banner 728x90
M Yatim Asisten I Setdako Tanjungpinang didampingi Teguh Susanto Kepala Diskominfo Tanjungpinang menutup Jambore Jurnalistik Kota Tanjungpinang tahun 2023 di Hotel Comforta Tanjungpinang, Kamis (9/3/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Jambore Jurnalistik Kota Tanjungpinang Berlanjut, M Yatim: Jangan Terjebak Euforia Medsos pada Pemilu 2024

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Jambore Jurnalistik Kota Tanjungpinang tahun 2023 secara resmi ditutup oleh Asisten I Setdako Tanjungpinang Muhammad Yatim, Kamis (9/3/2023). Muhammad Yatim berpesan kepada wartawan peserta jambore, agar jangan terjebak dengan euforia media sosial (medsos) pada Pemilu serentak 2024, dan jaga profesionalitas pers.

Jambore Jurnalistik Kota Tanjungpinang 2023 sudah selesai digelar, di Hotel Comforta Tannjungpinang. Kegiatan ini bukan untuk pertama dan terakhir kalinya. Program tersebut akan berlanjut untuk waktu atau tahun berikutnya. Namun, ‘kemasan’ kegiatan bakal dilaksanakan di tempat terbuka, guna menampung peserta yang lebih banyak lagi.

Selain pembekalan tentang profesionalisme jurnalis dan sejarah pers di Indonesia, 70 insan pers dari 43 media mengikuti lomba karya tulis jurnalistik serta ramah tamah, dalam rangkaian Jambore Jurnalistik Kota Tanjungpinang. Pada hari terakhir, Kamis (9/3/2023), peserta menjalani kegiatan senam sehat bersama dengan menyediakan pelbagai hadiah hiburan (door prize). Terakhir, pengumuman pemenang lomba karya tulis jurnalistik bagi peserta Jambore Jurnalistik Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Rp10,5 Miliar Dana Aspirasi Cen Sui Lan untuk Pengentasan Miskin Ekstrem di Lingga

Muhammad Yatim pada saat penutupan kegiatan menyampaikan, kegiatan ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi insan pers dan Pemko Tanjungpinang. Terutama meningkatkan kemitraan Diskominfo Kota Tanjungpinang dengan perusahaan pers, serta meningkatkan kualitas dan profesionalisme insan pers.

“Untuk berikutnya atau tahun depan, kegiatan kita laksanakan di tempat terbuka. Bisa di tempat wisata Kota Tanjungpinang, atau kawasan wisata Lagoi (Bintan),” kata Muhammad Yatim mewakili Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma.

Muhammad Yatim menerangkan, sebelum berkembang media sosial dan digital, insan pers bekerja penuh dengan proses. Mulai peliputan di lapangan, mengumpulkan bahan konten, sampai dengan penyajian konten di kantor redaksi. Tapi pada era sekarang, insan pers sudah bersaing dengan media sosial (medsos), yang belum tentu benar atau lengkap informasinya.

“Peran media sosial di era digitalisasi ini, sangat besar pengaruhnya. Justru itu, kawan-kawan insan pers jangan khawatir. Bekerja lah sesuai prinsip jurnalistik, etika dan secara profesional. Sehingga, media pers tetap menjadi sarana penyambung informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat,” pesan Muhammad Yatim.

Baca Juga :  Bandar Udara Natuna Dapat Bantuan Miliaran Rupiah dari World Bank

Dalam waktu dekat ini, tambah Muhammad Yatim, akan dilaksanakan Pemilu serentak 2024. Tahapan atau proses Pemilu 2024 ini sudah berjalan. Baru-baru ini, Pemko Tanjungpinang bersama pemangku kepentingan, menggelar Kirab Pemilu 2024 tingkat nasional, dengan menyosialisasikan bendera dan partai politik sebagai peserta Pemilu 2024.

“Dalam Pemilu 2024 ini, peran media pers sangat diperlukan. Untuk menyampaikan informasi-informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Kawan-kawan media pers dan kita semua, jangan terpancing dengan berita-berita di media sosial yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” harapnya.

Justru itu, pesan Muhammad Yatim, insan pers jangan mencomot atau mengambil informasi dari media sosial yang belum bisa dipertanggungjawabkan. Tapi, insan pers diharapkan menjalankan tugas jurnalistik secara profesional. Sehingga, informasi akurat yang disampaikan dari media pers, menjadi hal yang utama dari masyarakat.

“Kawan-kawan pers, bantu pemerintah untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu serentak 2024, melalui penyampaian informasi yang akurat dan benar. Pileg dan Pilpres itu 14 Februari 2024. Untuk Pilkada, dilaksanakan 27 November 2024. Peran media diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah,” demikian diharapkan Muhammad Yatim.

M Yatim Asisten I Setdako Tanjungpinang dan Teguh Susanto Kepala Diskominfo Tanjungpinang bersama 70 orang peserta Jambore Jurnalistik Kota Tanjungpinang. F- diskominfo tanjungpinang

Pada kesempatan lain, Teguh Susanto Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang menambahkan, kegiatan Jambore Jurnalistik Kota Tanjungpinang tahun 2023 diikuti 70 orang peserta (insan pers), dari 43 perusahaan media pers. Kegiatan ini merupakan pertama diselenggarakan di Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Desak BMKG Bangun Pos Pemantau Hilal di Batam

Kegiatan Jambore Jurnalistik ini merupakan ide kreatif Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP MM. Tujuannya untuk silaturahmi, komunikasi dan bentuk kerja sama Pemko Tanjungpinang dengan para insan pers dan perusahaan media. Guna mewujudkan jurnalis yang profesional dan berintegritas.

“Dari kegiatan ini, kami dari Pemerintah Kota Tanjungpinang berharap adanya komitmen wartawan Tanjungpinang, dalam mendukung Pemilu 2024 yang jujur dan adil. Dan jangan terjebak euforia media sosial,” demikian ditambah Teguh Susanto. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *