banner 728x90
Danlanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Anro Casanova memanen sayur hidroponik program ketahanan pangan TNI A. F- ist

Program Ketahanan Pangan, Lanal Tanjung Balai Karimun Panen Ikan Nila dan Sayur Hidroponik

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Lanal Tanjung Balai Karimun melaksanakan panen ikan nila dan sayuran hidroponik, Kamis (11/7/2024). Ikan dan tanaman sayur dipanen dari lahan program ketahanan pangan komplek rumah dinas TNI AL Bukit Senang, Kecamatan Karimun.

Turut hadir dalam panen ikan nila dan sayur ini Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun Sukrianto Jaya Putra, Camat Karimun Agung Jati Kusuma, Lurah Tanjung Balai Kota Erwari Syahwaluddin dan Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Ny Julie Anro Casanova.

Baca Juga :  Bupati Bintan Memotivasi Pelajar SMPN 1 Bintan, Anak Muda Harus Jadi Pemain

Program ketahanan pangan TNI AL tersebut dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, yang dipusatkan di Lampung. Panen serentak program ketahanan pangan TNI AL tersebut dipimpin oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Erwin S Aldedharma.

“Ikan nila yang pembibitannya selama 7 bulan di panen hari ini sebanyak 500 kilogram. Kita juga memanen puluhan kilogram sayuran pakcoy dan selada,” sebut Danlanal TBK Letkol Laut (P) Anro Casanova.

Dikatakannya, dalam mendukung program ketahanan pangan ada penekanan khusus dari KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali kesetiap Pangkalan Angkatan Laut (Lanal).

Baca Juga :  Atlet Kepri Meraih 1 Perak dan 1 Perunggu di Kejurnas PPLP Atletik Tahun 2023

“Kita diminta bisa memanfaatkan lahan atau area sekecil apa pun di wilayah kerja masing-masing untuk program ketahanan pangan,” ujarnya.

Tim Potensi Maritim (Potmar) Lanal Karimun sudah bisa memberikan suplai sayuran jenis pakcoy dan selada ke pasar Puan Maimun. Program ketahanan pangan Lanal Karimun bertujuan untuk menjaga atau menekan inflasi, terutama harga sayuran di Kabupaten Karimun. Panen raya di lahan ketahanan pangan Lanal Karimun sudah dilaksanakan tiga kali sejak tahun 2022.

“Tahun 2022 kita fokus pada tanaman sorgum, tahun 2023 jagung dan sayuran. Kemudian 2024 ini kita panen ikan nila serta sayuran. Ke depannya kita coba ikan lele dan gurami,” kata Letkol Laut (P) Anro Casanova menambahkan. (nurul atia/ion)

Baca Juga :  Bupati Bintan Menerima Penghargaan Bakti Ekonomi Desa dari Mendes PDTT

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *