional dalam melayani masyarakat,” pesan Gubernur Kepri.

Kepala Bidang Pengembangan SDM BKPSDM Provinsi Kepri Erlizawati mewakili Kepala BKPSDM selaku Ketua Panitia Pelaksana melaporkan bahwa Peserta Pelatihan Dasar CPNS Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 berjumlah 105 orang peserta.

Dengan rincian, Golongan III berjumlah 80 orang dan Golongan berjumlah 25 orang, dengan peserta laki-laki berjumlah 34 orang dan perempuan berjumlah 71 orang. Kemudian berdasarkan klasifikasi formasi tenaga pendidik berjumlah 62 orang. Tenaga kesehatan berjumlah 24 orang dan tenaga administrasi berjumlah 19 orang.

Baca Juga :  Nelayan Mantang Lama Diminta Mewaspadai Cuaca Ekstrem Saat Ingin Melaut

Erliza menambahkan, tenaga pelatihan pada Latsar CPNS Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021 terdiri dari pejabat struktural lembaga administrasi negara. Pejabat struktural Badan Kepegawaian Negara Regional XII Pekanbaru, dan pejabat struktural Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Selanjutnya Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Widyaiswara BKPSMD Provinsi Kepulauan Riau, serta Widyaiswara BKPSDM Kabupaten Natuna” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut diumumkan juga peserta yang meraih predikat terbaik 5 besar di angkatan I II dan III. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *