banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Ketua BKMT Provinsi Kepri menyambut peserta pawai peringatan 1 Muharam 1446 hijriah di Tanjungpinang, Minggu (7/7/2024). F- diskominfo kepri

7.000-an Peserta Meramaikan Pawai Peringatan 1 Muharam 1446 Hijriah, Begini Pernyataan Hj Dewi Kumalasari

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – 7.000-an peserta meramaikan pawai peringatan 1 Muharam 1446 hijriah di tepi laut Tanjungpinang, Minggu (7/7/2024) pagi. Pawai 1 Muharram 1446 hijriah ini digagas Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Kepri bersama Pemprov Kepri. Begini pernyataan Hj Dewi Kumalasari Ketua BKMT Provinsi Kepri.

Dengan cuaca cerah, penuh semangat para peserta yang didominasi oleh ibu-ibu anggota BKMT se-Tanjungpinang beriringan dengan rute lebih kurang 500 meter, mulai dari garis start di depan Gedung Gonggong, dilepas secara resmi oleh Ketua BKMT Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar, dan disambut langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad di garis finis, pelataran Gedung Daerah Tanjungpinang.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Sudah Mengajukan Rekomendasi Vertical Clearance Jembatan Batam-Bintan

Peserta pawai terdiri dari para pengurus dan anggota BKMT Provinsi Kepri dan se-Kota Tanjungpinang dengan seragam kebanggaan berjumlah 6.178 peserta, dengan rincian Pengurus BKMT PW dan PD 30 orang, BKMT Kecamatan Tanjungpinang barat 1.167 peserta, Bukit Bestari 1.445 peserta, Tanjungpinang Kota 536 peserta, dan terbanyak dari Tanjungpinang Timur sebanyak 3.000 orang.

Sisanya menyusul barisan drumband, bunga manggar, organisasi wanita, perguruan tinggi, dan pelajar SMA/SMK se-Kota Tanjungpinang sebanyak 1.685 peserta.

Tahun ini, BKMT Kepri mengambil tema peringatan 1 Muharram “Jadikan Momen Tahun Baru Islam sebagai Spirit Membangun Ukhuwah dan Dakwah Islamiyah”. Mengisi pawai, tampak peserta membawa slogan-slogan, bendera, tulisan asmaul husna dan pesan-pesan moral yang mengajak masyarakat Kepri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kepedulian kepada saudara muslim di Palestina contohnya.

Baca Juga :  Bupati Bintan dan Wabup Daftar ke NasDem, Roby Kurniawan: Belum Pernah Terpikirkan untuk Berpisah

Untuk mendukung perekonomian lokal, di pelataran Tuguh Sirih juga dibuka stan bazar untuk para pelaku UMKM. Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk mendukung produk-produk lokal sambil menikmati rangkaian acara keagamaan.

Usai menyaksikan pawai, Gubernur Kepri Ansar Ahmad merasa bangga atas semangat para peserta pawai, yang juga banyak berasal dari kalangan usia paruh baya. Bahkan Gubernur Kepri Ansar Ahmad turun langsung menyemangati mereka.

“Alhamdulillah bangga sekali rasanya melihat semangat ibu-ibu ini. Menandakan spirit membangun ukhuwah dan dakwah masih sangat tertanam di masyarakat kita,” ucapnya.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Mengingatkan ke Sekjen Kementerian PUPR Prioritas Pembangunan Gedung Kampus di Anambas

Ketua BKMT Kepri Hj Dewi Kumalasari mengapresiasi kepada panitia pelaksana dan para peserta atas suksesnya pelaksanaan Acara Pawai Akbar ini.

Ribuan peserta pawai 1 Muharam 1446 hijriah memadati jalan tepi laut dan Gedung Daerah Tanjungpinang. F- diskominfo kepri

Hj Dewi Kumalasari menyatakan, di Kepri, khususnya Tanjungpinang, setiap memasuki bulan Muharam sudah menjadi tradisi adanya pawai 1 Muharam.

“Mudah-mudahan momentum tahun baru Islam tahun ini bisa menjadikan Kota Tanjungpinang semakin religius. Selain itu, tercipta masyarakat yang aman dan damai menuju Kota Tanjungpinang yang lebih sejahtera,” ucapnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *