banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Bintan Roby Kurniawan serta Ketua Komisi IV DPRD Kepri Hj Dewi Kumalasari mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja di Tambelan, Selasa (24/1/2023). F- diskominfo kepri

Gubernur Kepri dan Bupati Bintan ke Tambelan, Masjid dan Surau Dapat Bantuan Hibah

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad dan Bupati Bintan Roby Kurniawan melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Selasa (24/1/2023). Masjid dan surau serta kelompok tani mendapat bantuan hibah dengan nilai tak sedikit.

Gugusan pulau Tambelan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bintan. Pulau Tambelan merupakan kecamatan terluar dan paling terpisah jauh dari pusat Kabupaten Bintan. Hal inilah yang membuat Gubernur Kepri Ansar Ahmad kerap melakukan kunjungan ke Kecamatan Tambelan. Guna melihat langsung kondisi masyarakat dan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Tambelan.

“Jarak yang jauh tidak jadi penghalang kita untuk sering datang ke Tambelan. Kita akan terus memperhatikan kebutuhan masyarakat di sini. Meskipun jauh dari ibu kota provinsi, dan Kabupaten Bintan,” kata Ansar Ahmad saat memberikan sambutan di Balai Adat Tambelan.

Pada kesempatan tersebut, Ansar Ahmad bersama Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bantuan hibah untuk masjid, surau, musala dan bantuan alat pertanian.

Bantuan dana hibah dari Biro Kesejahteraan Masyarakat untuk rumah ibadah di Tambelan secara total berjumlah Rp225 juta. Dengan rincian, bantuan untuk Masjid Darussalam Dusun I Desa Pulau Pengikik senilai Rp100 juta. Kegiatan ini merupakan usulan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari.

Baca Juga :  Piala Gubernur Kepri Zona Tanjungpinang: PS Shark dan PSTK Berpesta Gol

Selain itu, bantuan juga diberikan untuk musala Raudhatul Iman Jalan Makam Sultan Abdullah Muayatsyah Desa Batu Lepuk senilai Rp45 juta. Bantuan untuk surau Baitul Ubudiyah Desa Kampung Hilir senilai Rp40 juta. Dan Surau Baitul Ubudiyah Desa Kampung Hilir senilai Rp40 juta.

Sedangkan bantuan pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri yang diserahkan Gubernur Kepri Ansar Ahmad untuk kelompok tani di Tambelan berupa 10 unit cultivator, 2 ton pupuk NPK, dan 2 ton pupuk organik.

“Bantuan pertanian ini agar digunakan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pangan di Tambelan. Karena, terkadang kalau cuaca buruk pasokan pangan dari luar susah masuk. Jadi ketahanan pangan di Tambelan harus kita upayakan,” kata Ansar Ahmad.

Selain itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga memaparkan pekerjaan infrastruktur yang dikerjakan Pemprov Kepri di Tambelan Di antaranya pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Dan Pertanahan (PUPP) di tahun 2022. Berupa pembangunan jalan utama Tambelan dengan pagu anggaran Rp3 miliar. Pada tahun 2023, berupa lanjutan pembangunan jalan utama Tambelan, dengan pagu anggaran sebesar Rp2 miliar.

Baca Juga :  Saksikan Minang Fest 2023 di Batam, Simak Waktu Penyelenggaraannya

“Pengerjaan jalan untuk jadi jalan yang layak juga menjadi prioritas kita. Secara bertahap kita akan perbaiki jalan-jalan yang ada di pulau terpencil dan terluar di Kepri,” sebut Ansar Ahmad.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepri juga mengerjakan beberapa proyek, di antaranya tahun 2022 dengan pagu Rp 144.491.445,- berupa semenisasi Jalan Tengku Sendut yang merupakan usulan dan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra.

Tahun 2023, Dinas Perkim Pemprov Kepri mengalokasikan anggaran dengan pagu Rp3,55 miliar untuk pembangunan jalan seminisasi Telok Abik Desa Batu Lepuk dengan pagu Rp420 juta. Pembangunan Jalan Seminisasi Batu Penepat Desa Lepok dengan pagu Rp88 juta. Pembangunan Jalan Seminisasi Batu Parang Desa Kampung Hilir dengan pagu Rp220 juta.

Pembangunan jalan seminisasi Jalan Hasan Ghazali Kelurahan Teluk Sekuni dengan pagu Rp580 juta. Rehab Jalan Gang Wilayah RT01 sampai RT04 Desa Kampung Melayu dengan pagu Rp 420 juta. Pembangunan jalan Pejantan RT03/RW01 Desa Pulau Mentebung dengan pagu Rp850 juta.

Peningkatan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) Penepat Desa Batu Lepuk dengan pagu Rp180 juta, yang merupakan usulan dan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Drs Khazalik.

Baca Juga :  Musrenbang Karimun, Pengembangan Pelabuhan dan Bandara Domestik Jadi Prioritas

Tidak hanya itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri juga mengalokasikan Bantuan 2 unit kapal 5 GT dengan Pagu Anggaran Rp390 juta. Sementara Dinas Perhubungan juga mengerjakan pengadaan dan pemasangan dermaga apung HDPE Pelabuhan Bandara Tambelan dengan pagu anggaran sekitar Rp 2.191.601.400 yang sampai saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

“Ponton HDPE itu akan memudahkan masyarakat untuk bersandar di pelabuhan Bandara Tambelan. Jadi, akses transportasi dari pelabuhan ke bandara bisa lebih mudah dan cepat,” jelas Gubernur Kepri.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menyerahkan bantuan hibah untuk surau dan masjid kepada masyarakat Tambelan, Selasa (24/1/2023). F- diskominfo kepri

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan transportasi darat untuk siswa di SMAN 1 Tambelan senilai Rp34,2 juta. Pada tahun 2022 Dinas Pendidikan Provinsi Kepri telah menyalurkan bantuan transportasi darat untuk siswa di SMAN 1 Tambelan senilai Rp17,1 juta.

“Semoga anak-anak sekolah di Tambelan terus semangat untuk menuntut ilmu dan meraih cita-cita, agar bisa membangun Tambelan menjadi lebih baik lagi,” demikian harap Ansar Ahmad Gubernur Kepulauan Riau. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *