banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan meluncurkan UHC untuk mengakomodir masyarakat Bintan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, Selasa (25/6/2024). F- diskominfo bintan

Roby Kurniawan Meluncurkan UHC, Lebih 96 Persen Masyarakat Bintan Tercover BPJS Kesehatan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan meluncurkan Universal Health Coverage (UHC) di Aula Kantor Bupati Bintan, pusat pemerintahan Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu, Selasa (25/6/2024). Melalui program UHC tersebut, lebih 96 persen masyarakat Bintan tercover BPJS Kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan menggelar kegiatan penyerahan sertifikat Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Bintan Tahun 2024. Predikat UHC ini tidak terlepas dari komitmen Pemerintah Daerah sebagaimana yang sering disampaikan Bupati Bintan Roby Kurniawan bahwa pelayanan kesehatan merupakan hak setiap warga masyarakat.

Baca Juga :  Baznas Tanjungpinang Beri Pelatihan Fardu Kifayah kepada 90 Pengurus Masjid dan Ormas

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Direksi Wilayah II BPJS Kesehatan Eddy Sulistijanto memyampaikan bahwa di Kabupaten Bintan sendiri sudah lebih dari 90 persen masyaralatnya terdaftar dalam BPJS Kesehatan, sehingga program tersebut perlu diterapkan. Dirinya berharap emerintah kemudian turut mendorong upaya peningkatan mutu layanan melalui penyediaan Fasilitas Kesehatan. Termasuk SDM kesehatan yang berkualitas, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang bermutu dan memadai.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menjelaskan, dalam rangka mewujudkan komitmen Pemerintah Kabupaten Bintan dalam menjamin pelayanan kesehatan maupun menjamin kesehatan dari setiap masyarakat, maka terus dilakukan peningkatan kuota masyarakat yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Baca Juga :  Jokowi Berolahraga Sebelum Gelar Pertemuan dengan PM Singapura di Bintan

Diketahui untuk total masyarakat yang terdaftar dalam BPJS Kesehatan dari tahun 2022 sebanyak 154.370 jiwa atau 91,10 persen. Kemudian pada tahun 2023 sebanyak 161.656 jiwa atau 93,35 persen. Dan pada tahun 2024 sebanyak 167.379 jiwa atau 96,66 persen yang artinya meningkat sebanyak 3000 jiwa.

“Hari ini, kita launching (meluncurkan) UHC. Artinya komitmen kita selama ini untuk memastikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terus berjalan. Selanjutnya komitmen tetap kita curahkan untuk meningkatkan serta memperkuat sarana dan prasarana medis khususnya di Rumah Sakit maupun di Puskesmas,” kata Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Kapolres Bintan Kunjungi Rumah Warga Kurang Mampu, Berbagi Sembako

Sebagai tindak lanjut dari UHC yang telah dicapai tentunya harus diimbangi dengan pelayanan kesehatan yang baik. Salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah adalah peninjauan kembali (PK) akreditasi, dengan hasil RSUD Bintan secara hebat berakreditasi Paripurna. Selanjutnya Puskesmas Teluk Sebong juga resmi berakreditasi Paripurna yang disusul Puskesmas Tanjung Uban terakreditasi Utama.

Pada tahun 2024 ini, ada 12 Puskesmas yang melakukan peninjauan kembali akreditasi, dengan hasil 10 sertifikat dengan 4 sertifikat Predikat Paripurna dan 6 sertifikat Predikat Utama. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *