banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan meninjau proses job fair di kawasan Bintan Resorts, Lagoi, belum lama ini. F- dok/suaraserumpun.com

Ini Alasan Bupati Bintan Roby Kurniawan Getol Menggelar Job Fair Bersama Perusahaan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Sejak tahun 2023 lalu hingga sekarang, Bupati Bintan Roby Kurniawan terus menggandeng perusahaan swasta untuk melaksanakan job fair, dalam melakukan perekrutan tenaga kerja. Ini alasan Bupati Bintan Roby Kurniawan getol menggelar job fair bersama perusahaan.

Roby Kurniawan menuturkan, pelaksanaan job fair yang telah dilaksnaakan sebelumnya, terus akan berlanjut ke depannya. Job fair yang digelar Pemkab Bintan bersama perusahaan-perusahaan swasta ini, bertujuan untuk memberikan informasi terpusat. Sehingga masyarakat secara terbuka tahu informasi lowongan kerja di perusahaan-perusahaan. Khususnya di wilayah Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Nelayan Tradisional Dapat Bantuan Beras dari Satpolair Polres Bintan

“Kenapa dibuat job fair ini? Karena banyak masyarakat yang mengeluhkan bahwa lowongan kerja di perusahaan, hanya segelintir yang tahu. Kemudian, ada fenomena orang dalam, katanya. Makanya, kita buat job fair, agar kita bisa bersama-sama mengawasi. Kemarin, kita juga sudah MoU dengan perusahaan-perusahaan di Bintan. Jadi, minimal 70 sampai dengan 80 persen, pekerja harus anak Bintan,” kata Roby Kurniawan Bupati Bintan, Senin (8/7/2024).

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bintan mencatat, pelaksanaan job fair di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) pada tanggal 1 sampai 3 Maret 2024 lalu, hingga saat ini telah menyerap sekitar 207 pencari kerja, dari 3.772 pelamar kerja.

Baca Juga :  2.627 Personel Polri Mengamankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Ii Santo Kepala Disnaker Bintan mengungkapkan, dari ribuan pelamar tersebut, PT BAI melakukan proses wawancara dilakukan secara bertahap, sekitar 200-an orang pelamar per bulannya.

“Hingga saat ini, proses wawancara masih berlangsung. Karena pelamar kerja yang sangat banyak dan perusahaan mewawancarai secara bertahap sekitar 200-an pelamar kerja per bulannya. Namun data laporan dari hasil job fair di PT BAI per Mei 2024, sudah sekitar 207 pelamar ber-KTP Bintan yang diterima kerja,” sebut Ii Santo.

Untuk jumlah pelamar pada job fair di Lagoi tanggal 7 sampai 9 Juni 2024 lalu, yaitu sebanyak 1.441 pelamar kerja. Dari jumlah tersebut, 1.324 pelamar kerja merupakan putra putri Bintan.

Baca Juga :  Jorge Martin Jawara di MotoGP Styria 2021

“Untuk job fair di Lagoi, info terakhir bahwa perusahaan-perusahaan baru saja memulai proses wawancara,” kata Ii Santo. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *